Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Lengkap

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Lengkap - Dalam Matematika tentunya kita sering mendengar istilah mengenai operasi hitung. Operasi hitung pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan. Pemanfaatan operasi hitung tersebut memegang peran penting dan banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja operasi hitung perkalian yang notabenya memiliki rumus agak rumit. Bagaimana cara perkalian bersusun 2 angka? Bagaimana cara perkalian bersusun 3 angka? Bagaimana cara perkalian bersusun pendek itu? Perkalian bersusun digunakan apabila jumlah digit angkanya lebih dari satu.

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Lengkap
Perkalian Bersusun

Pada umumnya materi perkalian ini telah diajarkan ketika dibangku sekolah dasar (SD) kelas 3. Materi tersebut masih termasuk dalam kategori perkalian dasar, namun para siswa juga diajarkan mengenai bagaimana cara perkalian bersusun panjang dan cara perkalian bersusun pendek. Hal ini dikarenakan contoh soal perkalian tersebut tidak hanya berbentuk satu digit angka saja.

Materi perkalian ini memang tidak semudah penjumlahan atau pengurangan Matematika. Oleh karenanya banyak para siswa kesulitan untuk memahami teknik mengerjakan soal ketika ujian. Bahkan adapula yang merasa malas karena metode pengerjaan terlalu panjang dan begitu rumit. Padahal jika ditelaah rumus perkalian bersusun sangat mudah dihafalkan.

Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Lengkap

Pertanyaan saya apakah kalian salah satunya? apakah kalian memiliki masalah ketika mengerjakan soal perkalain bersusun tersebut? Operasi hitung perkalian pada dasarnya memang sangat penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan materi perkalian tersebut dapat menjadi dasar dalam mengerjakan materi materi Matematika lainnya.

Disisi lain perkalian juga berperan serta dalam pengerjaan jenis operasi hitung lainnya, seperti halnya pada pembagian. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara perkalian bersusun panjang dan cara perkalian bersusun pendek lengkap. Selain itu saya juga akan menyertakan contoh soal perkalian bersusun panjang dan pendek.

Sifat Perkalian Bersusun

Dalam materi perkalian secara umum mempunyai beberapa sifat di dalamnya. Sifat sifat perkalian tersebut berbeda dengan sifat sifat operasi hitung lainnya. Sifat sifat ini perlu dipahami sebelum lanjut ke tahap teknik pengerjaan perkaliannya. Adapun beberapa sifat sifatnya yaitu:
  • Sifat kumutatif atau pertukaran yaitu hasil perkaliannya akan tetap sama meskipun peletakkan tempat bilangannya ditukar. Untuk itu dapat dinyatakan dalam bentuk a x b = b x a.
  • Sifat asosiatif atau pengelompokkan yaitu perkalian yang hasilnya akan tetap sama meskipun dari mana saja pengerjaannya. Untuk itu bentuknya dapat berupa (a x b) x c = a x (b x c).
Sifat sifat perkalian di atas pada dasarnya digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang ada. Untuk itu konsep dasar perkalian ini berdasar pada sifat sifat tersebut. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara perkalian bersusun panjang dan cara perkalian bersusun pendek. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Bersusun Pendek

Operasi perkalian yang pertama akan saya jelaskan menggunakan cara bersusun pendek. Perkalian jenis ini biasanya menggunakan dua angka dan satu angka. Agar anda lebih paham mengenai cara yang satu ini, maka perhatikan contoh soal perkalian bersusun pendek seperti di bawah ini:

1. Tentukan perkalian dari 58 x 3 ?

Pembahasan.
  58
    3  x
174

Cara pengerjaan:
  • Langkah pertama menghitung nilai 8 x 3 = 24 terlebih dahulu.
  • Kemudian angka 4 ditulis dulu dan angka 2 akan dijumlahkan dengan perhitungan pada hasil berikutnya.
  • Lalu menghitung nilai 5  x 3 = 15 dan ditambahkan lagi dengan angka 2 menjadi 17.
  • Tulis angka 17 di depan 4 sebagai langkah terakhir dan hasilnya yaitu 174.

2. Tentukan perkalian dari 31 x 15?

Pembahasan.
Contoh soal perkalian ini dapat diselesaikan dengan cara perkalian bersusun pendek. Adapun langkah langkah pengerjaan cara perkalian bersusun 2 angka yaitu:
  31
  15  x
465

Langkah pengerjaanya:
  • Langkah pertama menghitung nilai 31 x 5 = 155 terlebih dahulu.
  • Kemudian menghitung nilai 31 x 10 = 310.
  • Lalu bilangan 151 dijumlahkan dengan 315 sehingga hasil akhirnya 465.

Cara Bersusun Panjang

Setelah menjelaskan tentang cara perkalian bersusun pendek di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara perkalian bersusun panjang. Untuk lebih jelaskan perhatikan contoh soal perkalian di bawah ini:

1. Tentukan perkalian dari 55 x 4?

Pembahasan.
  55 
    4   x
  20
200  +
220

Cara pengerjaan:
  • Langkah pertama yaitu angka 4 dikalikan dengan satuannya terlebih dahulu. Sehingga hasilnya 5 x 4 = 20 dan angkanya langsung ditulis.
  • Kemudian kalikan angka 4 dengan puluhannya, sehingga hasilnya menjadi 50 x 4 = 200 dan angka ditulis langsung.
  • Hasil kedua perkalian ini kemudian dijumlahkan sehingga 20 + 200 = 220.
  • Jadi hasil perkalian dari 55 x 4 = 220.

2. Tentukan perkalian dari 34 x 5?

Pembahasan.
Contoh soal perkalian ini dapat diselesaikan dengan cara perkalian bersusun panjang. Adapun langkah langkah pengerjaan cara perkalian bersusun 2 angka yaitu:
  34
    5  x
  20
150 +
170

Langkah pengerjaanya:
  • Langkah pertama yaitu angka 5 dikalikan dengan satuannya terlebih dahulu. Sehingga hasilnya 5 x 4 = 20 dan angkanya langsung ditulis.
  • Kemudian kalikan angka 5 dengan puluhannya, sehingga hasilnya menjadi 30 x 5 = 150 dan angka ditulis langsung.
  • Hasil kedua perkalian ini kemudian dijumlahkan sehingga 20 + 150 = 170.
  • Jadi hasil perkalian dari 34 x 5 = 170.
Sekian penjelasan mengenai cara perkalian bersusun panjang dan cara perkalian bersusun pendek lengkap. Perkalian bersusun sendiri merupakan proses pengerjaan yang dilakukan dengan cara bersusun ke bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel