Rumus Gaya Berat Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Rumus Gaya Berat Beserta Pengertian dan Contoh Soal - Apa pengertian gaya berat itu? Bagaimana cara menyelesaiakan contoh soal gaya berat itu? Saat orang berkata bahwa berat badannya ialah 45 kg, maka pernyataan ini sebenarnya keliru. Hal ini dikarenakan perkataan orang itu dinamakan dengan massa dan bukan berat. Maka dari itu pernyataan yang benar yaitu massa badannya ialah 45 kg. Pengertian massa ialah ukuran benda yang mengandung banyaknya materi di dalamnya. Sebuah benda memiliki besar massa yang setalu tetap dimanapun letaknya. Massa tersebut termasuk dalam besaran skalar dan besaran pokok. Satuan SI yang dimiliki oleh massa dapat berbentuk kg. Massa dengan berat tersebut tentunya berbeda.

Berat (w) termasuk dalam besaran vektor dan besaran turunan, dimana arah yang dimiliki selalu tegak lurus dengan pusat buminya yang menuju ke bawah. Berat memiliki satuan SI yang berupa Newton (N). Pengertian berat tersebut ialah gaya gravitasi yang terdapat dalam sebuah benda ketika letak benda itu ada di bumi. Berat dengan gaya pada dasarnya mempunyai satuan yang sama karena berat memiliki istilah yang dapat dinamakan dengan gaya berat. Maka dari iu gaya berat dapat disebut sebagai berat yakni bekerjanya gaya gravitasi yang terdapat dalam sebuah benda dengan massa di dalamnya. Apakah anda tahu bagaimana rumus gaya berat itu? Apa pengertian gaya berat? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal gaya berat itu?

Rumus Gaya Berat Beserta Pengertian dan Contoh Soal
Ilustrasi Gaya Berat

Gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda ketika letaknya di bumi ialah gaya tarik bumi. Gaya berat ini memiliki lambang berupa huruf w yang maknanya weight. Gaya berat memiliki satuan SI berupa Newton (N). Berat ini memang termasuk dalam besaran vektor karena memiliki arah ke pusat bumi yang tegak lurus ke bawah. Materi gaya berat tersebut pada dasarnya termasuk dalam pelajaran Fisika yang perlu dipahami dan dipelajari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus gaya berat berserta pengertian gaya berat dan contoh soal gaya berat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gaya Berat Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Berat sebuah benda dalam ilmu Fisika dapat diartikan sebagai gaya yang berhubungan dengan massa benda sehingga menyebabkan gaya gravitasi tersebut. Sebuah benda memiliki massa yang besarnya selalu tetap meskipun letaknya ada dimanapun. Namun suatu benda yang memiliki berat akan memiliki besar yang berubah ubah tergantung besar percepatan dari gravitasi tempatnya. Massa benda dapat diartikan sebagai jumlah partikel yang tergantung dalam sebuah benda. Sifat dari massa benda tersebut ialah tetap karena gaya gravitasi tidak mempengaruhinya.
Selain itu adapula pengertian gaya berat lainnya yaitu bekerjanya gaya gravitasi yang terdapat dalam suatu benda. Cara mengukur berat benda dapat dilakukan dengan menggunakan neraca pegas karena berat ini termasuk dalam kategori gaya. Sebuah benda yang diukur beratnya pada dasarnya disesuaikan dengan letaknya sehingga besarnya berubah ubah, sedangkan pengukuran massa benda dimanapun letaknya pasti memiliki besar yang tetap. Di bawah ini terdapat rumus dan contoh soal gaya berat yaitu sebagai berikut:

Rumus Gaya Berat

Newton pada dasarnya tidak hanya menyampaikan tiga hukum terkait gerak saja, namun juga mengemukakan hukum gravitasi universal. Hukum gravitasi tersebut menjelaskan antara dua benda yang saling berinteraksi. Newton menjelaskan bahwa dalam hukum gravitasi tersebut terdapat gaya tarik menarik antara benda dengan massa m1 dan massa m2 dengan jarak r di dalamnya. Untuk itu gaya berat memiliki rumus seperti di bawah ini:
Rumus Gaya Berat
Keterangan:
F = Gaya tarik menarik (Newton)
G = Tetapan gravitasi (6,67 × 105 Nm²/kg²)
m1 = Massa benda 1 (kg)
m2 = Massa benda 2 (kg)
r = Jarak antara dua benda (m)

Berdasarkan rumus gaya berat di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa massa bumi dapat dinyatakan dalam bentuk m1 dan massa benda yang dipengaruhi gaya tarik bumi dapat dinyatakan dalam bentuk m2. Kemudian adapula perceparan gravitasi (g) bumi di dalamnya. Ketika hal ini dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini:
Rumus Percepatan Gravitasi Bumi
Berdasarkan persamaan di atas, kita dapat menuliskan besar gaya tarik bumi dengan bendanya seperti di bawah ini:

F = m.g

Gaya berat (w) dapat disebut dengan gaya tarik bumi dengan satuan Newton (N) di dalamnya. Untuk itu rumus gaya berat benda dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini:
w = m.g
Keterangan :
w = Berat benda (Newton)
m = Massa benda (kg)
g = Percepatan gravitasi (m/s²)

Berdasarkan persamaan tersebut dapat diketahui bahwa percepatan gravitasi memiliki besar yang berperan dalam berat bendanya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di beberapa tempat berbeda beda memiliki percepatan gravitasi bumi yang tidak sama. Misalnya saja percepatan gravitasi bumi di wilayah kutub (kutub selatan dan kutub utara) yang besarnya 9,83 m/s². Sedangkan percepatan gravitasi di wilayah Khatulistiwa memiliki besar 9,87 m/s². 

Contoh Soal Gaya Berat

Setelah menjelaskan tentang pengertian gaya berat dan rumus gaya berat di atas, selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Adapun contoh soal pada gaya berat beserta cara menyelesaikannya yaitu sebagai berikut:

Di pinggir jalan terdapat suatu besi yang tergeletak, dimana massanya 4 kg. Apabila di tempat tersebut terdapat besar percepaan gravitasi 9,8 m/s². Maka tentukan berat besinya?

Pembahasan.
Diketahui : m = 4 kg; g = 9,8 m/s²
Ditanyakan : w = ?
Jawab.
w = m.g
    = 4 . 9,8
    = 39,2 N
Jadi berat besi tersebut ialah 39, 2 Newton.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus gaya berat berserta pengertian gaya berat dan contoh soal gaya berat. Gaya berat merupakan bekerjanya gaya gravitasi yang terdapat dalam suatu benda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi gaya berat di atas.

0 Response to "Rumus Gaya Berat Beserta Pengertian dan Contoh Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel