1 Km Berapa Meter? Konversi, Cara Hitung dan Contoh Soal

1 Km Berapa Meter? Konversi, Cara Hitung dan Contoh Soal - Bagaimana cara konversi km ke meter? Bagaimana cara menghitung km ke meter? Bagaimana bentuk contoh soal km berapa meter itu? Satuan panjang pada umumnya terdiri dari kilometer (km), inchi, meter, dan sebagainya. Satuan panjang ini pada umumnya saling berhubungan untuk nantinya dikonversikan menjadi bentuk satuan panjang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa meter (m) dan kilometer adalah satuan bagian unit metrik yang banyak digunakan negara Indonesia sebagai Satuan Internasional (SI). Meski begitu masih banyak orang yang tidak mengetahui nilai satu km berapa meter tersebut. Ketika dibangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai satuan panjang ini.

Satuan tersebut kerap dimunculkan dalam soal soal ujian, baik ujian sekolah maupun ujian nasional Matematika. Untuk menentukan 1 km berapa meter ini tentunya dapat menggunakan tangga konversi satuan panjang yang tersedia. Dengan begitu anda dapat melakukan konversi km ke meter, begitu pula sebaliknya. Kemudian dengan menggunakan tangga konversi ini, anda juga dapat menerapkan cara hitung km ke meter dengan metode yang cukup mudah. Bagaimana contoh soal konversi km ke m itu? Konversi satuan secara umum berkaitan dengan cara menghitung nilai besaran sehingga sangat penting untuk dilakukan. Misalnya pengubahan satuan panjang km ke meter ini, maupun sebaliknya.

Satuan panjang secara umum berguna untuk mempertimbangkan panjang sesuatu hal seperti jalan, benda dan sebagainya. Satuan panjang ini dapat dikonversikan dengan metode yang sangat mudah. Cara konversi ini biasanya menggunakan tangga nada satuan panjang. Panjang secara umum memang menggunakan satuan meter. Apakah anda tahu jawaban 1 km berapa m itu? Pada kesempatann kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 km berapa meter? Konversi km ke meter, cara hitung dan contoh soal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Km Berapa Meter? Konversi, Cara Hitung dan Contoh Soal

Untuk melakukan koversi km ke meter dapat dilakukan dengan menggunakan tangga satuan panjang. Tangga satuan panjang ini dapat digunakan untuk mengetahui jawaban 1 kilometer berapa meter tersebut. Perhatikan gambar tangga satuan panjang seperti di bawah ini:
1 Km Berapa Meter? Konversi, Cara Hitung dan Contoh Soal
Tangga Satuan Panjang
Berdasarkan gambar di atas kita dapat mencari nilai 1 km berapa meter tersebut. Nilainya akan dikalikan dengan 10 setiap turun satu tangga atau tingkat. Sedangkan nilainya akan dibagi dengan 10 apabila naik satu tangga/tingkat. Untuk itu cara hitung konversi km ke meter yaitu mengalikan bilangannya dengan 1000 karena turun 3 tangga. Jadi nilai 1 km = 1000 meter. Kemudian 1 meter berapa km? Nilai 1 meter ini dibagi dengan 1.000 karena naik 3 tangga, sehingga 1 m = 0,001 km. Di bawah ini terdapat rumus konversi km ke meter agar perhitungannya lebih mudah yaitu:
p (m) = 1000 x p (km), dimana p = panjang

Contoh Konversi Km ke Meter

Agar anda lebih paham mengenai cara hitung konversi km ke meter tersebut. Maka saya akan membagikan beberapa contoh konversi satuan panjang itu yaitu meliputi:
  • 1 km = 1000 m
  • 0,1 km = 100 m
  • 3 km = 3000 m
  • 7 km = 7000 m
  • 11 km = 11000 m
  • 34 km = 34000 m
  • 200 km = 200000 m

Contoh Konversi Meter ke Km

Setelah menjelaskan tentang jawaban 1 km berapa meter di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh konversi meter ke km seperti di bawah ini
  • 1 m = 0,001 km
  • 0,1 m = 0,0001 km
  • 3 m = 0.003 km
  • 7 m = 0.007 km
  • 11 m = 0.011 km
  • 34 m = 0,034 km
  • 200 m = 0,2 km

Contoh Soal Konversi Km ke Meter

1. Jarak kota tangerang ke surabaya ialah 30 km. Tentukan jarak antara kedua kota tersebut dalam bentuk satuan meter?

Jawab.
1 km = 1000 m
30 km = 30 x 1000 m = 30.000 m
Jadi jarak antara kedua kota tersebut dalam bentuk satuan meter ialah 30.000 meter.

2. Rumah Adi menuju rumah Ani memiliki jarak 6,2 km. Andi ingin pergi kerumah Ani, setelah itu ia bepergian lagi menuju pasar dekat rumah Ani yang jaraknya sekitar 250 meer. Tentukan jarak total yang ditempuh Adi?

Jawab.
Diketahui : jarak pertama = 6,2 km = 6200 m; jarak kedua = 250 m
Ditanyakan : jarak total = ?
Jawab.
Jarak total = Jarak pertama + Jarak kedua
                 = 6200 m + 250 m
                 = 6450 m 
                 = 6,45 km
Jadi jarak total yang ditempuh Adi ialah 6,45 km.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 km berapa meter? Konversi km ke meter, cara hitung dan contoh soal. Kilometer (km) maupun meter (m) merupakan jenis satuan panjang yang sering digunakan di Indonesia dan bahkan dijadikan sebagai jenis satuan internasional (SI). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "1 Km Berapa Meter? Konversi, Cara Hitung dan Contoh Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel