Rumus Diagram Lingkaran dan Contoh Soalnya

Rumus Diagram Lingkaran dan Contoh Soalnya - Istilah diagram lingkaran pasti sering kita dengar dalam pembelajaran Matematika. Namun materi diagram lingkaran ini dianggap sulit untuk dikerjakan. Sebenarnya cara menghitung diagram lingkaran tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus yang tersedia. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal diagram lingkaran itu? Pada umumnya diagram lingkaran memuat rumus dalam bentuk angka (biasa), rumus dalam bentuk persen dan rumus dalam bentuk derajat. Pengertian diagram lingkaran ialah diagram yang berguna untuk menghasilkan gambar angka atau data berbentuk lingkaran. Seperti halnya namanya, bentuk diagram ini ialah lingkaran.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa diagram pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis. Namun pada umumnya contoh soal diagram lingkaran berguna untuk membandingkan total jumlah berdasarkan pembahasan di dalamnya. Disisi lain diagram lingkaran memuat data statistik, persentase data dan sebagainya. Data data ini disajikan dalam bentuk lingkaran. Bagaimana cara menghitung diagram lingkaran? Apakah anda tahu bagaimana rumus diagram lingkaran itu? Diagram lingkaran merupakan diagram berbentuk lingkaran yang menyajikan hasil data atau angka tertentu. 

Rumus Diagram Lingkaran dan Contoh Soalnya
Gambar Diagram Lingkaran

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat melihat beberapa data di dalamnya seperti data A, data B, data C dan data D. Setiap data memiliki besar daerah yang berbeda beda. Data ini dapat dicari jumlah atau besarnya dengan menggunakan rumus yang tersedia. Diagram lingkaran pada umumnya masih dibagi lagi menjadi beberapa macam seperti diagram lingkaran berbentuk angka (biasa), diagram lingkaran berbentuk derajat dan diagram lingkaran berbentuk persen. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus diagram lingkaran, cara menghitung diagram lingkaran dan contoh soal diagram lingkaran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Diagram Lingkaran dan Contoh Soalnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian diagram lingkaran ialah diagram berbentuk lingkaran yang menyajikan data atau angka tertentu. Soal soal terkait diagram lingkaran ini sering kita jumpai dalam ujian Matematika, baik ujian sekolah maupun ujian Nasional. Ketika di bangku sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama) tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi diagram lingkaran ini. Dalam pembahasan tersebut terdapat penjelasan mengenai pengertian, rumus, cara menghitung dan contoh soal di dalamnya. 
Kita tahu bahwa diagram Matemaika secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis diagram tersebut dapat berupa diagram lingkaran, diagram batang dan diagram garis. Salah satu jenis diagram yang sering digunakan yaitu diagram lingkaran. Bagaimana cara menghitung diagram lingkaran itu? Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus diagram lingkaran dan contoh soal diagram lingkaran. Berikut penjelasan selengkapnya:

Diagram Lingkaran Berbentuk Angka (Biasa)

Jenis diagram lingkaran yang pertama ialah diagram berbentuk angka. Jenis diagram ini termasuk diagram lingkaran biasa. Untuk menghitung diagram lingkaran biasa tersebut dapat dilakukan menggunakan rumus seperti di bawah ini:
Jumlah data yang ditanyakan = Jumlah total data - Data total yang diketahui
Agar anda lebih paham mengenai rumus di atas, maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Perhatikan gambar diagram lingkaran di bawah ini!
Contoh Soal Diagram Lingkaran
Diagram di atas merupakan bentuk penyajian total siswa di suatu kelas yang berjumlah 38 siswa. Data di atas menyajikan jumlah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepak bola, basker dan voli. Tentukan jumlah siswa yang sama sekali tidak mengikuti ekstrakulikuler?

Pembahasan.
Diketahui : Total siswa = 40 siswa, Ekskul bola = 12 siswa, Ekskul basket = 10 siswa, Ekskul voli = 10 siswa
Ditanyakan : Siswa yang tidak ikut ekskul = ?
Jawab.
Cara menghitung diagram lingkaran tersebut dapat dilakukan menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus diagram lingkarannya yaitu sebagai berikut:
Jumlah data yang ditanyakan = Jumlah total data - Data total yang diketahui
                                               = 40 - (12 + 10 + 10)
                                               = 40 - 32
                                               = 8 siswa
Jadi jumlah siswa yang sama sekali tidak mengikuti ekstrakulikuler ialah 8 siswa.

Diagram Lingkaran Berbentuk Derajat

Jenis diagram lingkaran selanjutnya ialah diagram lingkaran berbentuk derajat. Untuk menyelesaikan contoh soal diagram lingkaran berbentuk derajat ini dapat dilakukan dengan mengetahui jumlah derajatnya terlebih dahulu. Setelah itu dibagi dengan 360° sampai ditemukan hasil akhirnya. Adapun rumus pada diagram lingkaran bentuk derajat yaitu:
Nilai yang ditanya = (Jumlah sudut/360°) x Total nilai
Agar anda lebih paham mengenai rumus diagram lingkaran berbentuk derajat di atas, maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Perhatikan gambar di bawah ini!
Contoh Soal Diagram Lingkaran
Diagram di atas merupakan bentuk penyajian total siswa di suatu sekolah yang berjumlah 1440 siswa. Data di atas menyajikan data jumlah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler silat, sepak bola, basket dan voli. Tentukan jumlah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler silat?

Pembahasan.
Diketahui : Total siswa = 1440 siswa, Ekskul bola = 140°, Ekskul basket = 90°, Ekskul voli = 80°
Ditanyakan : Siswa yang ikut ekskul silat = ?
Jawab.
Contoh soal diagram lingkaran berbentuk derajat tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Ekskul Silat = 360° - (Ekskul Bola + Ekskul Basket + Ekskul Voli)
                    = 360° - (140° + 90° + 80°)
                    = 360° - 310°
                    = 50°

Cara menghitung diagram lingkaran selanjutnya yaitu mencari jumlah siswa yang mengikuti ekskul silat. Adapun caranya yaitu:
Jumlas siswa ekskul silat = (Derajat ekskul silat/360°) x Total siswa
                                         = (50°/360°) x 1440
                                         = 200 siswa
Jadi jumlah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler silat ialah 200 siswa.

Diagram Lingkaran Berbentuk Persen

Jenis diagram lingkaran selanjutnya yaitu diagram lingkaran berbentuk persen. Cara menghitung diagram lingkaran persen ini dapat dilakukan dengan mencari jumlah data dalam bentuk persen terlebih dahulu. Setelah itu hasil persen tersebut dikalikan dengan jumlah total nilai dan dibagi lagi dengan 100%. Adapun rumus diagram lingkaran berbentuk persen yaitu sebagai berikut:
Nilai yang ditanyakan = (Persen nilai yang ditanyakan/100%) x Total nilai
Agar anda lebih paham mengenai rumus pada diagram lingkaran berbentuk persen di atas, maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Perhatikan gambar di bawah ini!
Contoh Soal Diagram Lingkaran
Diagram di atas merupakan bentuk penyajian total barang di suatu toko yang berjumlah 400 buah. Data di atas menyajikan data jumlah barang yang dijual seperti baju anak, baju remaja dan baju dewasa. Tentukan jumlah baju remaja yang dijual pada toko tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : Total baju= 400 buah, Baju anak = 55%, Baju dewasa = 20%
Ditanyakan : Jumlah baju remaja yang dijual = ?
Jawab.
Cara menghitung diagram lingkaran tersebut dapat dilakukan menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus diagram lingkaran yang digunakan yaitu sebagai berikut:
Persen baju remaja = 100% - (Baju anak + Baju dewasa)
                               = 100% - (55% - 20%)
                               = 100% - 75%
                               = 25%
Maka,
Jumlah baju remaja = (Persen baju remaja/100%) x Total baju
                                = (25%/100%) x 400
                                = 100 buah
Jadi jumlah baju remaja yang dijual pada toko tersebut ialah 100 buah.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus diagram lingkaran, cara menghitung diagram lingkaran dan contoh soal diagram lingkaran. Diagram lingkaran merupakan diagram berbentuk lingkaran yang menyajikan data atau angka tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi diagram lingkaran di atas.

0 Response to "Rumus Diagram Lingkaran dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel