Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal

Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal - Dalam pelajaran Matematika terdapat pembahasan mengenai materi pecahan. Apakah anda tahu bagaimana cara menyederhanakan bilangan pecahan itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal menyederhanakan pecahan itu? Pengertian pecahan secara umum ialah bentuk Matematika yang memiliki penyebut dan pembilang di dalamnya. Pecahan tersebut terkadang memiliki nilai pembilang dan penyebut yang besar. Misalnya 70/90. Apabila nilai pembilang dan penyebutnya besar, maka nantinya cara menghitung pecahan tersebut akan lebih sulit diselesaikan, baik berbentuk operasi pengurangan, pembagian, penjumlahan ataupun perkalian. Maka dari itu persoalan operasi pecahan ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan cara menyederhanakan bentuk pecahan tersebut.

Apakah anda tahu bagaimana cara menyederhanakan pecahan itu? Bagaimana bentuk contoh soal menyederhanakan pecahan itu? Pecahan sederhana merupakan bentuk pecahan yang paling kecil, dimana pembilang dan penyebutnya memiliki FPB berupa satu (1). Pecahan tersebut pada dasarnya dapat disederhanakan bentuknya menjadi paling sederhana menggunakan beberapa cara. Cara yang paling efektif untuk menyederhanakan bentuk pecahan tersebut ialah dengan menggunakan FPB. Untuk itu pembilang dan penyebutnya dicari nilai FPB terlebih dahulu. Kemudian disederhanakan dengan nilai FPB tadi. Meski lebih efektif namun proses yang diperlukan untuk mencari FPB tersebut memang tergolong lebih lama apabila angka dalam soal soal pecahan tadi cukup besar.

Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Menyederhanakan Bentuk Pecahan

Selain menggunakan FPB sebenarnya kita juga dapat menggunakan cara lainnya. Cara menyederhanakan bentuk pecahan tersebut seperti menggunakan pembagian secara terus menerus dan sebagainya. Pecahan sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu pecahan biasa dan pecahan campuran. Adapun contoh pecahan biasanya seperti 2/3 dan contoh pecahan campurannya yaitu 2 1/2. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menyederhanakan pecahan beserta contoh soal menyederhanakan pecahan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal

Pecahan dalam Matematika merupakan bentuk bilangan yang terbentuk dari adanya pembilang dan penyebut. Pembilang tersebut letaknya di atas dan penyebut letaknya ada dibawah. Pecahan dapat dioperasikan dalam bentuk penjumlahan, pengurangan, pembagian ataupun perkalian. Agar operasi tersebut dapat diselesaikan dengan mudah, maka pecahan ini harus disederhanakan terlebih dahulu. Untuk menyederhanakan bilangan pecahan tersebut pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa cara.

Cara menyederhanakan pecahan dapat dilakukan menggunakan FPB, pembagian secara terus menerus, menyederhanakan pecahan tidak biasa maupun pecahan campuran. Apakah anda tahu bagaimana bentuk contoh soal menyederhaakan pecahan itu? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara menyederhanakan bentuk pecahan biasa dan campuran yaitu sebagai berikut:

Menyederhanakan Pecahan Dengan FPB

Pecahan pada dasarnya dapat disederhanakan menggunakan FPB. Dengan FPB ini, maka pecahan yang diperoleh akan lebih sederhana tanpa harus membaginya secara berulang. Cara ini digunakan untuk jenis pecahan biasa, dimana nilai pembilangnya lebih kecil dibandingkan penyebutnya. Agar anda lebih paham mengenai cara ini, maka saya akan membagikan contoh soal penyederhanaan pecahan biasa tersebut. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Sederhanakan pecahan 24/32?

Jawab.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menghitung FPB dari 24 dan 32 terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:
Faktor 24 ialah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24
Faktor 32 ialah 1, 2, 4, 8, 16, 32
FPB dari 24 dan 32 ialah 8

Cara menyederhanakan pecahan biasa selanjutnya yaitu membagi pembilang dan penyebutnya dengan FPB tersebut. Adapun caranya yaitu:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Jadi bentuk sederhana dari 24/32 ialah 3/4.

2. Sederhanakan pecahan 45/90?

Jawab.
Faktor dari 45 ialah 1, 3, 5, 9, 15, 45
Faktor dari 90 ialah 1, 2, 3, 5, 6, 9, 10, 15, 18, 30, 45, 90
FPB dari 45 dan 90 ialah 45

Maka bentuk pecahannya menjadi:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Jadi bentuk sederhana dari 45/90 ialah 1/2.

Menyederhanakan Pecahan Dengan Membaginya Terus Menerus

Cara menyederhanakan pecahan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara membaginya secara terus menerus. Perhitungan pecahan menjadi sederhana dapat dilakukan dengan cepat menggunakan pembagian secara terus menerus. Untuk itu pembilang dan penyebut pecahannya dibagi dengan angka yang sama secara terus menerus sampai ditemukan bilangan yang paling sederhana. Cara ini berlaku untuk jenis pecahan biasa. Agar anda lebih paham mengenai cara tersebut, maka perhatikan contoh soal menyederhanakan pecahan seperti di bawah ini.

1. Sederhanakan pecahan 60/90?

Jawab.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka 10 terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Karena bentuk pecahannya masih belum sederhana, maka pembilang dan penyebutnya dibagi dengan 3 lagi. Untuk itu hasilnya akan menjadi:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Jadi bentuk sederhana dari pecahan 60/90 ialah 2/3.

2. Sederhanakan pecahan 75/95?

Jawab.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka 5 terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi:
Jadi bentuk sederhana dari pecahan 75/95 ialah 15/19.

Menyederhanakan Pecahan Campuran

Cara menyederhanakan pecahan selanjutnya ditujukan untuk kategori pecahan campuran. Penyederhanaan pecahan campuran pada dasarnya hampir sama dengan penyederhanaan pecahan biasa. Namun sebelumnya pecahan ini harus dipisahkan terlebih dahulu antara nilai pecahan dengan nilai bulatnya. Agar anda lebih paham mengenai cara ini, maka perhatikan contoh soal menyederhanakan pecahan seperti di bawah ini:

Sederhanakan pecahan dari 2 40/64?

Jawab.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memisahkan nilai bulat dengan nilai pecahannya terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Setelah itu mencari FPB pembilang dan penyebut pecahannya. FPB dari 40 dan 64 ialah 8. Maka pecahan tersebut masing masing penyebut dan pembilangnya dibagi dengan 8. Sehingga:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Langkah terakhir yaitu menyatukan nilai bulat dan nilai pecahan yang telah disederhanakan tadi. Maka hasilnya akan menjadi:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Jadi bentuk sederhana dari 2 40/60 ialah 2 5/8.

Menyederhanakan Pecahan Tidak Biasa

Cara menyederhanakan pecahan selanjutnya ditujukan untuk kategori pecahan tidak biasa. Pecahan tidak biasa ialah pecahan yang penyebutnya memiliki lebih kecil atau sama dengan nilai pembilangnya (penyebut ≤ pembilang). Pecahan tidak biasa tersebut dapat disederhanakan dengan cara mengubahnya menjadi bentuk pecahan campuran terlebih dahulu. Setelah itu pecahannya baru disederhanakan. Adapun contoh soal menyederhanakan pecahan tidak biasa yaitu sebagai berikut:

Sederhanakan pecahan 86/16?

Jawab.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengubah pecahan tidak biasa ini menjadi pecahan campuran terlebih dahulu. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Setelah itu pisahkan nilai bulat dan nilai pecahan pada pecahan campuran tersebut. Kemudian sederhanakan nilai pecahannya. Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti berikut:
Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal
Jadi bentuk sederhana dari 86/16 ialah 5 3/8.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyederhanakan pecahan beserta contoh soal menyederhanakan pecahan. Menyederhanakan pecahan ialah membuat pecahan menjadi bentuk yang paling sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Cara Menyederhanakan Pecahan Beserta Contoh Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel