Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan - Berkembang biak menjadi salah satu tujuan utaman semua makhluk hidup. Tidak terkecuali tumbuhan yang memiliki beberapa jenis perkembangbiakan berdasarkan pohonnya. Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan menjadi salah satu yang paling banyak dibahas dalam berbagai kesempatan. Dalam dunia pendidikan, kalian bisa dengan mudah menemukan materi vegetasi tumbuhan pada mata pelajaran IPA (Sains) khususnya biologi.

Perkembangbiakan vegetatif buatan populer diterapkan oleh masyarkat dalam hal kultur tanaman. Banyak pohon di sekitar kita merupakan hasil kultur dari proses vegetasi buatan manusia. Contohnya stek batang pada singkong, cangkok pada pohon mangga, teknik ovulasi, dan lain sebagainya.

Masalahnya, apakah kalian tau apa itu perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan? Istilah ini merujuk pada cara reproduksi tumbuhan yang pelaksanaannya menggunakan peleburan jantan dan betina. Para ahli lebih senang menyebutnya aseksual antara sel kelamin betina dengan sel kelamin jantan. Untuk itu sistem perkembangbiakan tumbuhan ini tidak membutuhkan proses perkawinan. Oleh karena itu pelaksanaan perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dapat dilakukan dengan cara menggunakan bagian tubuh dari induknya.

Secara umum perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan memang menggunakan satu induk saja. Oleh karenanya, proses ini menghasilkan tumbuhan baru yang bersifat sama dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dapat dibagi menjadi dua jenis yakni proses vegetasi buatan dan alami. Apa saja contoh perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan itu? Apa saja macam macam perkembangbiakan vegetatif buatan itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa proses berkembangbiak atau reproduksi dapat dilakukan oleh tumbuhan seperti halnya pada makhluk hidup lainnya.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan

Proses perkembangbiakan tumbuhan tentunya berbeda dengan makhluk lainnya. Secara garis besar, tumbuhan bisa berkembang melalui cara vegetatif dan generatif. Terjadinya perkembangbiakan generatif apabila proses pembuahan dan penyerbukan tumbuhan memerlukan kelengkapan di dalamnya.

Untuk itulah tumbuhan harus memiliki kepala putik dan serbuk sari untuk mendukung proses reproduksi. Berbeda lagi dengan perkembangbiakan vegetatif yang tidak membutuhkan kepala putik dan serbuk sari untuk proses pembuahan dan penyerbukannya. Hal ini dikarenakan perkembangbiakan vegetatif menggunakan bagian tubuh dari induknya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Vegetatif Buatan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa vegetatif dapat diartikan sebagai perkembangbiakan tanpa adanya peleburan atau aseksual antara sel kelamin betina dan jantan pada tumbuhan. Kemudian untuk perkembangbiakan vegetatif alami tumbuhan dapat terjadi apabila prosesnya tidak melibatkan campur tangan manusia. Sedangkan terjadinya perkembangbiakan vegetatif buatan biasanya melibatkan campur tangan manusia. Perkembangbiakan vegetatif buatan ini memang bertujuan untuk memperoleh tumbuhan yang mutunya tinggi seperti akarnya kuat, tahan dari berbagai penyakit dan buahnya banyak.

Apakah anda tahu apa saja macam macam perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan itu? Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan cara memperoleh bantuan dari manusia. Untuk itu manusia memiliki campur tangan yang lebih dalam proses perkembangbiakan ini. Adapun beberapa contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan yaitu sebagai berikut:
Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan
Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan

Mencangkok

Jenis perkembangbiakan vegetatif buatan yang pertama ialah mencangkok. Pengertian mencangkok adalah cara untuk membuat tanaman menjadi banyak dengan metode yang paling mudah. Mencangkok bertujuan untuk memperoleh keturunan dari tumbuhan dengan mutu yang tinggi.

Selain itu mencangkok juga memiliki keuntungan yaitu mendapatkan tanaman yang mutunya lebih cepat berbuah dibandingkan induknya. Namun mencangkok juga memiliki kekurangan yaitu mudah roboh hasil cangkokannya karena akar yang dimiliki hanya berjenis serabut. Di bawah ini terdapat beberapa langkah mencangkok yang benar yaitu meliputi:
  • Langkah pertama yaitu menandai bagian yang nanti dicangkok.
  • Lalu di bagian bawah kuncup daunnya diberikan sayatan sepanjang 3 - 5 cm dengan cara melingkar.
  • Gunakan pisau untuk menghilangkan lendir dan kambiumnya. Setelah itu keringkan dalam waktu 2 sampai 5 hari.
  • Kemudian bekas sayatannya ditutup mengguakan tanah yang dicampur pupuk.
  • Bekas sayatan tadi dibungkus menggunakan sabut kelapa atau plastik berlubang. Sirami secara teratur pada bagian yang ditutup tadi sampai cukup banyak akar yang tumbuh.
  • Langkah selanjutnya yaitu membuka pembungkusnya.
  • Kemudian ranting yang letaknya di bawah pembungkusnya di potong.
  • Pindahkan ranting yang telah berakar dan tanam dalam pot berbeda.
  • Hasil cangkokan tadi akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan ini dapat terjadi pada tumbuhan belimbing, jambu, jeruk dan mangga. Masyarakat menggunakan teknik cangkok pada tumbuhan yang menghasilkan buah. Hal ini pun dirasa sangat efektif serta memberikan keuntungan berupa nilai ekonomi tinggi.

Menyambung (Mengeten)

Macam macam perkembangbiakan vegetatif buatan selanjutnya yaitu menyambung atau mengeten. Menyambung atau mengeten dapat dilakukan dengan cara pucuk tanaman disambungkan dengan batang pada tanaman lainnya. Untuk itu tanaman penghasil buah yang manis dan besar, daunnya menarik serta bunganya indah diambil bagian pucuknya. Kemudian tanaman yang memiliki batang kuat juga diambil bagian batang bawahnya.

Kita dapat menyambung tumbuhan seperti mangga, durian dan kopi. Tujuan teknik menyambung ini ialah untuk mendapatkan tumbuhan yang mempunyai batang kokoh, buah dengan rasa enak dan akar kuat. Adapun cara mengeten tumbuhan yang benar yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama bagian batang bawah dibelah tengahnya.
  • Kemudian bagian pucuk atasnya dipotong dengan bentuk baji.
  • Sambungkan pucuk atas dengan batang bawahnya.
  • Gunakan tali plastik untuk mengikat dengan erat sampai kokoh sambungannya.
  • Diamkan sampai menyatu kedua bagiannya. Kemudian berikan pupuk dan sirami secukupnya.

Stek

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan selanjutnya ialah stek. Pengertian stek ialah perkembangbiakan vegetatif tumbuhan yang dilakukan dengan cara menanam bagian atau potongan dari tumbuhannya. Kita dapat menanam bagian tumbuhan seperti daun, batang, ataupun tangkai. Sistem stek ini dapat dilakukan dalam tumbuhan mawar maupun singkong.

Penyetekan singkong terjadi di bagian batangnya, sedangkan penyetekan mawar terjadi pada bagian tangkainya. Adapun cara menstek batang yang benar yaitu bagian batangnya dipotong secara meruncing. Lalu tancapkan batangnya dalam tanah. Kemudian potongan tadi akan tumbuh tunas dan akar baru setelah beberapa hari kemudian.

Merunduk

Macam macam perkembangbiakan vegetatif buatan selanjutnya yaitu merunduk. Pengertian merunduk atau layering ialah jenis perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan merundukkan cabang panjangnya ke tanah. Dengan begitu akan terjadi perkembangbiakan batang tanaman yang merunduk tadi. Kemudian akan tumbuh akar pada ruas ruas batang tanamannya sehingga dapat menjadi tanaman baru.

Pelaksanaan merunduk memiliki syarat yaitu batang tanaman tidak mudah patah, lentur, panjang dan didekat tanah terdapat pertumbuhan cabang batangnya. Cara perkembangbiakan ini dapat dilakukan pada tanaman anggur, arbei dan strawberry. Adapun cara melakukan perkembangbiakan merunduk yaitu seperti di bawah ini:
  • Langkah pertama yaitu memilih bagian batang yang lentur dan cukup tua. Bagian batang ini kemudian sedikit kerat.
  • Bagian batang yang sudah dikerat lalu dibenamkan dan dirundukkan dalam tanah. Setelah itu siram secara teratur.
  • Kemudian pisahkan batang setelah akarnya tumbuh agar dapat ditanam menjadi tanaman baru.
Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan ini dapat dilakukan pada tumbuhan bugenvil dan apel.

Menempel (Ovulasi)

Macam macam perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara okulasi atau menempel. Pengertian okulasi ialah mata tunas yang ditempelkan pada batang tumbuhan sejenis agar dapat menjadi induk. Struktur tumbuhan yang akan ditempel haruslah kuat. Tujuan okulasi ialah membuat dua tumbuhan dengan sifat berbeda dapat digabung sehingga tercipta tumbuhan baru yang mempunyai dua macam bunga atau buah berbeda.

Okulasi ini dapat kita jumpai dalam bunga mawar, dimana warna yang dihasilkan dapat berjumlah dua atau lebih yang berbeda. Okulasi dapat dilakukan pada tumbuhan durian, jeruk dan rambutan. Di bawah ini terdapat cara melakukan okulasi yang benar yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu mengambil mata tunas yang terdapat dalam tanaman ke satu.
  • Kemudian kulit batang pada tanaman ke dua disayat sehingga menghasilkan bentuk juluran lidah. Lalu kulit yang menjulur tadi dipotong setengah.
  • Setelah itu mata tunas ditempelkan pada batang tanaman kedua yang sebagian dibuka dan telah disayat kulitnya.
  • Lalu kulit batang yang berlebih ditutup menggunakan tali plastik. Sambungan batang dan mata tunasnya diikat dengan kencang. Warna mata tunas akan hijau jika berhasil serta dapat menyatu dan tumbuh bersama dengan batang utamanya.
Demikianlah penjelasan mengenai contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan merupakan perkembangbiakan tumbuhan yang melibatkan campur tangan manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel