Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pembahasannya - Bilangan berpangkat sudah menjadi salah satu materi dasar yang wajib kalian kuasai. Hal ini disebabkan banyaknya ilmu matematika dengan pengantar berupa perpangkatan. Contohnya menghitung perkalian pembagian bersusun maupun saat menyederhanakan pecahan. Maknanya kalian pun harus menghafal cara menghitung bilangan berpangkat agar tidak kesulitan nantinya.

Dalam konteks pembelajaran matematika pangkat suatu bilangan dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni positif dan negatif. Salah satu materi Matematika yang sering dibahas ialah materi bilangan berpangkat negatif. Dalam materi ini terdapat pembahasan mengenai pengertian, cara menghitung bilangan berpangkat negatif, dan contoh soal bilangan berpangkat negatif.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pembahasannya
Bilangan Berpangkat Negatif

Apa itu bilangan berpangkat negatif? Bilangan berpangkat secara umum dapat didefinisikan sebagai perkalian berulang yang berbentuk bilangan bulat negatif, bilangan nol ataupun bilangan bulat positif. Penulisan bilangan berpangkat biasanya dapat berbentuk aⁿ = a x a x a x ... x a. Dalam penulisan tersebut terdapat a disebut dengan basis atau bilangan pokok dan n disebut dengan eksponen atau pangkat.

Bilangan berpangkat pada umumnya memiliki jumlah yang dinyatakan dalam bentuk n, dimana secara berulang akan dikalikan satu sama lain. Bilangan berpangkat negatif secara konsep memang diterapkan dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan konsep bilangan berpangkat secara umum. Namun dalam bilangkan berpangkat negatif mengandung tanda negatif, contohnya 6‾¹ = 1/6.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pembahasannya

Apa yang dimaksud bilangan berpangkat negatif itu? Bilangan berpangkat negatif dapat didefinisikan sebagai pembagian bilangan sebanyak pangkat negatif secara berulang, Agar anda lebih paham mengenai materi bilangan berpangkat negatif tersebut. Maka saya akan menjelaskan perbedaan bilangan berpangkat negatif dengan bilangan berpangkat positif seperti di bawah ini:
  • Bilangan 5 yang mengandung pangkat negatif 1 (-1) dengan pangkat positif 1. Untuk itu hasil nilainya akan berbentuk 5‾¹ = 1/5 = 0,2 dan 5¹ = 5.
  • Bilangan 5 yang mengandung pangkat negatif 2 (-2) dengan pangkat positif 2. Untuk itu hasil nilainya akan berbentuk 5‾² = 1/25 = 0,04 dan 5² = 25.
  • Bilangan 5 yang mengandung pangkat negatif 3 (-3) dengan pangkat positif 3. Untuk itu hasil nilainya akan berbentuk 5‾³ = 1/125 = 0,008 dan 5³ = 125.
Dari perbedaan di atas, kita dapat menemukan perbedaan bilangan berpangkat negatif dan bilangan berpangkat positif tersebut. Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan berpangkat negatif tersebut. Kemudian saya akan membahas tentang cara menghitung bilangan berpangkat negatif dan contoh soal bilangan berpangkat negatif.

Rumus Bilangan Berpangkat Negatif

Ketika membicarakan ilmu matematika sudah pasti tak lepas dari keberadaan rumus hitung. Lewat rumus bilangan berpangkat negatif inilah kita bisa menentuan suatu nilai secara presisi. Sayangnya, masih banyak siswa tak tau cara menghitung bilangan berpangkat negatif ketika bertemu soal demikian.

Oleh karenanya, sebelum kita menuju contoh soal bilangan berpangkat negatif dan pembahasannya. Lebih baik kita mempelajari terlebih dulu rumus hitung agar tidak bingung nanti.

Rumus Bilangan Berpangkat Negatif
Keterangan :
a = Bilangan real, dimana a ≠ 0
m, n = Bilangan bulat positif, dimana m > n

Rumus bilangan berpangkat di atas digunakan jika nilai m > n. Lalu bagaimana jika nilai m < n? Jika hal ini terjadi maka bentuk bilangan bulat negatifnya akan berupa m - n. Berikut contoh bilangan pangkat negatifnya yaitu:
Contoh Bilangan Berpangkat Negatif
Berdasarkan contoh soal bilangan berpangkat negatif di atas dapat kita ketahui bahwa nilai 1/49 = 7‾². Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat bilangan berpangkat negatif bentuknya dapat berupa:
Sifat Bilangan Berpangkat Negatif

Contoh Soal Bilangan Pangkat Negatif

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan berpangkat negatif, cara menghitung bilangan berpangkat negatif dan rumus bilangan berpangkat negatif di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal materi bilangan berpangkat negatif yaitu sebagai berikut:

1. Ubah bilangan pangkat negatif tersebut dalam bentuk pangkat positif!
a. 7‾²
b. (-4)‾³
c. x‾³

Pembahasan. 
Contoh soal bilangan berpangkat negatif ini dapat diselesaikan menggunakan langkah di bawah ini:
a. 7‾² = 1/7²
b. (-4)‾³ = 1/(-4)³
c. x‾³ = 1/x³

2. Ubah pangkat positif di bawah ini menjadi pangkat negatif!
a. 1/2³
b. 1/5⁶
c. 1/y⁸

Pembahasan.
a. 1/2³ = 2‾³
b. 1/5⁶ = 5‾⁶
c. 1/y⁸ = y‾⁸

Demikianlah contoh soal bilangan berpangkat negatif beserta pembahasannya yang dapat saya bagikan. Selain contoh soal adapula pembahasan mengenai pengertian bilangan berpangkat negatif, cara menghitung bilangan berpangkat negatif dan rumus bilangan berpangkat negatif di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel