Sifat Bayangan Cermin Datar, Cekung dan Cembung Lengkap

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cekung dan Cembung Lengkap - Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan mengenai materi cermin. Pengertian cermin ialah sebuah permukaan yang memiliki tekstur licin dan dapat memantulkan bayangan secara sempurna pada benda. Cermin pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis cermin ini dapat berupa cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Apakah anda tahu sifat bayangan pada cermin datar? Apa sifat bayangan cermin cekung? Apa sifat bayangan cermin cembung? Cermin ini pada dasarnya digunakan oleh Manusia. Penerapan ketiga macam cermin tersebut sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari seperti cermin untuk berias, cermin spion dan sebagainya.

Sebelum mengetahui sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung ini, anda harus mengetahui tentang pengertian ketiga jenis cermin tersebut. Cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung pada umumnya memiliki tekstur dan bentuk bayangan yang berbeda beda. Pengertian cermin secara umum ialah suatu benda dengan permukaan yang digunakan untuk memantulkan bayangan.

Bagi kita, pemanfaatan cermin untuk semua aspek kehidupan pasti sangat familiar. Misalnya saja cermin yang dipakai untuk berdandan, reflektor pada kaca spion, dan lain sebagainya. Jenis cermin yang digunakan ini merupakan cermin datar. Cermin telah dikenal manusia sejak 8.000 tahun yang lalu. Pada awalnya cermin ini berasal dari bebatuan alam yang mengkilap. Setelah itu cermin mulai dikembangkan lebih luas hingga terbagi menjadi beberapa jenis seperti cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cekung dan Cembung Lengkap

Pembuatan cermin pada dasarnya untuk merefleksikan bayangan dan sebagai reflektor atau memantulkan cahaya. Cermin tersebut memiliki sisi melengkung secara cekung atau cembung. Dari pembuatan sisi inilah yang membuat cermin dapat berupa cermin cembung ataupun cermin cekung. Kedua jenis cermin ini memiliki bentuk sisi dan bentuk bayangan yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung lengkap.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa pengertian cermin dalam ilmu Fisika ialah suatu benda dengan permukaan yang digunakan untuk memantulkan bayangan. Cermin ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Setiap jenis cermin memiliki sifat bayangan yang berbeda beda. Sebagian orang menganggap bahwa cermin ialah lensa. Namun kenyataannya cermin ini tidak dapat disamakan dengan lensa. Hal ini dikarenakan cermin memiliki sisi muka yang digunakan untuk memantulkan cahaya dan sisi belakang yang tidak dapat dilewati oleh cahaya.
Baca juga : Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap
Pada awalnya pembuatan cermin berasal dari lembaran atau kepingan logam yang mengkilap seperti tembaga atau logam perak. Cermin ini dapat digunakan untuk memantulkan bayangan benda yang kembali. Selain itu cermin ini juga dapat berguna untuk membuat cahaya terfokus. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung lengkap. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cermin Datar

Pengertian cermin datar ialah cermin yang mempunyai permukaan datar berbentuk garis lurus. Cermin datar memiliki bentuk bayangan benda dengan ukuran lebar dan panjang yang sama dengan benda aslinya secara persis. Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan cerminnya. Bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bayangan maya (semu) dan bayangan nyata. Terjadinya bayangan nyata disebabkan oleh pantulan sinar sinar yang saling berpotongan. Sedangkan terjadinya bayangan maya (semu) disebabkan oleh sinar pantul yang memanjang dan berpotongan.
Pembentukan Bayangan Cermin Datar
Dari gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa bayangan yang dibentuk oleh cermin datar pada umumnya sama seperti benda aslinya. Di bawah ini terdapat sifat bayangan cermin datar yaitu sebagai berikut:
  • Bayangan memiliki sifat maya karena letaknya di dalam cermin.
  • Tinggi bayangan sama dengan tinggi objek aslinya.
  • Ukuran bayangan sama dengan ukuran objek aslinya.
  • Bayangan memiliki sifat tegak, sehingga tubuhnya tidak terlihat terbalik
  • Bayangan memiliki sifat terbalik, sehingga bagian objek sebelah kiri dapat terlihat seperti bagian kanan dan sebaliknya.
  • Jarak bayangan memiliki jarak yang sama dengan jarak benda aslinya.
Baca juga : Rumus Percepatan Beserta Cara Menghitungnya dan Contoh Soal

Cermin Cekung

Pengertian cermin cekung ialah cermin yang memiliki bentuk permukaan berupa lengkungan atau cekungan ke bagian dalam secara teratur. Permukaan cermin cekung ini hampir sama dengan permukaan pada bola. Cermin ini memiliki bagian tengah yang jaraknya lebih jauh menuju benda, jika dibandingkan dengan tepi atau sisi cermin. Kelengkungan cermin tersebut memiliki pusat berupa titik imajiner dengan jarak yang sama dengan masing masing titik permukaan di cermin cekung ini. Penggunaan cermin cekung ini terdapat dalam lampu kendaraan sehingga hasil pantulan cahaya lampu dapat menyebar sehingga tidak bertumpu di satu titik saja. Penggunaan cermin cekung juga terdapat dalam senter.
Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung
Sifat bayangan cermin cekung pada dasarnya berbeda dengan sifat bayangan cermin datar. Cermin cekung memiliki beberapa sifat di dalamnya seperti:
  • Jika peletakkan objek lebih besar dibandingkan titik fokus cermin maka bayangan yang dihasilkan bersifat nyata, tegak, terbalik dan diperkecil.
  • Jika peletakkan objek diantara titik fokus cermin maka bayangan yang dihasilkan bersifat nyata, tegak, terbalik dan diperkecil.
Selain sifat sifat cermin cekung di atas, adapula sifat lainnya seperti:
  • Ruang bayangan dan benda dapat berjumlah 5 buah.
  • Apabila ruang bayangan > ruang benda maka akan diperbesar.
  • Apabila ruang bayangan < ruang benda maka akan diperkecil.
  • Apabila letak bayangan diruang 4, maka dapat bersifat tegak dan maya.

Cermin Cembung

Pengertian cermin cembung ialah jenis cermin yang mempunyai bentuk permukaan melengkung ke arah luar. Cermin ini memiliki bagian tengah yang jaraknya lebih dekat menuju benda dibandingkan tepiannya. Pusat kelengkungan pada cermin cembung dapat berupa titik imajiner yang jaraknya sama dengan masing masing titik permukaan di cermin tersebut. Sifat bayangan cermin datar dan cekung pada dasarnya berbeda dengan cermin cembung. Di bawah ini terdapat sifat sifat bayangan cermin cembung yaitu sebagai berikut:
  • Bayangan bersifat maya.
  • Bayangan bersifat tegak.
  • Bayangan bersifat diperkecil.
Demikianlah penjelasan mengenai sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung lengkap. Cermin ialah suatu benda dengan permukaan yang digunakan untuk memantulkan bayangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Sifat Bayangan Cermin Datar, Cekung dan Cembung Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel