Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung Terlengkap

Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung Terlengkap - Manusia memiliki otot di dalam tubuhnya yang terdiri dari beberapa jenis. Jenis jenis otot tersebut dapat berupa otot polos, otot lurik (otot kerangka) dan otot jantung. Apa saja perbedaan otot polos lurik dan jantung? Pengertian otot secara umum ialah sebuah sistem organ pada hewan dan manusia untuk melakukan gerakan.

Dalam klasifikasi vertebrata terdapat sistem otot yang berdasar pada sistem saraf sehingga dapat mengendalikannya. Namun kita tahu bahwa gerakan manusia dapat berlangsung secara otonom dengan menggunakan beberapa otot di dalamnya seperti otot jantung ini. Apakah anda tahu apa pengertian otot polos itu? Apa pengertian otot lurik? Apa pengertian otot jantung? 

Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung Terlengkap
Otot Lurik, Jantung dan Polos

Otot secara umum memang dapat diartikan sebagai jaringan untuk alat gerak aktif pada tubuh hewan dan manusia yang berguna dalam menggerakkan tulang. Otot yang terdapat dalam organisme tersebut memang digunakan untuk mengerakkan tubuh atau organ di dalamnya. Otot ini memiliki cara kerja yang berlangsung secara sinergis dan antagonis.

Cara kerja otot antagonis maknanya saling berlawanan, sedangkan cara kerja otot sinergis maknanya saling mendukung. Berdasarkan cara kerja tersebut tentunya terdapat perbedaan otot polos, lurik dan jantung. Pada umumnya kita dapat menemukan contoh cara kerja otot antagonis pada lengan yakni otot trisep dan otot bisep. Letak otot bisep ada dibagian depan lengan atas. Sementara letak otot trisep ada di bagian belakang lengan atas.


Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung Terlengkap

Pada dasarnya trisep dan bisep memiliki mekanisme kerja yang antagonis (bertentangan/berlawanan). Apabila terdapat kontraksi pada otot bisep, maka akan terjadi relaksasi otot trisepnya. Dengan begitu anda dapat mengangkat lengan bagian bawah. Berbeda lagi jika kontraksi terjadi di otot trisep, maka relaksasi terdapat pada otot bisepnya.

Untuk itu lengan bagian bawah akan lurus atau turun kembali. Konsep sekaligus perbedaan jenis otot tersebut sebenarnya sudah pernah di bahas dalam pembelajaran penjasorkes. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulang kembali materi perbedaan otot polos, lurik dan jantung terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Otot

Otot secara umum ialah bagian di struktur tubuh organisme yang digunakan untuk menggerakkan tulang. Otot ini termasuk dalam kategori alat gerak aktif sehingga tulang dapat digerakkan. Bekerjanya otot dalam tubuh tersebut terdiri dari relaksasi dan kontraksi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan otot polos lurik dan jantung tersebut, anda harus mengetahui apa pengertian otot polos, pengertian otot lurik dan pengertian otot jantung terlebih dahulu.

Baca juga : Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Saat Musim Kemarau Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa otot memang terbagi menjadi beberapa macam seperti otot polos, otot jantung dan otot lurik. Setiap macam otot memiliki karakteristik yang berbeda beda. Karakteristik ini bahkan dijadikan sebagai perbedaan otot polos, lurik dan jantung ini. Namun sebelum membagikan perbedaan tersebut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian otot polos, lurik dan jantung yaitu sebagai berikut:

Otot Polos

Otot polos dapat diartikan sebagai otot yang tergolong dalam jenis otot reflek atau tak sadar. Dengan begitu bekerjanya otot ini terjadi di bawah alam sadar, dimana didalamnya terdapat pembentukan jaringan dari sel sel otot. Bentuk otot polos ini ialah gelondong dengan bagian tengah yang menggelembung dan kedua ujung meruncing.

Otot polos menghasilkan lapisan pada alat atau unsur unsur di dalam tubuh seperti pembuluh darah, dinding rahim, dinding usus dan saluran kelamin. Maka dari itu otot polos dapat dinamakan dengan otot alat dalam. Otot polos memiliki cara kerja yang berada di luar kesadaran otak sehingga tidak berdasar pada perintah otak. Otot polos ini apat dinamakan dengan otot otonom atau otot tak sadar. Adapun contoh otot polos yaitu otot nadi, otot lambung dan otot usus.

Otot Lurik

Pengertian otot lurik ialah otot yang mempunyai tampilan lurik secara berseling antara terang dan gelap. Pengertian ini dapat menjadi perbedaan otot polos, lurik dan jantung tersebut. Letak otot lurik itu ada di bagian rangka dan menempel. Untuk itu otot lurik dapat dinamakan otot rangka. Kita tahu bahwa letak otot ini menyebar di seluruh bagian tubuh hewan dan manusia. Otot lurik tersebut memiliki cara kerja yang bukan gerak reflek atau dibawah kesadaran.

Baca juga : Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap

Dengan begitu secara sadar otot lurik ini melakukan gerakan dalam tubuh hewan dan manusia. Ciri otot lurik yang paling mudah dipahami yaitu ketika sel otot lurik yang ditumpuki asam laknat sehingga menyebabkan tubuh merasakan kelelahan. Adapun contoh otot lurik yaitu otot betis, otot perut, otot paha dan otot lengan.
 

Otot Jantung

Pengertian otot jantung ialah otot yang menghasilkan bentuk jantung. Otot jantung berfungsi untuk mengedarkan darah ke bagian tubuh seluruhnya dengan cara memompa jantung. Otot jantung memiliki keistimewaan utama yaitu proses relaksasi dan kontraksi dapat dijalankan dengan aktif tanpa harus merasa lelah.

Bekerjanya otot jantung tersebut berlangsung ketika masih janin sampai kematian. Otot jantung dapat dinamakan dengan karbodiomiosit dengan berbagai sel otot jantung di dalamnya. Adapun contoh otot jantung yaitu otot di bagian jantung.

Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung

Setelah menjelaskan tentang pengertian otot polos, pengertian otot lurik dan pengertian otot jantung di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan otot polos lurik dan jantung tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Letak otot polos digunakan untuk menyusun alat dalam seperti pembuluh darah dan usus. Otot lurik digunakan untuk menyusun otot bagian tulang. Sedangkan letak otot jantung digunakan untuk menyusun jantung dibagian dindingnya.
  • Otot polos memiliki bentuk sel yang meruncing dibagian ujungnya dan di bagian tengah terdapat satu inti sel. Otot lurik memiliki bentuk sel yang bulat memanjang dan di bagian tepi terdapat banyak inti sel. Sedangkan otot jantung memiliki bentuk sel yang bulat memanjang dan bercabang dibagian ujungnya serta dibagian tengah terdapat banyak inti sel.
  • Otot polos memiliki cara kontrol yang tidak sadar. Otot lurik dikontrol oleh saraf sadar ketika melakukan kontraksi. Sedangkan otot jantung memiliki cara kontrol yang tidak sadar.
  • Otot polos memiliki reaksi yang lambat. Otot lurik memiliki reaksi yang cepat. Sedangkan otot jantung memiliki reaksi yang lambat.
  • Otot polos memiliki sifat kerja yang tidak cepat lelah. Otot lurik memiliki sifat kerja yang cepat lelah. Sedangkan otot jantung memiliki sifat kerja yang tidak cepat lelah.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan otot polos, lurik dan jantung terlengkap. Otot secara umum dapat diartikan sebagai jaringan untuk alat gerak aktif pada tubuh hewan dan manusia yang berguna dalam menggerakkan tulang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perbedaan otot polos lurik dan jantung di atas.

0 Response to "Perbedaan Otot Polos, Lurik dan Jantung Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel