Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap

Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap - Setiap makhluk hidup pada dasarnya dapat berkembangbiak dengan cara yang berbeda beda. Contohnya saja tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan secara generatif menggunakan proses penyerbukan. Apa pengertian penyerbukan itu? Apa saja jenis jenis penyerbukan itu? Apa saja contoh penyerbukan itu? Penyerbukan dapat diartikan sebagai proses masuk dan menempelnya serbuk sari pada kepala putik sehingga pembuahan dapat terjadi. Dalam tumbuhan terdapat penyerbukan yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan beberapa hal. Akan tetapi penyerbukan hanya terjadi pada tumbuhan dengan kelompok generatif saja. Untuk itu tidak semua tumbuhan melakukan proses perkembangbiakan ini.

Kelompok tumbuhan generatif pada umunya memiliki alat perkembangbiakan yang terdiri dari alat perkembangbiakan jantan (benang sari) dan alat perkembangbiakan betina (putik). Awal perkembangbiakan generatif pada tumbuhan ini berasal dari serbuk sari yang menempel pada kepala putik. Proses penempelan ini dapat dinamakan dengan proses penyerbukan. Ketika di bangku sekolah pada umumnya para siswa juga diajarkan mengenai materi penyerbukan yang mencakup pengertian penyerbukan, macam macam penyerbukan dan contoh penyerbukan. Berdasarkan asal serbuk sari dan berdasarkan perantaranya, penyerbukan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis penyerbukan memiliki pengertian, ciri ciri penyerbukan dan contoh yang berbeda beda.

Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap
Proses Penyerbukan pada Bunga

Berdasarkan perantaranya, jenis jenis penyerbukan dapat terdiri dari penyerbukan oleh hewan, penyerbukan oleh manusia, penyerbukan oleh angin dan penyerbukan oleh air. Selain itu adapula jenis jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari seperti penyerbukan tetangga, penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam penyerbukan beserta contoh penyerbukan lengkap. Selain itu saya juga akan menjelaskan tentang pengertian penyerbukan dan ciri ciri bunga yang melakukan penyerbukan itu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap

Pengertian penyerbukan ialah proses pada serbuk sari yang jatuh pada kepala putik. Proses tersebut menciptakan individu baru. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa penyerbukan ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda. Selain itu ciri ciri penyerbukan tersebut juga berbeda. Untuk itu proses penyerbukan pada tumbuhan memiliki proses terjadinya yang tidak sama.
Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa berdasarkan asal serbuk sari terdapat macam macam penyerbukan menjadi beberapa jenis. Jenis jenis proses penyerbukan tersebut dapat berupa geitonogami (penyerbukan tetangga), hibridogami (penyerbukan bastar), autogami (penyerbukan sendiri), dan alogami (penyerbukan silang). Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:
Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap
Jenis Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan

Penyerbukan Sendiri (Autogami)
Pengertian penyerbukan sendiri ialah peristiwa serbuk sari pada sebuah bunga yang jatuh pada kepala putik dari bunga itu sendiri. Untuk itu terjadinya proses penyerbukan tersebut ada di satu bunga. Penyerbukan sendiri memiliki hasil keturunan yang tidak bervariasi. Adapun tumbuhan yang melakukan penyerbukan sendiri yaitu bunga turi dan bunga telang.

Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)
Macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari selanjutnya yaitu penyerbukan tetangga. Penyerbukan ini dapat diartikan sebagai peristiwa serbuk sari sebuah bunga yang jatuh dalam kepala putik di bunga lainnya, namun letaknya masih dalam satu tumbuhan. Selain itu penyerbukan tetangga dapat diartikan sebagai penyerbukan dimana asal serbuk sari ada pada bunga yang berbeda, namun putiknya masih dalam tetap satu pohon. Adapun contoh penyerbukan tetangga yaitu bunga jagung.

Penyerbukan Silang (Alogami)
Jenis jenis penyerbukan selanjutnya yaitu penyerbukan silang. Penyerbukan silang ialah terjadinya penyerbukan yang berasal dari pohon atau bunga yang berbeda dimana serbuk sari jatuh pada putiknya tetapi masih termasuk satu spesies tumbuhan yang sama. Hasil keturunan yang dilakukan melalui penyerbukan silang tersebut memang lebih bervariasi. Adapun contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan silang yaitu bunga merah, putih atau merah muda yang dihasilkan oleh bunga putih dengan bunga merah. Meskipun berbeda pohon namun dua buah bunga ini terjadi penyerbukan silang tersebut.

Penyerbukan Bastar (Hibridogami)
Pengertian penyerbukan bastar ialah terjadinya penyerbukan ketika bunga yang berbeda menjatuhkan serbuk sarinya pada putik pohon berbeda, tetapi beda spesies tumbuhannya.

Macam Macam Penyerbukan Menurut Perantaranya

Selain jenis jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari di atas. Selanjutnya saya akan membagikan jenis jenis dari penyerbukan ini menurut perantaranya. Penyerbukan ini terdiri dari penyerbukan oleh air, penyerbukan oleh manusia, penyerbukan oleh hewan dan penyerbukan oleh angin. Berikut penjelasan selengkapnya:

Penyerbukan oleh Angin (Anemofili)
Penyerbukan oleh angin dilakukan oleh bunga yang biasanya mempunyai bunga dengan bentuk kurang menarik. Selain itu serbuk sari yang dimiliki oleh bunga tersebut cukup ringan dan banyak jumlahnya. Ringannya berat serbuk sari ini membuat serbuk sari dapat terbang dengan mudah menuju kepala putik. Untuk itulah penyerbukan dapat terjadi dengan bantuan angin. Adapun contoh penyerbukan oleh angin yaitu bunga jagung, rumput dan kelapa. Penyerbukan oleh bunga tersebut terjadi pada bunga yang ciri cirinya berupa:
  • Tidak memiliki kelenjar madu.
  • Tidak memiliki warna pada bunganya.
  • Berat yang dimiliki serbuk sari cukup ringan.
  • Serbuk sarinya memiliki jumlah yang banyak.
  • Besar ukuran kepala sari.
  • Panjang tangkai sarinya.
  • Putiknya memiliki bentuk panjang, berbulu dan terentang keluar.

Penyerbukan oleh Hewan (Zoodiofili)
Macam macam penyerbukan berdasarkan perantara selanjutnya yaitu penyerbukan oleh hewan. Hewan yang membantu penyerbukan tumbuhan ini pada umumnya bentuk yang dimiliki cukup menarik. Menariknya bentuk bunga ini akan membuat hewan dapat tertarik untuk hinggap pada bunga tersebut. Awal penyerbukan oleh hewan pada sebuah bunga terjadi ketika serbuk sari menempel pada bunga saat hewan tadi hinggap. Kaki hewan tersebut ditempeli serbuk sari dan mulai dibawa pada kepala putik hingga proses penyerbukan dapat terjadi. Adapun contoh hewan yang membantu penyerbukan yaitu siput, kelelawar, serangga (lebah, kupu kupu) dan burung. Penyerbukan oleh hewan tersebut terjadi pada bunga yang ciri cirinya berupa:
  • Memiliki daya tarik yang berupa bunga berwarna warni.
  • Bau bunganya harum.
  • Memiliki kelenjar madu
  • Dapat membuat tubuh hewan melekat karena serbuk sari memiliki lendir.
  • Putik berlendir dan tersembunyi.

Penyerbukan oleh Air (Hidrofili)
Jenis jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya selanjutnya yaitu penyerbukan oleh air. Terjadinya penyerbukan pada tumbuhan ini berlangsung ketika terendamnya bunga tersebut dalam air. Menempelnya serbuk sari ke kepala sari ini dibawa oleh air setelah cukup matang sehingga kepala putik dapat ditempel oleh serbuk dari itu. Adapun contoh penyerbukan oleh air yaitu Hydrilla.

Penyerbukan oleh Manusia (Antrofili)
Macam macam penyerbukan berdasarkan perantara selanjutnya yaitu penyerbukan oleh manusia. Adapun contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan ini yaitu bunga vanili dan salak. Alat perkembangbiakan pada bunga vanili dan salak tersebut dapat berupa bunga betina dan bunga jantan, namun secara terpisah tumbuhnya. Penyerbukan ini dapat dilakukan dengan cara secara penuh bunga jantan ditaruh serbuk sarinya hingga nantinya buah dari tumbuhan tersebut dapat dihasilkan.

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam penyerbukan beserta contoh penyerbukan lengkap. Pengertian penyerbukan ialah proses pada serbuk sari yang jatuh pada kepala putik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Macam Macam Penyerbukan Beserta Contoh Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel