Tokoh Kebangkitan Nasional Beserta Peran Terlengkap

Tokoh Kebangkitan Nasional Beserta Peran Terlengkap - Indonesia meraih kemerdekaan dengan jasa jasa para pejuang sebelumnya. Para pahlawan Nasional mengorbankan hidupnya dan keluarganya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pahlawan pahlawan penting yang terlibat dapat peristiwa bersejarah di Indonesia memang sangat banyak. Seperti halnya tokoh perintis kebangkitan Nasional yang memperjuangkan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Apa saja peran tokoh pahlawan kebangkitan Nasional itu? Hari Kebangkitan Nasional merupakan salah satu peristiwa penting selain adanya peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia. Indonesia memperoleh kontribusi besar terhadap perjuangan para pahlawan pada Hari Kebangkitan Nasional tersebut.

Apakah anda tahu siapa saja tokoh kebangkitan Nasional itu? Apa saja peran perintis kebangkitan Nasional itu? Hari kebangkitan Nasional diperingati dengan semangat kebangkitan Nasional yang terdapat dalam diri setiap orang. Lahirnya semangat ini telah ada sejak tahun 1908. Peristiwa kebangkitan Nasional tersebut merupakan awal terciptanya semangat dan rasa persatuan, Nasionalisme, kesatuan serta kesadaran untuk memperjuangkan Indonesia. Kebangkitan Nasional dimulai pada tahun 1908 sampai tahun 1945 ketika Indonesia merdeka. Hari Kebangkitan Nasional ini merupakan momen yang bersejarah dan sangat penting karena kesadaran Nasional mulai tumbuh sehingga tercipta rasa bangga menjadi bangsa Indonesia.
Tokoh Pelopor Kebangkitan Nasional
Kebangkitan Nasional merupakan peristiwa penting yang menjadi tanda bermulanya organisasi Budi Utomo mulai berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Kebangkitan Nasional juga dijadikan tanda adanya semangat pemuda yang telah ada sejak Sumpah Pemuda 28 Oktoner 1928 mulai diikrarkan. Bahkan Hari Kebangkitan Nasional ini dijadikan tanda adanya semangat Nasionalisme terhadap bangsa Indonesia yang meningkat. Momen bersejarah ini telah memaparkan pentingnya kesatuan dan persatuan yang utama dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tokoh kebangkitan Nasional beserta peran tokoh perintis kebangkitan Nasional terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tokoh Kebangkitan Nasional Beserta Peran Terlengkap

Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei. Peringatan hari istimewa ini telah ada sejak tahun 1959 sesuai dengan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Apakah anda tahu siapa saja tokoh pahlawan kebangkitan Nasional itu? Tokoh tokoh tersebut tentunya memiliki peran yang sangat besar pada kebangkitan Nasional untuk sampai memperoleh kemerdekaan Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa perintis kebangkitan Nasional merupakan peristiwa saat Dr. Sutomo dan dua mahasiswa lainnya mendirikan organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Selain Dr. Sutomo sebenarnya masih adapula tokoh lainnya yang berperan dalam kebangkitan Nasional.
Baca juga : Perbedaan Antara Negara Maju dan Negara Berkembang Terlengkap
Hari Kebangkitan Nasional tercipta demi memperingati perjuangan para pahlawan untuk dapat mencapai kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan tersebut memiliki perannya masing masing untuk dapat memperjuangkan Indonesia. Di bawah ini terdapat beberapa tokoh kebangkitan Nasional beserta peran tokoh perintis kebangkitan Nasional. Berikut penjelasan selengkapnya:

Dr. Sutomo
Tokoh Pahlawan Kebangkitan Nasional yang pertama yaitu Dr. Sutomo. Tokoh tersebut sudah dikenal sejak masa pergerakan Nasional. Dr. Sutomo memiliki tekad yang berapi api untuk memperjuangkan Indonesia serta melakukan gerak nyata demi membuat masyarakat Indonesia memiliki semangat yang tinggi. Dr. Sutomo ialah tokoh Pergerakan Nasional yang sangat penting pada tahun 1908 sebagai pencetus berdirinya organisasi Budi Utomo. Dr. Sutomo berbeda dengan pahlawan Bung Tomo. Dr. Sutomo merupakan tokoh pendiri organisasi Budi Utomo. Sedangkan Bung Tomo merupakan tokoh pejuang beserta arek arek Surabaya yang berhasil mengusir NICA. 

Soekarno
Tokoh pada Kebangkitan Nasional selanjutnya yaitu Soekarno. Soekarno dikenal sebagai Bapak Bangsa. Hal ini dikarenakan peran tokoh perintis kebangkitan Nasional ini sangat berkontribusi pada pencapaian kemerdekaan Indonesia. Bahkan Ir. Soekarno terkenal sebagai orang handal yang dapat membangkitkan rasa Nasionalisme, semangat kesatuan dan persatuan.

Dr. Cipto Mangunkusumo
Tokoh kebangkitan Nasional selanjutnya ialah Dr. Cipto Mangunkusumo. Dr. Cipto Mangunkusumo sering menyampaikan kritik, pendapat dan pandangannya kepada pemerintah Belanda yang terdapat di Indonesia. Beliau menjadi salah satu pelopor terbentuknya organisasi Indische Partij dan bahkan pernah belajar di STOVIA. 

Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara memiliki nama asli yaitu Suwardi Suryaningrat. Beliau telah berkiprah dalam dunia pendidikan di Indonesia. Peran tokoh perintis kebangkitan Nasional ini dapat terlihat pada kontribusinya dalam pendirian Taman Siswa. Lembaga ini didirikan agar kesempatan belajar yang layak dapat diperoleh masyarakat Indonesia. Untuk itulah Ki Hajar Dewantara terkenal sebagai seorang politisi. Beliau bahkan ikut berperan serta dalam pendirian organisasi Indische Partij.
Baca juga : Materi Delegasi, Pengertian, Unsur, Jenis dan Contoh Delegasi
Douwes Dekker
Tokoh pahlawan kebangkitan Nasional selanjutnya ialah Douwes Dekker. Douwes Dekker memiliki nama asli yaitu Danudirja Setiabudi. Beliau merupakan pendiri organisasi Indische Partij bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Dr. Cipto Mangunkusumo. Ketiga tokoh tersebut terkenal dengan gelar Tiga Serangkai. Douwes Dekker memiliki kontribusi dalam bidang aktivis dan politik. Bahkan beliau juga sebagai pencetus dari nama Nusantara di Indonesia. 

Faktor Pendorong Kebangkitan Nasional

Setelah membahas tentang tokoh kebangkitan Nasional, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang faktor yang mendorong kebangkitan Nasional. Di bawah ini terdapat beberapa latar belakang kebangkitan Nasional yaitu meliputi:

Faktor Internal
  • Semakin banyak kaum yang pandai dan cerdik.
  • Rakyat mengalami perlakukan penindasan, penderitaan dan diskriminatif.
  • Terdapat pengaruh politik balas budi atau politik etis.
  • Kenangan saat meraih kejayaan di masa lalu seperti kejayaan pada masa kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit.
Fakor Eksternal
  • Rusia yang kalah melawan Jepang pada tahun 1905. Hal ini menimbulkan keberanian bangsa Asia melawan bangsa barat.
  • Masuknya paham baru ke Indonesia seperti paham dari Amerika dan Eropa seperti Sosialisme, Demokrasi, Nasionalisme, maupun Liberialisme.
  • Munculnya gerakan Turki Muda, Gerakan Gandhisme, ataupun All Indian National Congres 1885.

Pahlawan Kebangkitan Nasional Sebelum Tahun 1908

Sebelum tokoh kebangkitan Nasional 1908 tersebut. Adapula tokoh perintis kebangkitan Nasional sebelum tahun 1908. Sebelum terjadinya peristiwa kebangkitan Nasional sebenarnya masih ada para pahlawan lainnya yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di bawah ini terdapat beberapa pahlawan kebangkitan Nasional sebelum tahun 1908 yaitu meliputi:
  • Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sultan Hasanuddin
  • Pangeran Diponegoro
  • Kapitan Pattimura
  • I Gusti Ketut Jelantik
Demikianlah penjelasan mengenai tokoh kebangkitan Nasional beserta peran tokoh perintis kebangkitan Nasional terlengkap. Kebangkitan Nasional ialah peristiwa penting yang menjadi tanda bermulanya organisasi Budi Utomo mulai berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Tokoh Kebangkitan Nasional Beserta Peran Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel