Rumus Percepatan Beserta Cara Menghitungnya dan Contoh Soal

Rumus Percepatan Beserta Cara Menghitungnya dan Contoh Soal - Pada dasarnya konsep percepatan sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, baik disadari maupun tidak. Misalnya saja ketika kita akan berangkat kerja, maka tentunya harus naik alat transportasi yang kecepatan berjalannya tertentu. Alat transportasi ini berjalan dengan kecepatan cepat, kemudian lambat, cepat lagi dan melambat lagi. Hal inilah yang dinamakan dengan konsep percepatan. Ketika dibangku sekolah, para siswa juga diajarkan mengenai materi percepatan ini seperti cara menghitung percepatan dan contoh soal percepatan. Materi Fisika tersebut juga dijadikan sebagai bahan bahan soal ujian, baik ujian sekolah maupun ujian tengah semester.

Bagaimana cara menghitung percepatan itu? Apa pengertian percepatan itu? Bagaimana rumus percepatan itu? Bagaimana bentuk contoh soal percepatan itu? Materi percepatan ini berhubungan dengan kecepatan. Apa yang dimaksud kecepatan itu? Pengertian kecepatan ialah perubahan posisi pada setiap waktu. Percepatan ini memang memiliki hubungan yang erat dengan kecepatan. Jika kecepatan yang dimiliki oleh benda semakin tinggi, maka percepatannya juga semakin tinggi. Untuk itu terdapat perbandingan yang senilai diantara keduanya. Kecepatan benda dapat dinamakan dengan perlambatan. Apabila hasil perhitungannya memiliki nilai positif, maka dapat dinamakan percepatan. Sedangan jika hasil perhitungannya memiliki nilai negatif, maka dapat dinamakan perlambatan.
Grafik Percepatan
Ciri khas sederhana dari sebuah benda yang mengalami percepatan ialah nilai yang dihasilkan berupa positif. Akan tetapi jika nilainya negatif, maka benda tersebut mengalami perlambatan. Dari pembahasan ini tentunya anda telah memahami materi percepatan tersebut secara garis besar. Anda dapat melihat berbagai jenis penerapan percepatan dalam kehidupan sehari hari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian percepatan, rumus percepatan, cara menghitung percepatan dan contoh soal percepatan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Percepatan Beserta Cara Menghitungnya dan Contoh Soal

Percepatan dalam bahasa Inggris dapat disebut Acceleration. Pengertian percepatan ialah perubahan kecepatan pada benda yang penempuhannya setiap satuan waktu, mulai dari lambat sampai cepat. Percepatan dalam Fisika termasuk dalam besaran vektor. Hal ini dikarenakan percepatan mempunyai arah dan nilai. Simbol percepatan dalam hukum Fisika tersebut dapat ditulis dengan huruf a. Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung percepatan itu? Bagaimana bentuk contoh soal percepatan itu?
Percepatan dalam Fisika dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti percepatan sesaat dan percepatan rata rata. Secara umum percepatan memiliki rumus tertentu didalamnya. Namun adapula rumus lain pada setiap jenis percepatan yang tersedia. Di bawah ini terdapat rumus percepatan secara umum yaitu sebagai berikut:
Keterangan:
a = Percepatan Rata Rata (m/s²)
Δv = Perubahan Kecepatan (m/s)
Δt = Selang Waktu (s)
v1 = Kecepatan Awal (m/s)
v2 = Kecepatan Akhir (m/s)
t1 = Waktu Awal (s)
t2 = Waktu Akhir (s)

Sebuah benda dapat dikatakan memiliki percepatan jika nilai perhitungannya positif. Kemudian sebuah benda dapat dikatakan memiliki perlambatan jika nilai perhitungannya negatif. Percepatan memang memiliki nilai yang positif karena setiap waktu benda mengalami kecepatan yang bertambah. Untuk itu benda tersebut dinyatakan memiliki percepatan. Kemudian perlambatan memang memiliki nilai yang negatif karena setiap waktu benda mengalami kecepatan yang berkurang. Untuk itu benda tersebut dinyatakan memiliki perlambatan.

Rumus Percepatan Rata Rata

Setelah memahami tentang pengertian percepatan di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rumus pada jenis percepatan rata rata. Percepatan rata rata memiliki rumus seperti berikut:
Keterangan:
a = Percepatan Rata Rata (m/s²)
Δv = Perubahan Kecepatan (m/s)
Δt = Selang Waktu (s)

Rumus Percepatan Sesaat

Jenis percepatan selanjutnya ialah percepatan sesaat. Cara menghitung percepatan sesaat memiliki ketentuan yaitu waktu yang dibutuhkan haruslah singkat. Untuk itu selang waktu yang dimiliki memiliki nilai mendekati angka nol. Untuk itu percepatan sesaat memiliki rumus seperti di bawah ini:
Keterangan:
a = Percepatan Rata Rata (m/s²)
Δv = Perubahan Kecepatan (m/s)
Δt = Selang Waktu (s)
Baca juga : Rumus Gaya Gesek Beserta Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal Percepatan

Setelah menjelaskan tentang pengertian percepatan dan rumus di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal dan cara menghitung percepatan. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Kecepatan awal ketika mobil melaju sekitar 3 m/s. Kemudian mobil tersebut menambah kecepatannya menjadi 6 m/s ketika melaju selama 10 sekon. Hitunglah percepatan pada mobil tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : v1 = 3 m/s, v2 = 6 m/s, t1 = 0 s, t2 = 10 s
Ditanyakan : a̅ = ?
Jawab:
Untuk menyelesaikan soal tersebut, maka dapat menggunakan rumus percepatan seperti berikut:
Jadi percepatan mobil tersebut ialah 0,3 m/s².

2. Rina mengendarai sepeda dengan kecepatan 10,8 km/jam. Sepeda tersebut memiliki percepatan sekitar 1 m/s² dengan waktu 2 sekon ketika menanjak. Hitunglah percepatan akhir pada Rina?

Pembahasan.
Diketahui : v1 = 10,8 km/jam = 3 m/s, a = - 1 m²/s (mengalami perlambatan sehingga diberikan tanda negatif), t = 2 s
Ditanyakan : v2 = ?
Jawab:
  a = (v2 – v1)/t
v2 = v1 + at
     = 3 +(-1 x 2)
     = 1 m/s
     = 3,6 km/jam
Jadi percepatan akhir pada Rina ialah 3,6 km/jam.

3. Kecepatan awal gerakan pada motor ialah 12 m/s. Kemudian kecepatannya berubah menjadi 4 m/s ketika terdapat seekor kucing lewat dalam waktu 6 detik. Tentukan perlambatan pada motor tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : vo = 12 m/s, vt = 4 m/s, t = 6 s
Ditanyakan : a = ?
Jawab:
a = (vt - vo) / t
   = (4 - 12) / 6
   = -8 / 6
   = 1,33 m²/s
Jadi motor tersebut mengalami perlambatan sekitar 1,33 m²/s

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian percepatan, rumus percepatan, cara menghitung percepatan dan contoh soal percepatan. Percepatan ialah perubahan kecepatan pada benda yang penempuhannya setiap satuan waktu, mulai dari lambat sampai cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi percepatan di atas.

0 Response to "Rumus Percepatan Beserta Cara Menghitungnya dan Contoh Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel