Rumus Bangun Ruang (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap

Rumus Bangun Ruang (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap - Bagaimana rumus luas permukaan bangun ruang itu? Bagaimana rumus volume bangun ruang itu? Materi bangun ruang tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Bangun ruang tersebut tentunya memiliki bentuk yang berbeda beda. Untuk itulah dalam bangun ruang tersebut terdapat volume dan luas permukaan yang dapat dicari menggunakan rumus tertentu. Apa yang dimaksud bangun ruang itu? Pengertian bangun ruang ialah bangun yang memiliki isi atau volume secara matematika. Selain itu bangun ruang ini juga dapat diartikan sebagai bangun tiga dimensi yang memiliki sisi sisi sebagai pembatasnya serta memiliki isi ruang atau volume.

Bangun ruang dalam Matematika pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap macam bangun ruang tersebut memiliki sifat sifat yang berbeda beda. Ketika di bangku sekolah tentunya kita telah diajarkan mengenai materi bangun ruang tersebut. Materi ini berisi pembahasan mengenai rumus bangun ruang, baik rumus luas permukaan bangun ruang maupun rumus volume bangun ruang. Rumus yang dimiliki bangun ruang memang berbeda beda karena sifat yang dimilikinya juga tidak sama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun ruang ini memiliki isi atau volume yaitu kapasitas ukuran yang dapat dicari ruang pada objek untuk menempatinya. Objek yang dimaksud dapat berupa benda tidak beraturan maupun benda beraturan.

Benda beraturan dapat berbentuk bola, limas, balok, kerucut, kubus, dan tabung atau silinder. Volume dan luas permukaan benda tersebut dapat dihitung besarnya menggunakan rumus tertentu. Rumus inilah yang nantinya akan memudahkan kita untuk mencari besar luas permukaan dan volume pada umumnya. Lalu bagaimana rumus pada materi bangun ruang itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bangun ruang lengkap, baik rumus luas permukaan bangun ruang maupun rumus volume bangun ruang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Bangun Ruang (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian bangun ruang ialah bangun tiga dimensi yang memiliki ruang pada koordinat kartesius pada R³ dengan bagian bagian seperti sumbu z, sumbu y dan sumbu x. Bangun ruang secara sederhana ialah objek yang memiliki tiga parameter untuk mengukurnya seperti panjang (x), lebar (y) dan tinggi (z). Dengan unsur unsur ini kita dapat menemukan luas permukaan dan volume pada bangun ruang. Apa yang dimaksud volume bangun ruang itu? Apa yang dimaksud luas permukaan bangun ruang itu? 
Pengertian volume bangun ruang ialah jumlah isi ruang pada sebuah bangun. Volume tersebut memiliki satuan yang berupa dm³, liter, m³, ml, dan cm³. Kemudian adapula pengertian luas permukaan bangun ruang yaitu total luas seluruhnya pada bangun ruang yang menutupi isinya. Luas permukaan ini memiliki satuan yang berupa m², are, cm² dan hektar. Bangun ruang tersebut memiliki bentuk yang beraneka ragam seperti balok, tabung, kubus, prisma, bola, tabung, kerucut dan limas. Untuk itulah rumus bangun ruangnya berbeda. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus luas permukaan bangun ruang dan rumus volume bangun ruang yaitu sebagai berikut:
Rumus Bangun Ruang (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap
Macam Macam Bangun Ruang


Kubus

Jenis bangun ruang yang pertama ialah kubus. Pengertian kubus ialah bangun ruang yang memiliki enam bidang datar yang kongruen dan sama, dimana bentuknya berupa persegi. Bangun ini memiliki rumus luas permukaan kubus dan rumus volume kubus. Adapun rumus kubus yang digunakan yaitu:
V = s × s × s = s³ 
L = 6 × s²
Ds = √2
Dr = √3
Bd = s²√2
Keterangan :
V = Volume kubus
L = Luas permukaan kubus
s = Sisi kubus
Ds = Diagonal sisi
Dr = Diagonal ruang
Bd = Bidang diagonal

Balok

Pengertian balok ialah bangun tiga dimensi yang memiliki tiga pasang segi empat dan minimal satu pasang sisi segi empat yang berbeda bentuk. Di bawah ini terdapat rumus bangun ruang balok, baik rumus luas permukaan bangun ruang balok dan rumus volume bangun ruang balok. Berikut rumus balok yang digunakan yaitu:
V = p × l × t
L = 2 × (p.l + p.t +l.t)
Keterangan :
V = Volume balok
L = Luas permukaan balok
p = Panjang
l = Lebar
t = Tinggi

Tabung

Pengertian tabung ialah bangun tiga dimensi yang memiliki tiga sisi berupa satu segi empat yang mengelilingi dua lingkaran dan dua lingkaran pada sisi alas serta atas dengan ukuran sama. Di bawah ini terdapat rumus tabung, baik rumus luas permukaan tabung dan rumus volume tabung yaitu sebagai berikut:
V = π × r² × t
L = 2 × π × r × (r + t)
Ls = π × d × t
La = π × r × r
Keterangan:
V = Volume tabung
L = Luas permukaan tabung
Ls = Luas selimut
La = Luas alas
π = Phi (22/7 atau 3,14)
r = Jari jari
d = Diameter
t = Tinggi tabung

Kerucut

Pengertian kerucut ialah bangun tiga dimensi yang mempunyai dua sisi seperti bidang lengkung dan sebuah lingkaran. Di bawah ini terdapat rumus bangun ruang kerucut, baik rumus luas permukaan bangun ruang kerucut dan rumus volume bangun ruang kerucut. Berikut rumus kerucut yang digunakan yaitu:
V = 1/3 π × r² × t
L = π × r × (r + s)
Ls = π × r × s
La = π × r × r
Keterangan:
V = Volume kerucut
L = Luas permukaan kerucut
Ls = Luas selimut
La = Luas alas
π = Phi (22/7 atau 3,14)
r = Jari jari
t = Tinggi kerucut

Limas Segitiga

Pengertian limas segitiga ialah jenis limas yang memiliki bentuk sisi alas seperti segitiga. Limas secara umum dapat diartikan sebagai bangun tiga dimensi yang mengerucut ke satu titik dan memiliki alas yang bentuk sisinya segi n serta mempunyai sisi tegak dengan bentuk segitiga. Di bawah ini terdapat rumus limas segitiga, baik rumus volume limas segitiga maupun rumus luas permukaan limas segitiga yaitu:
V = ⅓ × La × t
L = L alas + L ΔI + L ΔII + L ΔIII
Keterangan:
V = Volume limas segitiga
L = Luas permukaan limas segitiga
La = Luas alas
t = Tinggi limas segitiga

Bola

Pengertian bola ialah bangun tiga dimensi yang sisinya tidak terhingga dengan bentuk lingkaran, dimana pusat dan jari jari lingkarannya sama. Di bawah ini terdapat rumus bangun ruang bola, baik rumus luas permukaan bangun ruang bola dan rumus volume bangun ruang bola. Adapun rumus bola yang dapat digunakan, baik rumus volume bola dan rumus luas permukaan bola yaitu:
V = 4/3 × π × r³
L = 4 × π × r²
Keterangan:
V = Volume bola
L = Luas permukaan bola
π = Phi (22/7 atau 3,14)
r = Jari jari

Prisma

Pengertian prisma ialah bangun tiga dimensi yang memiliki alas dan atap berbentuk segi n kongruen serta sisi tegak sebagai pemisahnya dengan bentuk segi empat. Di bawah ini terdapat rumus prisma, baik rumus volume prisma maupun rumus luas permukaan prisma yaitu:
V = Luas alas × t
L = t × ( a1 + a2 + ... + an) + (2 × La)
Keterangan :
V = Volume prisma
L = Luas permukaan prisma
a1, a2, ..., an = Panjang sisi alas prisma
t = Tinggi prisma

Sekian penjelasan mengenai rumus bangun ruang lengkap, baik rumus luas permukaan bangun ruang maupun rumus volume bangun ruang. Bangun ruang ialah bangun tiga dimensi yang memiliki isi ruang atau volume di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bangun ruang di atas.

0 Response to "Rumus Bangun Ruang (Luas Permukaan dan Volume) Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel