Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WITA dan WIT) Beserta Daerah

Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WITA dan WIT) Beserta Daerah - Di dunia ini memang terdapat berbagai macam negara. Salah satunya ialah republik Indonesia yang termasuk negara kepulauan paling luas. Menurut perkiraan, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 1,9 juta km². Wilayah Indonesia secara geografis terbentang diantara 95º sampai 141º Bujur Timur. Garis bujur yang membentang ini memang sangat panjang sehingga pembagian waktu wilayah Indonesia terdiri dari tiga zona. Apakah anda tahu bagaimana pembagian zona waktu di Indonesia itu?

Zona waktu ini menurut sejarahnya telah ditetapkan sejak Indonesia dalam masa penjajahan Belanda. Pembagian ini berlangsung pada tanggal 1 Mei 1908 saat aturan Goverments diberlakukan. Di kala itu telah ditetapkan bahwa wilayah Jawa Tengah termasuk zona waktu (mintakad) GMT + 7 : 12. Namun pada bulan Februari tahun 1918 terjadi perubahan yang membuat Padang -39 menit dari waktu Jawa Tengah sesuai ketetapan Belanda. 

Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WITA dan WIT) Beserta Daerah
Pembagian Zona Waktu di Indonesia

Setelah itu kota Balikpapan ditetapkan oleh Belanda memliki waktu dari GMT terlebih dahulu yaitu +8 : 20. Pada tahun 1924, aturan ini kembali diubah oleh penguasa daerah bernama Hoofden van Gewestelijk Bestuur in de Buitengewesten. Dari perubahan ini, wilayah Jawa Tengah memiliki waktu yang ditetapkan menjadi GMT +7 : 20. Inilah yang menjadi awal pembagian waktu di Indonesia dengan cakupan WIB, WIT dan WITA.

Setelah itu zona waktu di daerah Lombok dan karesidenan Bali ialah +22 menit dari Jawa Tengah. Zona waktu Makassar +38 menit dari Jawa Tengah. Sedangkan Padang -7 menit dan Tapanuli -45 menit dari Jawa Tengah. Zona waktu di Indonesia kembali diubah oleh Belanda pada tahun 1932 dan dibagi menjadi enam wilayah. Dimanakah daerah pembagian zona waktu di Indonesia itu?

Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WITA dan WIT) Beserta Daerah

Dikala itu zona waktu Indonesia dibagi menjadi enam wilayah yang selisihnya 30 menit disetiap daerah. Akan tetapi waktu di Indonesia kembali diubah oleh pemerintah Jepang pada tahun 1942 demi kepentingan operasi militernya. Pelaksanaan perubahan ini disesuaikan dengan zona waktu GMT +9 di Tokyo. Untuk itulah terjadi pemajuan zona waktu wilayah Jawa menjadi GMT +7 : 30 atau 1: 30.

Sejak Indonesia dikuasai kembali oleh Belanda, pengubahan zona waktu tersebut kembali dilakukan untuk keperluan operasi militernya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pembagian waktu di Indonesia (WIB, WIT dan WITA) beserta daerah pembagian zona waktu di Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pembagian zona waktu di Indonesia pada tanggal 10 Desember 1947 terdiri dari beberapa jenis yaitu bujur tolok 135º (+9), bujur tolok 105º (+7),dan  bujur tolok 120º (+8). Zona waktu di Indonesia secara resmi telah dibagi menjadi enam zona wilayah sejak pasca penyerahan kedaulatannya. Pembagian ini dilakukan pada tahun 1932 dengan berdasar pada keputusan Gubernur.

Setelah Belanda kembali merebut Irian Barat, kemudian pembagian zona waktu di Indonesia kembali dirubah. Setelah itu Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 243 Tahun 1963 diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1963. Keputusan presiden ini memiliki inti yaitu waktu di Indonesia kembali dibagi menjadi tiga zona wilayah. 

Baca juga : Tokoh Kebangkitan Nasional Beserta Peran Terlengkap

Mengapa waktu berbeda beda 

Setelah berlakunya Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 41 Tahun 1987 tersebut zona waktu di Indonesia mengalami perubahan yang terakhir. Ketiga zona waktu yang ada di Indonesia tersebut ialah Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Negara Indonesia menjadi salah satu bagian negara di dunia yang memiliki ketetapan waktu Greenwich Mean Time (GMT). Wilayah Indonesia berdasarkan aturan GMT ini terdiri dari tiga zona waktu di dalamnya yaitu WIB, WIT dan WITA tersebut. Apakah anda tahu bagaimana pembagian waktu di Indonesia itu? 

Diantara negara di dunia ini memang terjadi perbedaan waktu yang disebabkan oleh rotasi bumi. Disisi lain diantara negara ini terdapat pembagian waktu yang pengaturannya berdasarkan zona waktu. Pembagian zona waktu di Indonesia tersebut mengarah pada aturan Greenwich Mean Time (GMT). Pengertian Greenwich ialah suatu kota yang terletak di negara Inggris untuk menjadi acuan dalam menentukan waktu di dunia karena garis bujurnya 0º. 

Pada umumnya pembagian waktu GMT secara konsepnya terdri dari dua jenis. Yang pertama yaitu letak negara di wilayah Greenwich bagian barat dengan ketentuan GMT negatif. Kemudian untuk wilayah negara di Greenwich bagian Timur memiliki ketentuan waktu GMT yang positif. Negara Indonesia memiliki ketentuan GMT positif karena letak wilayahnya ada di bagian timur Inggris. 

Pembagian Waktu di Indonesia

Di sebuah tempat terdapat penentuan waktu yang secara sederhana dilakukan berdasarkan posisi garis bujurnya. Selain itu adapula garis lintang yang posisinya dapat digunakan untuk mengukur lamanya matahari bersinar atau durasi siang di lokasi tersebut. Perputaran matahari pada porosnya dalam satu hari terjadi selama 23 jam 56 menit atau 24 jam setelah dibulatkan. Matahari yang melakukan perputaran ini membentuk satu lingkaran penuh dan menyebabkan letaknya ada di posisi celestial sphere. Zona waktu dalam suaru area dapat ditentukan dengan rumus GMT + waktu pada setiap garis bujur yang panjangnya 15º.

Baca juga : Perbedaan Antara Negara Maju dan Negara Berkembang Terlengkap

Wilayah Indonesia memiliki pembagian zona waktu berdasarkan garis bujur yang panjangnya 44º. Setelah itu panjang garis bujur total tersebut dibagi dengan konversi satu jam dalam bentuk satuan derajat. Untuk itulah pembagian waktu di Indonesia dapat menjadi 3 zona wilayah yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Berikut penjelasan mengenai masing masing pembagian zona waktu di Indonesia tersebut yaitu:

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Terbentangnya WIB (Waktu Indonesia Barat) terdapat di sepanjang 105º Bujur Timur. Garis bujur yang membentang ini terdapat di seluruh wilayah pulau Sumatera, sebagian Kalimantan (Tengah dan Barat), Jawa, serta Madura. Pembagian waktu Indonesia barat memiliki rumus yaitu GMT +7 atau UTC +7. Di bawah ini terdapat daerah pembagian waktu Indonesia bagian Barat yaitu meliputi:

  • Wilayah Pulau Sumatera yang terdiri dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Nanggroe Aceh Darussalam, Bengkulu, Riau, Jambi, dan Lampung.
  • Wilayah Pulau Jawa yang terdiri dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Banten.
  • Wilayah Pulau Kalimantan yang terdiri dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Pembagian waktu di Indonesia selanjutnya yaitu WITA. Terbentangnya zona waktu ini ada di sepanjang 120º garis Bujur Timur. Garis bujur yang membentang ini memiliki beberapa wilayah Indonesia di dalamnya seperti seluruh pulau Nusa Tenggara, Sulawesi, Bali dan sebagian pulau Kalimantan. Rumus waktu Indonesia tengah tersebut ialah GMT +8 atau UTC +8. Di bawah ini terdapat daerah zona waktu di Indonesia bagian Tengah yaitu:

  • Wilayah Pulau Kalimantan yang terdiri dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.
  • Wilayah Pulau Nusa Tenggara dan Bali yang terdiri dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali.
  • Wilayah Pulau Sulawesi yang terdiri dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Pembagian zona waktu di Indonesia selanjutnya ialah WIT. Terbentangnya zona waktu ini ada di sepanjang garis 135º Bujur Timur. Garis bujur yang membentang tersebut terdiri dari wilayah Indonesia paling timur seperti pulau Papua dan Maluku. Rumus waktu Indonesia timur berdasarkan ketetapannya berada di GMT +9 atau UTC +9. Adapun wilayah zona waktu di Indonesia bagian Timur yaitu meliputi:

  • Wilayah Pulau Maluku yang terdiri dari Maluku Utara dan Maluku.
  • Wilayah Pulau Papua yang terdiri dari Papua dan Papua Barat.

Demikianlah penjelasan mengenai pembagian waktu di Indonesia (WIB, WIT dan WITA) beserta daerah pembagian zona waktu di Indonesia. Pembagian zona waktu di Indonesia pada umumnya terdiri dari WIB (Waktu Indonesia Barat), WIT (Waktu Indonesia Timur) dan WITA (Waktu Indonesia Tengah). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WITA dan WIT) Beserta Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel