Pengertian Bilangan Cacah, Operasi Hitung, dan Contohnya

Pengertian Bilangan Cacah, Operasi Hitung, dan Contohnya - Bilangan merupakan salah satu materi dasar yang menurut saya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan materi tersebut sudah mulai disampaikan semenjak siswa berada di bangku sekolah dasar. Secara garis besar, bilangan sering dikaitkan dengan operasi hitung yang notabennya memerlukan ketelitian dalam mengerjakannya. Sebagai siswa pun kalian dituntut harus bisa menghafal rumus operasi bilangan cacah karena materi tersebut sering muncul sebagai butor soal ujian.

Pengertian Bilangan Cacah, Operasi dan Contohnya
Letak Bilangan Cacah pada Garis Bilangan

Meskipun operasi bilangan cacah yang diajarkan memiliki tingkat kesulitan berbeda pada setiap jenjangnya. Tapi kita tidak bisa menampik bahwa materi tersebut menjadi dasar dari ilmu matematika. Sayangnya tidak semua siswa mengerti betul bagaimana cara mengerjakan ketika bertemu contoh soalnya. Padahal contoh bilangan cacah sendiri menurut saya cuku mudah untuk dihafal dan diidentifikasi.

Umumnya, guru akan membahas apa itu bilangan cacah sebelum mulai menjelaskan rumus operasi bilangan cacah. Berbagai variasi latihan soal pun bisa kalian temukan di buku pedoman maupun internet. Masalahnya, apakah kalian sudah menguasai materi tersebut? jika belum maka simaklah artikel yang sedikit banyak akan membahas operasi hitung bilangan cacah berikut.

Pengertian Bilangan Cacah, Operasi Hitung, dan Contohnya

Materi bilangan cacah ini mencakup beberapa pembahasan di dalamnya. Pembahasan yang dimaksud ialah pengertian bilangan cacah, operasi hitung bilangan cacah, contoh soal bilangan cacah dan contoh bilangan cacah. Bilangan cacah pada umumnya memiliki karakteristikan sendiri. Ciri ciri bilangan cacah tersebut dapat membedakannya dengan jenis bilangan Matematika lainnya. Definisi bilangan cacah memang sudah tidak asing lagi bagi kita dan bahkan termasuk dalam kategori materi sederhana. Meski termasuk sederhana, namun materi ini sering mengecoh banyak orang karena nilainya hampir sama.

Apa yang dimaksud bilagan cacah itu? Bilangan cacah dapat didefinisikan sebagai himpunan bilangan bulat yang tidak memiliki tanda negatif. Jika dinyatakan dalam bentuk bilangan, maka bentuknya dapat seperti {0, 1, 2, 3, 4, . . .}. Apakah anda tahu apa saja ciri ciri bilangan cacah itu? Bilangan cacah memiliki ciri ciri yaitu memiliki bilangan nol dan mencakup bilangan asli di dalamnya. Bilangan cacah memilki simbol berupa C dan tidak termasuk dalam bilangan bulat negatif. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bilangan cacah, operasi hitung bilangan cacah dan contoh bilangan cacah.

Apa itu Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah suatu himpunan bilangan bulat yang berawal dari angka nol dan seterusnya namun tidak memiliki tanda negatif sehingga akan bertambah satu dari bilangan sebelumnya. Selain itu bilangan cacah juga dapat diartikan sebagai himpunan asli yang memuat angka nol di dalamnya sebagai tambahan. Di bawah ini terdapat perbedaan bilangan cacah, bilangan bulat, dan bilangan asli:
  • Bilangan bulat merupakan himpunan yang semua bilangannya berbentuk bilangan nol, positif dan negatif sehingga tidak berbentuk pecahan ataupun desimal. Kita dapat menyatakan contoh bilangan bulat seperti {. . ., -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, . . .}.
  • Bilangan asli merupakan bilangan bulat yang mengandung nilai positif yang tidak ditambahkan dengan angka nol. Kita dapat menyatakan contoh bilangan asli seperti {1, 2, 3, 4, 5, . . .}.
  • Bilangan cacah merupakan bilangan yang mengandung nilai positif dan ditambahkan dengan angka nol. Kita dapat menyatakan contoh bilangan cacah seperti {0, 1, 2, 3, 4, 5, . . .}.
Seperti yang telah kita ketahui dari pengertian bilangan cacah di atas bahwa jenis bilangan Matematika ini memiliki tambahan angka nol di dalamnya. Selain itu kita juga dapat mengamati contoh bilangan cacah pada pembahasan di atas. Lalu bagaimana operasi hitung bilangan cacah itu?

Ciri Ciri Bilangan Cacah

Seperti yang sudah saya tegaskan bahwa contoh bilangan cacah mudah untuk diidentifikasi dari karakteristiknya. Inilah modal awal kita untuk menentukan bagaimana rumus operasi hitung yang harus dilakukan. Nah, simaklah ciri ciri bilangan cacah di bawah:
  • Simbol bilangan cacah dapat berbentuk huruf C.
  • Bilangan cacah mengandung himpunan bilangan bulat tidak negatif.
  • Bilangan cacah memiliki tanda positif di dalamnya.
  • Ditambah dengan angka nol dan mengandung bilangan asli di dalamnya.

Contoh Bilangan Cacah

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan cacah dan ciri ciri bilangan cacah di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh pada bilangan cacah. Bilangan cacah memang di awali dengan angka nol. Maka dari itu, secara umum bentuknya akan berbentuk C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, . . .}. Selain itu adapula contoh lainnya yaitu:
  • Bilangan cacah kurang dari 7 yaitu C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
  • Bilangan cacah kurang dari 12 yaitu C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11}
  • Bilangan cacah kurang dari 22 yaitu C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21}
  • 5 bilangan cacah pertama yaitu C = {0, 1, 2, 3, 4}
  • Bilangan cacah kuadrat yaitu {0², 1², 2², 3², ...} = {0, 1, 4, 9, ...}
  • Bilangan cacah kelipatan 3 yaitu (3, 6, 9, 12, ...)
  • Bilangan cacah ganjil yaitu (1, 3, 5, 7, 9, . . .)
  • Bilangan cacah genap yaitu (0, 2, 4, 6, 8, . . .)

Operasi Hitung Bilangan Cacah

Bilangan cacah memiliki beberapa operasi hitung di dalamnya. Operasi hitung ini digunakan untuk menyelesaikan soal soal terkait materi bilangan cacah dengan mudah. Operasi yang dimaksud dapat berupa perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Operasi Penjumlahan

Selain pengertian bilangan cacah, ciri ciri bilangan cacah dan contoh bilangan cacah di atas. Adapula operasi hitung bilangan cacah yang berupa penjumlahan. Dalam penjumlahan ini terdapat sifat sifat bilangan cacah yang berupa:
  • Sifat komulatif (pertukaran) yang berbentuk a + b = b + a.
  • Sifat asosiatif (pengelompokan) yang berbentuk (a + b) + c = a + (b + c).
  • Unsur identitas (sifat identitas) yang berbentuk a + 0 = 0 + a.
  • Sifat tertutup merupakan penjumlagan dua bilangan cacah yang menciptakan bilangan cacah lain.

Operasi Pengurangan

Bilangan cacah memiliki operasi hitung pengurangan yang bersifat b + c = a dan a - b = c. Operasi pengurangan ini juga memiliki sifat sifat yang hampir sama dengan sifat sifat penjumlahan bilangan cacah seperti di atas.

Operasi Perkalian

Operasi hitung bilangan cacah selanjutnya ialah operasi perkalian. Konsep perkalian bilangan cacah pada umumnya memiliki sifat sifatnya sendiri. Adapun sifat sifat perkalian bilangan cacah yaitu diantaranya:
  • Sifat komulatif (pertukaran) yang berbentuk a x b = b x a.
  • Sifat asosiatif (pengelompokan) yang berbentuk (a x b) x c = a x (b x c).
  • Sifat distributif yang berbentuk a x (b - c) = (a x b) - (a x c) atau a x (b + c) = (a x b) + (a x c).
  • Unsur identitas (sifat identitas) yang berbentuk a x 1 = a atau b x 1 = b.
  • Hasil dari perkalian bilangan cacah dengan nol dapat berupa angka nol pula.

Operasi Pembagian

Pembagian bilangan cacah memiliki konsep yang berkebalikan dengan perkalian bilangan cacah. Untuk itu sifat sifat pembagian bilangan cacah dapat berbentuk a : b = c dengan b : c = a. Jika bilangan cacah dibagi dengan nol maka akan menghasilkan nilai yang tidak terdefinisi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian bilangan cacah, operasi hitung bilangan cacah dan contoh bilangan cacah. Bilangan cacah merupakan suatu himpunan bilangan bulat yang berawal dari angka nol dan seterusnya namun tidak memiliki tanda negatif sehingga akan bertambah satu dari bilangan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Bilangan Cacah, Operasi Hitung, dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel