Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh Lengkap

Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh Lengkap - Siapa yang tidak kenal dengan limbah? Limbah atau sampah selalu ada di lingkungan sekitar hingga menyebabkan lingkungan tersebut menjadi pusat bakteri penyakit, bau dan kotor. Namun apakah anda tahu bahwa limbah dapat diolah kembali menjadi barang yang lebih berguna? Pengolahan limbah kembali ini dinamakan dengan daur ulang. Limbah atau sampah pada umumnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Apa yang dimaksud limbah organik itu? Apa pengertian limbah anorganik? Apa saja contoh limbah organik? Apa saja contoh limbah anorganik? Kedua jenis sampah ini sebenarnya berbeda, mulai daei segi manfaat, bentuk hingga cara pengolahannya.

Selain itu pengertian limbah organik dan contoh limbah organik juga berbeda dengan pengertian limbah anorganik serta contoh limbah anorganik. Sampah organik yang telah mengalami pembusukan dapat digunakan untuk pupuk alami. Dengan kebitu kesuburan tanah dalam lingkungan tersebut dapat lebih meningkat. Penguraian limbah tersebut dapat dilakukan oleh bakteri hingga dapat berubah menjadi pupuk alami untuk tanah. Pupuk ini biasanya dinamakan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang berdasarkan sumber limbahnya. Selain itu sampah anorganik juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dapat diolah dengan baik. Misalnya pendaur ulangan kertas dan kardus dengan nilai jual yang tinggi sebagai karya seni.
Limbah Organik dan Anorganik
Tidak hanya limbah organik saja yang bermanfaat bagi manusia. Adapula jenis limbah yang sulit terurai yaitu limbah anorganik. Limbah ini dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya lagi menjadi produk baru. Pendaur ulangan limbah anorganik membutuhkan daya kreativitas yang tinggi. Misalnya saja pendaur ulangan plastik menjadi meja, mainan, kursi dan sebagainya. Adapula pendaur ulangan kaca menjadi pelapis dari perabot rumah tangga dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian limbah organik, pengertian limbah anorganik, contoh limbah organik dan contoh limbah anorganik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh Lengkap

Pengertian limbah secara umum ialah hasil proses produksi yang dibuang, baik produksi rumah tangga ataupun produksi Industri. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sampah dapat dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampak anorganik. Apa yang dimaksud limbah organik itu? Apa pengertian limbah anorganik? Apa saja contoh limbah organik? Apa saja contoh limbah anorganik? Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa juga diajarkan mengenai materi limbah. Materi limbah ini diperkenalkan kepada para siswa dalam ilmu pengetahuan alam atau sains.
Baca juga : Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi dan Gambarnya
Limbah atau sampah tersebut seiring bertambahnya zaman akan terus ada dan bahkan akan terus bertambah. Jika limbah ini tidak diolah dengan baik, maka bisa saja sampah tersebut akan terus bertambah dan menyebabkan berbagai bencana. Pengolahan limbah yang benar merupakan salah satu bentuk rasa cinta kita kepada lingkungan. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui definisi limbah organik dan anorganik terlebih dahulu. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian limbah organik, pengertian limbah anorganik, contoh limbah organik dan contoh limbah anorganik yaitu sebagai berikut:

Limbah Organik

Limbah organik dapat diartikan sebagai jenis limbah yang dapat diuraikan oleh bakteri lagi. Limbah ini secara umum dapat berasal dari aktivitas tumbuhan, manusia dan hewan. Sampah organik atau limbah organik dapat diolah kembali menjadi beberapa macam. Daur ulang limbah ini dapat berbentuk sumber gas untuk memasak yang asalnya dari limbah kotoran manusia atau hewan. Gas tadi nantinya dapat menjadi sumber energi alternatif untuk keperluan rumah tangga seperti memasak. Adapula limbah organik yang didaur ulang menjadi kompos atau pupuk untuk merawat tanaman sehingga lebih subur. Pupuk jenis ini memang lebih terbukti keakuratannya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh sampah anorganik yaitu sebagai berikut:
  • Kulit Telur
  • Dedaunan
  • Kotoran Manusia
  • Tulang Hewan
  • Kulit Pohon
  • Sisa Sayuran
  • Kotoran Hewan dan masih banyak lagi
Baca juga : Urutan Lapisan Matahari Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Limbah Anorganik

Setelah menjelaskan tentang pengertian limbah organik dan contoh limbah organik di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian limbah anorganik dan contoh limbah anorganik. Limbah anorganik dapat diartikan sebagai sampah atau limbah sisa yang tidak bisa diuraikan oleh dekomposer (bakteri) lagi. Limbah anorganik dapat berupa sampah kantong plastik, sisa kain, sisa sabun cuci, limbah minyak, hasil pabrik, sampah logam dan sampah botol plastik. Contoh sampah anorganik ini dapat di recycle atau daur ulang menjadi produk baru yang bermanfaat. Misalnya saja pemanfaatan botol plastik kembali untuk dijadikan berbagai jenis kerajinan tangan seperti peralatan rumah tangga, hiasan dinding dan sebagainya.

Kemudian adapula limbah logam sisa yang dapat didaur ulang lagi menjadi peralatan lainnya melalui peleburan kembali. Namun jenis jenis limbah anorganik ini tidak semuanya dapat didaur ulang. Contoh sampah anorganik yang tidak dapat didaur ulang ialah sampah dari pabrik. Sampah atau limbah pabrik ini dapat berbentuk cair, gas, partikel dan padat. Sampai sekarang ini limbah anorganik pabrik masih menjadi penyebab pencemaran lingkungan, seperti limbah yang berbentuk cair maupun gas. Limbah gas ini dapat membuat atmosfer bumi menjadi semakin rusak dan mencemari berbagai jenis spesies di udara.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian limbah organik, pengertian limbah anorganik, contoh limbah organik dan contoh limbah anorganik. Limbah ialah hasil proses produksi yang dibuang, baik produksi rumah tangga ataupun produksi Industri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel