Kumpulan Rumus Bangun Datar Lengkap (Luas dan Keliling)

Kumpulan Rumus Bangun Datar Lengkap (Luas dan Keliling) - Apakah anda tahu bagaimana rumus luas bangun datar itu? Bagaimana rumus keliling bangun datar itu? Rumus luas dan keliling bangun datar pada umumnya berbeda beda karena masing masing bentuk bangunnya juga tidak sama. Apa yang dimaksud bangun datar itu?

Bangun datar secara umum dapat diartikan sebagai bagian bidang datar yang memiliki garis lengkung atau garis lurus yang berguna sebagai batasan. Selain itu adapula yang mengartikan bangun datar sebagai bangun dua dimensi yang memiliki batasan berupa garis lurus dan garis lengkung serta hanya memiliki panjang dan lebar saja. Bangun dua dimensi ini terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bentuknya.

Jenis jenis bangun datar ini dapat berupa persegi, persegi panjang, layang layang, trapesium, lingkaran, belah ketupat, segitiga dan jajar genjang. Lantas bagaimana rumus bangun datar itu? Karena bentuk dan ukuran bangun datar berbeda, maka rumus luas dan keliling bangun datar sebenarnya juga berbeda. Bahkan dalam rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar disetiap bentuknya memiliki unsur unsur yang berbeda pula.

Selain itu bangun datar juga memiliki sifat sifat yang disesuaikan dengan bentuk bangunnya. Materi bangun datar ini telah diajarkan ketika dibangku sekolah kelas 6. Materi ini bahkan juga muncul dalam soal soal ujian, baik ujian sekolah matematika maupun ujian nasional matematika.

Kumpulan Rumus Bangun Datar Lengkap (Luas dan Keliling)

Bangun datar memang identik dengan bangun yang bentuknya dua dimensi, dimana terdapat garis lengkung dan garis lurus sebagai pembatasnya. Di sekitar kita pada umumnya memang sering ditemukan banyak contoh bangun datar seperti persegi, segitiga, persegi panjang, trapesium, jajar genjang dan sebagainya.

Bangun datar ini memang dapat didefinisikan sebagai sebuah bangun yang memiliki dua dimensi seperti lebar dan panjang atau mempunyai bidang rata. Akan tetapi bangun datar ini tidak mempunyai tebal dan tinggi di dalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kumpulan rumus bangun datar lengkap (luas dan keliling). Dalam pembahasan ini terdapat rumus luas bangun datar dan rumus keliling bangun datar.

Pada umumnya bentuk dan sifat sifat bangun datar tersebut memang berbeda. Untuk itu cara mencari rumus luas dan keliling bangun datarnya juga tidak sama. Bangun datar secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jens tergantung bentuknya. Adapun jenis jenis bangun datar ini ialah persegi, persegi panjang, layang layang, trapesium, lingkaran, belah ketupat, segitiga dan jajar genjang. Setiap bentuk bangun datar tersebut memiliki ukuran sisi yang berbeda beda.
Apakah anda tahu bagaimana rumus luas bangun datar itu? Bagaimana rumus keliling bangun datar? Bangun datar ini hanya memiliki unsur panjang dan lebar saja. Untuk itu rumus yang digunakan lebih sederhana dibandingkan bangun ruang. Di bawah ini terdapat kumpulan rumus bangun datar lengkap. Berikut penjelasan selengkapnya:
Kumpulan Rumus Bangun Datar Lengkap (Luas dan Keliling)
Bentuk Bentuk Bangun Datar

Persegi

Persegi ialah bangun datar yang memiliki ukuran sisi sama panjang dan berasal dari empat buah rusuk. Selain itu adapula yang mengartikan persegi sebagai bangun datar yang mempunyai sudut siku siku dengan besar sama dan sisi sisi dengan panjang sama. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling persegi yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Persegi
L = s x s
Rumus Keliling Persegi
K = s + s + s + s = 4s
Keterangan:
L = Luas
s = Sisi
K = Keliling

Persegi Panjang

Rumus bangun datar selanjutnya berkaitan dengan bangun persegi panjang. Persegi panjang merupakan bangun datar yang mempunyai empat titik sudut siku siku dan sisi berhadapan dengan panjang sama. Persegi panjang ini mempunyai unsur yang berupa lebar dan panjang. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar persegi panjang dan rumus keliling bangun datar persegi panjang yaitu:

Rumus Luas Persegi Panjang
L = p x l
Rumus Keliling Persegi Panjang
K = 2 x (p + l)
Keterangan:
L = Luas
K = Keliling
p = Panjang
l = Lebar

Trapesium

Trapesium dapat diartikan sebagai bangun dua dimensi yang mempunyai empat rusuk dengan panjang tidak sama, namun dua diantaranya saling sejajar. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar trapesium yaitu:

Rumus Luas Trapesium
L = ½ x Jumlah sisi sejajar x Tinggi
Rumus Keliling Trapesium
K = AB + BC + CD + DA

Jajar Genjang

Rumus bangun datar selanjutnya berkaitan dengan bangun jajar genjang. Jajar genjang merupakan bangun dua dimensi yang mempunyai sisi sepasang yang sejajar dan sama panjang. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar jajar genjang dan rumus keliling bangun datar jajar genjang yaitu:

Rumus Luas Jajar Genjang
Luas = Alas x Tinggi
Rumus Keliling Jajar Genjang
Keliling = 2 x (a + b)

Segitiga

Segitiga dapat diartikan sebagai bangun datar yang mempunyai tiga sudut dan tiga sisi dengan bentuk garis lurus. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar segitiga yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Segitiga
Luas = ½ x Alas x Tinggi
Rumus Keliling Segitiga
Keliling = a + b + c

Layang Layang

Rumus bangun datar selanjutnya berkaitan dengan bangun layang layang. Layang layang merupakan bangun dua dimensi yang secara tegak lurus dipotong oleh satu diagonal dengan sumbu diagonal lainnya. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar layang layang dan rumus keliling bangun datar layang layang yaitu:

Rumus Luas Layang Layang
L = ½ x d1 x d2
Rumus Keliling Layang Layang
K = 2 x (AB + AD)
Keterangan:
L = Luas
d1 = Diagonal 1
d2 = Diagonal 2
K = Keliling
AB = Sisi layang layang
AD = Sisi layang layang

Belah Ketupat

Belah ketupat dapat diartikan sebagai bangun datar yang mempunyai dua diagonal saling tegak lurus berpotongan satu sama lain dan sisi sisinya sama panjang. Di bawah ini terdapat rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Belah Ketupat
Luas = ½ x Diagonal 1 x Diagonal 2
Rumus Keliling Belah Ketupat
Keliling = 4 x sisi

Lingkaran

Rumus bangun datar selanjutnya berkaitan dengan bangun lingkaran. Lingkaran merupakan bangun dua dimensi yang berasal dari titik titik dikumpulkan dengan jarak dari titik pusat yang sama. Dalam lingkaran ini terdapat jari jari yang merupakan jarak antara titik terluar lingkaran dengan titik pusat. Selain itu adapula diameter lingkaran yaitu jarak pada titik keluar yang melalui titik pusat. Di bawah ini terdapat rumus luas bangun datar lingkaran dan rumus keliling bangun datar lingkaran yaitu:

Rumus Luas Lingkaran
L = π x r²
Rumus Keliling Lingkaran
K = π x d
Keterangan:
L = Luas
π = phi (3,14 atau 22/7)
r = Jari jari
d = Diameter
K = Keliling

Sekian penjelasan mengenai kumpulan rumus bangun datar lengkap (luas dan keliling). Bangun datar merupakan bangun dua dimensi yang memiliki batasan berupa garis lurus dan garis lengkung serta hanya memiliki panjang dan lebar saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bangun datar di atas.

0 Response to "Kumpulan Rumus Bangun Datar Lengkap (Luas dan Keliling)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel