Contoh Soal Momentum dan Impuls Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Momentum dan Impuls Beserta Pembahasannya - Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan mengenai materi momentum dan impuls. Apa pengertian momentum itu? Apa pengertian impuls? Bagimana rumus momentum? Bagaimana rumus impuls? Bagaimana cara menghitung momentum? Bagaimana cara menghitung contoh soal impuls itu? Gerakan benda akan semakin cepat karena adanya percepatan yang diawali dengan gaya yang bernama gaya impulsif. Selang waktu bekerjanya gaya impulsif yang dikalikan dengan gaya impulsif itu sendiri dapat dinamakan dengan besaran impuls. Kemudian benda dapat diberhentikan dengan mengukur kesukarannya dapat disebut sebagai momentum. Rumus dari momentum ini dapat berupa perkalian antara kecepatan dengan massanya.

Satuan impuls dalam SI dapat berupa kg.m/s. Kemudian untuk satuan momentum dalam SI juga berupa kg.m/s. Berdasarkan pernyataan ini tentunya impuls dan momentum dapat dinyatakan sebagai besaran setara, dikarenakan satuan dimensinya sama. Contoh soal momentum dan impuls juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran ketika di bangku sekolah. Meski satuannya sama, namun cara mengerjakan contoh soal impuls tentunya berbeda dengan momentum. Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa diajarkan tentang materi momentum dan impuls yang mencakup pembahasan mengenai pengertian momentum, pengertian impuls, rumus momentum maupun rumus impuls. Selain itu para siswa juga diajarkan mengenai cara menghitung momentum maupun cara menghitung impuls.
Hubungan Momentum dan Impuls
Momentum dan impuls pada dasarnya memiliki persamaan dan perbedaan di dalamnya. Perbedaan momentum dan impuls ini dapat terlihat dari pengertian momentum, pengertian impuls, rumus momentum, rumus impuls, cara mengerjakan contoh soal impuls maupun cara menghitung momentum. Kemudian untuk persamaan momentum dan impuls ini terletak pada bentuk satuan SI yang digunakan, karena satuan dimensinya sama. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal momentum dan impuls beserta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Momentum dan Impuls Beserta Pembahasannya

Konsep momentum dan impuls pada dasarnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Contohnya saja cedera yang dialami seorang atlet dapat diringankan ketika sedang bertanding menggunakan konsep momentum dan impuls itu. Kemudian ada lagi desain mobil untuk mengurangi angka kematian dalam faktor keselamatan yang juga menggunakan konsep impuls dan momentum. Menarik bukan? Untuk itulah materi momentum dan impuls ini sangat penting untuk dipelajari dengan baik oleh para siswa.
Baca juga : Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap
Materi pembahasan mengenai momentum dan impuls yang dibahas ini mencakup beberapa hal seperti pengertian momentum, pengertian impuls, rumus momentum, rumus impuls, cara menghitung momentum, dan cara menghitung contoh soal impuls. Contoh soal momentum dan impuls ini memiliki konsep pengerjaan yang berbeda, meskipun satuan SI yang digunakan sama, Hal ini dikarenakan rumus antara kedua besaran ini berbeda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Impuls

Apa yang dimaksud impuls itu? Impuls dapat diartikan sebagai gaya yang membuat benda diam menjadi bergerak. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa impuls dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Untuk itu impuls ini dapat dijumpai dalam beberapa peristiwa. Contoh impuls yang dijumpai dapat beberapa kejadian seperti:
  • Gerakan bola golf yang disebabkan oleh pukulan stick golf.
  • Tendangan bola yang menyebabkan bola menjadi menggelinding,
  • Pemukulan bola tenis yang menyebabkan bola bergerak. 
Dari contoh di atas terdapat gaya kontak yang bekerja pada bola golf, bola sepak dan bola tenis dalam waktu singkat. Inilah yang disebut dengan gaya impulsif. Sebelum membagikan contoh soal momentum dan impuls tersebut, saya akan menjelaskan tentang rumus impuls terlebih dahulu. Impuls memiliki rumus seperti di bawah ini:
I = F . Δt
Keterangan :
I = Impuls (Ns)
F = Gaya impulsif (N)
Δt = Perubahan waktu (s)
Baca juga : Rumus Gaya Gesek Beserta Contoh Soal dan Pembahasan

Momentum

Setelah menjelaskan tentang rumus dan pengertian impuls di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian momentum dan rumusnya. Sebuah benda dapat dihentikan menggunakan tingkat kesukaran yang dinamakan dengan momentum. Untuk itu momentum dapat diartikan sebagai ukuran kesukaran pada sebuah benda untuk menghentikannya. Di bawah ini terdapat rumus momentum yaitu sebagai berikut:
P = m . v
Keterangan:
P = Momentum (kg m/s)
m = Massa (kg)
v = Kecepatan (m/s)

Contoh Soal Momentum dan Impuls

Setelah menjelaskan tentang pengertian momentum, pengertian impuls, rumus momentum dan rumus impuls di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal impuls dan momentum. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Dalam waktu 0,1 sekon terdapat gaya yang bekerja pada pemukulan bola dengan besar 75 Newton. Hitunglah besar impulsnya?

Pembahasan.
Diketahui : Δt = 0,1 s; F = 75 N
Ditanyakan : I = ?
Jawab :
I = F . Δt
  = 75 N . 0,1 s
  = 7,5 Ns
Jadi besar impuls tersebut ialah 7,5 Ns.

2. Massa sebuah mobil besarnya 800 kg dan melakukan gerakan yang kecepatannya 72 km/jam. Hitunglah momentum pada mobil tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : m = 800 kg; v = 72 km/jam = 20 m/s
Ditanyakan : P = ?
Jawab :
P = m . v
   = 800 . 20
   = 16.000 kg.m/s
Jadi besar momentum pada mobil tersebut ialah 16.000 kg.m/s.

3. Massa bola sepak yang menggelinding menuju arah timur ialah 250 gram dan memiliki kecepatan 5 m/s. Dalam waktu 0,1 sekon tersebut bola ditendang sehingga dalam arah yang sama kecepatannya menjadi 10 m/s. Hitunglah gaya pada bola yang diberikan oleh kaki penendang tadi?

Pembahasan.
Diketahui : m = 250 gr = 0,25 kg; vo = 5 m/s; Δt = 0,1 s; vt = 10 m/s
Ditanyakan : F = ?
Jawab :
Contoh soal momentum dan impuls ini dapat menerapkan konsep impuls sama dengan momentum yang berubah. Untuk itu secara sistematis dapat dinyatakan dalam bentuk seperti di bawah ini:
Impuls = perubahan momentum
          I = F.Δt
          I = m.vt - m.vo
     F.Δt = m.vt - m.vo
         F = m(vt - vo)Δt

Maka gayanya dapat dicari dengan langkah di bawah ini:
F = m(vt - vo)Δt
   = 0,25 (10 - 5)  0,1
   = 0,125 N
Jadi gaya pada bola yang diberikan oleh kaki penendang tadi ialah 0,125 N.

Demikianlah beberapa contoh soal momentum dan impuls beserta pembahasannya yang dapat saya bagikan. Momentum dan impuls merupakan besaran dalam Fisika yang saling berhubungan satu sama lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi momentum dan impuls di atas.

0 Response to "Contoh Soal Momentum dan Impuls Beserta Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel