Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap

Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap - Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering menjumpai contoh hukum newton, baik newton 1, newton 2 maupun newton 3. Misalnya saja ketika seseorang sedang mengendarai mobil. Mobil tersebut awalnya diam dan kemudian akan melakukan gerakan maju secara tiba tiba. Dari peristiwa ini akan terjadi gaya dorong ke arah belakang yang dialami oleh badan seseorang sehingga terjadi penerapan hukum newton di dalamnya. Selain itu adapula gaya dorong ke arah depan yang terjadi ketika mobil direm. Timbulnya kedua gaya ini merupakan bentuk penerapan dari hukum newton dalam kehidupan sehari hari. Apakah anda tahu apa saja contoh hukum 1 newton dalam kehidupan sehari hari itu? Apa saja contoh hukum 2 newton dalam kehidupan sehari hari? Apa saja contoh hukum 3 newton dalam kehidupan sehari hari?

Sebelum mempelajari tentang contoh hukum 1, 2, 3 newton dalam kehidupan sehari hari, tentunya anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian hukum newton. Hukum Newton dapat diartikan sebagai sebuah hubungan antara gaya dengan benda yang digambarkan dalam bentuk gerak. Pertama kali seorang ilmuan bernama Sir Isaac Newton memperkenalkan hukum Gaya dalam berbagai terori yang ditemukan dalam bidang Fisika. Hukum gaya yang ditemukan oleh ilmuan tersebut diberi nama dengan hukum Newton. Hukum Newton sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu hukum 1 Newton, hukum 2 Newton dan hukum 3 Newton. Ketiga jenis hukum Newton ini berbeda beda, baik dalam bunyi hukum 1 Newton, bunyi hukum 2 Newton, bunyi hukum 3 Newton, contoh hukum 1 Newton, contoh hukum 2 Newton dan contoh hukum 3 Newton.
Contoh Peneran Hukum Newton
Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi hukum newton ini. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan tentang pengertian hukum newton secara umum, bunyi hukum 1 Newton, bunyi hukum 2 Newton, bunyi hukum 3 Newton, contoh hukum 1 Newton, contoh hukum 2 Newton dan contoh hukum 3 Newton. Materi Fisika ini bahkan juga dijadikan sebagai salah satu bahan soal Ujian, baik Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Sekolah (UAS). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh hukum 1, 2, 3 Newton dalam kehidupan sehari hari lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap

Pengertian hukum Newton ialah hukum yang menyatakan hubungan benda dengan gaya yang menyebabkan sebuah gerakan. Hukum Newton dalam Fisika ini terdiri dari Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III. Masing masing hukum Newton memiliki bunyi yang berbeda beda. Bunyi hukum Newton tersebut dijadikan sebagai dasar dalam penerapan rumus hukum Newton yang tersedia. Hukum Newton berguna sebagai pondasi mekanika klasik dalam penjabaran tiga hukum Fisika. 
Dalam contoh hukum 1, 2, 3 Newton yang akan saya bagikan ini terdapat beberapa hal yang termasuk di dalamnya seperti bunyi dan rumus hukum newtonnya. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai bunyi hukum 1 Newton, bunyi hukum 2 Newton, bunyi hukum 3 Newton, contoh hukum 1 Newton, contoh hukum 2 Newton dan contoh hukum 3 Newton. Berikut penjelasan selengkapnya:

Hukum 1 Newton

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah materi hukum 1 newton. Berdasarkan bunyi hukum 1 Newton terdapat kesimpulan bahwa masing masing benda akan melaju/bergerak dengan tetap atau dalam kondisi tetap diam, kecuali apabila total gaya yang diberikan tidak nol. Maksudnya benda yang awalnya bergerak akan tetap melakukan gerakan, sedangkan benda yang awalnya diam akan tetap diam. Hukum Newton 1 ini dapat dinamakan dengan hukum kelembaman benda atau hukum inersia. Pengertian kelembaman benda atau indersia ialah sifat sebuah benda yang cenderung mempertahankan kondisinya. Hukum I Newton secara sistematis dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan gaya yang nilainya sama dengan nol. Maka rumus hukum 1 Newton dapat berbentuk:
∑F = 0
Contoh hukum Newton pada dasarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, tidak terkecuali hukum Newton 1 ini. Dibawah ini terdapat contoh hukum 1 Newton dalam kehidupan sehari hari yaitu meliputi:
  • Ketika kendaraan yang kita naiki awalnya diam dan kemudian melaju bergerak, maka badan akan terdorong ke arah belakang.
  • Ketika kendaraan yang kita naiki awalnya bergerak dan kemudian diam karena direm, maka badan akan terdorong ke arah depan.
  • Penarikan kertas dengan cepat yang diletakkan di bawah gelas kaca. Kemudian keadaan gelas tetap diam karena nilai resultan gayanya nol.
  • Kecepatan bola ketika digelindingkan di atas es yang licin adalah tetap, karena resultan gayanya bernilai nol atau tidak terkena gaya apapun.
Pada intinya dalam hukum 1 Newton terdapat peristiwa benda yang memuat gaya didalamnya, dimana nilainya sama dengan nol.

Hukum 2 Newton

Dalam materi hukum Newton ini saya akan membagikan tentang contoh hukum 1, 2, 3 Newton dalam kehidupan sehari hari. Setelah menjelaskan tentang contoh hukum 1 Newton, selanjutnya saya akan membagikan contoh hukum Newton II. Dalam bunyi hukum 2 Newton dijelaskan bahwa apabila sebuah benda memiliki gaya yang bekerja secara lebih, maka hasil percepatannya akan searah dan berbanding lurus dengan resultan gayanya, sedangkan dengan massa bendanya akan berbanding terbalik. Jika massa benda memiliki besar yang sama, maka benda akan memiliki nilai percepatan yang semakin besar apabila gaya yang bekerja juga semakin besar. Hal ini berlaku dalam keadaan sebaliknya. Adapun rumus hukum 2 Newton yaitu sebagai berikut:
∑F = m x a
Keterangan:
F = Gaya (N)
m = Massa (kg)
a = Percepatan (m/s²)
Baca juga : Rumus Gaya Gesek Beserta Contoh Soal dan Pembahasan
Contoh hukum Newton pada dasarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, tidak terkecuali hukum Newton 2 ini. Dibawah ini terdapat contoh hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari hari yaitu meliputi:
  • Gajah kecil yang didorong oleh gajah besar hingga akhirnya terpental.
  • Mobil yang bermassa kecil akan memiliki percepatan yang lebih besar dibandingkan mobil bermassa besar.
  • Nilai percepatan yang tercipta pada pendorongan meja bermassa kecil akan lebih besar dibandingkan pendorongan meja bermassa besar.
  • Kotak yang ringan akan lebih cepat dipindahkan oleh seseorang dibandingkan almari berat.

Hukum 3 Newton

Dalam materi hukum Newton ini saya akan membagikan tentang contoh hukum 1, 2, 3 Newton dalam kehidupan sehari hari. Setelah menjelaskan tentang contoh hukum 1 Newton dan contoh hukum 2 Newton, selanjutnya saya akan membagikan contoh hukum Newton III. Berdasarkan bunyi hukum 3 Newton dijelaskan bahwa gaya yang diberikan oleh benda pertama ke benda kedua akan memiliki besar yang sama pada kedua benda tersebut, namun arahnya berlawanan dengan benda pertamanya. Untuk itu jika benda A memberikan gaya kepada benda B, maka benda B akan memberikan gaya pula pada benda A dengan besar yang sama, namun arahnya berlawanan. Secara umum rumus hukum 3 Newton dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini:
F aksi = F reaksi
Dalam hukum Newton III ini tedapat gaya reaksi yang diberikan apabila sebuah benda juga diberikan gaya aksi di dalamnya yang besarnya sama, namun arah gayanya berlawanan. Gaya aksi reaksi ini memiliki sifat sifat yang berupa berlawanan arah, saling berinteraksi dan sama besar. Di bawah ini terdapat contoh hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari hari yaitu meliputi:
  • Adi sedang mendorong tembok dan tembok tidak bergeser karena gaya yang diberikan Adi dengan tembok sama besar.
  • Ketika peletuk pistol ditekan oleh seseorang, maka akan terjadi gaya hentakan pada pistol tersebut.
  • Gerakan ban mobil berputar. 
Sekian penjelasan mengenai contoh hukum 1, 2, 3 Newton dalam kehidupan sehari hari lengkap. Pengertian hukum Newton ialah hukum yang menyatakan hubungan benda dengan gaya yang menyebabkan sebuah gerakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi contoh hukum Newton di atas.

0 Response to "Contoh Hukum 1, 2, 3 Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel