Rumus Phytagoras Teorema dan Contoh Soalnya

Rumus Phytagoras Teorema dan Contoh Soalnya - Teorema pitagoras merupakan materi klasik yang wajib kalian kuasai sebagai siswa. Teori dan rumus hitungnya pun sudah diajarkan bahkan semenjak kita berada di bangku SD. Singkatnya rumus pitagoras akan memberitahukan bagaimana cara menemukan nilai sisi miring dari segitiga siku-siku.

Apakah anda tahu bagaimana rumus teorema phytagoras itu? Apa saja angka triple phytagoras itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal phytagoras itu? Apa yang dimaksud phytagoras? Pengertian phytagoras ialah pernyataan yang berkaitan dengan sisi sisi pada segitiga siku siku. Pada abad ke 6 SM, teorema pada phytagoras ini ditemukan pertama kali oleh filsuf Yunani Kuno yang bernama Pythagoras. Teorema ini populer dengan nama "Πυθαγόρας ὁ Σάμιος" yang maknanya "Pythagóras o Sámios". Phytagoras lahir pada tahun 570 SM di Samios dan hidup pada zaman Yunani Kuno. Beliau meninggal pada tahun 495 SM. 

Di zaman modern sekarang ini rumus phytagoras dibentuk dari konsep dasar teorema phytagoras. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal phytagoras itu? Teorema tersebut sebenarnya telah ada sebelum lahirnya Pythagoras. Hal ini tercantum dalam buku yang dibuat oleh Simon Singh (1998). Secara sistematis, teorema ini pertama kali dibuktikan oleh Pythagoras tersebut.

Rumus Phytagoras Teorema dan Contoh Soalnya

Di sisi lain Pythagoras juga memiliki jasa dalam ilmu filsafat, teori geometri, dan teori bilangan. Pythagoras memberikan pemikiran mengenai filsuf Yunani Kuno terkait pengetahuan dalam menciptakan atau menemukan hal baru seperti Plato. Kemudian Pythagoras dijadikan sebagai tokoh awal dalam mengembangkan ilmu Matematika dan terkenal sebagai Bapak Matematika.

Dalam materi phytagoras pada umumnya terdapat hubungan antara pernyataan luas persegi di sisi segitiga siku siku dengan pernyataan segitiga siku siku itu sendiri. Untuk itulah rumus dalam phytagoras tersebut dapat terbentuk dari konsep dasar tadi. Pada umumnya phytagoras memiliki rumus yang berguna untuk mencari salah satu panjang pada sisi segitiga. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus phytagoras, teorema phytagoras, dan contoh soal phytagoras.
Baca juga : Rumus Limit Tak Hingga Cepat dan Mudah (Metode Bimbel)
Ketika di bangku sekolah dasar tentunya kita telah diajarkan mengenai materi phytagoras tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa teorema pythagoras sering disebut juga sebagai dalil phytagoras. Istilah phytagoras tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Materi ini termasuk dalam materi Matematika yang sering muncul dalam kisi kisi ujian, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Bunyi dari dalil pythagoras tersebut yaitu pada segitita siku siku terdapat sisi terpanjang atau sisi miring yang sama dengan kuadrat dari sisi sisi lainnya.

Rumus Pitagoras 

Segitiga siku siku pada umumnya memiliki dua sisi yang membentuk siku siku dan memiliki sudut siku siku di dalamnya. Selain itu adapula hipotenusa yang merupakan sisi miring, dimana posisinya berhadapan dengan kakinya. Pada umumnya rumus phytagoras dikenal sebagai teorema phytagoras. Lalu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal phytagoras itu? Soal soal phytagoras tersebut dapat diselesaikan dengan rumus seperti di bawah ini:
Rumus Phytagoras

Materi phytagoras ini juga dapat dirumuskan dalam bentuk persamaan kuadrat seperti berikut:
a² = c² - b²
b² = c² - a²
c² = a² + b²
Keterangan:
a dan b = Kaki segitiga
c = Hipotenusa atau Sisi miring

Contoh Soal Phytagoras

Setelah menjelaskan tentang rumus phytagoras atau teorema phytagoras di atas. Selanjunya saya akan membagikan contoh soal pythagoras terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:
Tentukan panjang sisi miring segitiga apabila sisi datarnya 6 cm dan sisi tegak 8 cm?

Pembahasan.
Diketahui : a = 6 cm; b = 8 cm
Ditanyakan : c = ?
Jawab :
Contoh soal phytagoras tersebut dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
c² = a² + b²
c² = 6² + 8²
    = 36 + 64
    = 100
 c = √100
 c = 10 cm
Jadi panjang sisi miring segitiga tersebut ialah 10 cm.

Angka Triple Phytagoras

Setelah menjelaskan tentang rumus phytagoras, teorema phytagoras dan contoh soal phytagoras di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa angka triple phytagoras yang tersedia. Angka tersebut terbentuk dari panjang sisi sisi pada segitiga siku siku. Adapun beberapa angkanya yaitu sebagai berikut:
  • 3, 4, 5
  • 5, 12, 13
  • 6, 8, 10
  • 7, 24, 25
  • 8, 15, 17
  • 9, 40, 41
  • 11, 60, 61
  • 12, 35, 37
  • 13, 84, 85
  • 16, 63, 65
  • 20, 21, 29
  • 28, 45, 53
  • 33, 56, 65
  • 36, 77, 85
  • 39, 80, 89
  • 48, 55, 73
  • 65, 72, 97
Sekian penjelasan mengenai rumus phytagoras, teorema phytagoras, dan contoh soal phytagoras. Materi phytagoras merupakan materi Matematika yang berhubungan dengan panjang sisi sisi pada segitiga siku siku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Rumus Phytagoras Teorema dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel