Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi dan Gambarnya

Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi dan Gambarnya - Dalam tubuh manusia terdapat beberapa panca indera. Salah satunya ialah indera pengecap yaitu lidah yang memiliki fungsi dan bagian bagian di dalamnya. Jenis panca ini memang berfungsi untuk mengecap atau merasakan rasa manis, asin, pahit maupun asam. Apakah anda tahu apa saja bagian bagian dari lidah itu? Apa saja fungsi lidah itu? Kita tahu bahwa pengertian lidah ialah salah satu panca indera yang bertugas sebagai pengecap segala macam rasa. Rasa yang diketahui dengan organ lidah tersebut berupa rasa asin, rasa manis, rasa asam maupun rasa pahit. Manusia pada umumnya tidak hanya mengecap rasa, tetapi juga mengecap vokal. Pengecapan vokal ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diimbangi dengan peran lidah. Untuk itu lidah juga berfungsi untuk mengecap vokal.

Bagian bagian lidah tersebut pada umumnya memiliki fungsinya masing masing. Fungsi lidah tersebut disesuaikan dengan bagian bagiannya. Letak lidah sendiri ada di antara orofaring dan rongga mulut. Lidah tersebut memiliki selaput lendir tipis yang menutupinya. Selain itu lidah juga mempunyai otot di dalamnya. Lidah dapat melakukan gerakan yang cukup fleksibel karena di dalamnya tidak memiliki tulang sama sekali. Lidah tersebut merupakan otot rangka yang terkumpul dalam mulut bagian lantai. Kegunaaan lidah dalam mulut tersebut dapat memberikan bantuan dalam proses pencernaan makanan seperti menelan dan mengunyah.

Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi dan Gambarnya

Lidah merupakan salah satu panca indera yang terkenal dengan fungsinya untuk mengecap, dimana didalamnya terdapat struktur tunas pengecap yang banyak. Lidah ini juga memberikan bantuan dalam berbicara serta membuat makanan di dalam mulut menjadi bolak balik. Lidah juga memiliki struktur lainnya yang berupa lingual. Menurut bahasa Yunani kata lingual berasal dari kata glossal. Sedangkan menurut bahasa Latin, kata lingual berasal dari kata lingua. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagian bagian lidah beserta fungsi lidah dan gambar lidah.

Lidah atau indera pengecap memiliki beberapa karakteristik di dalamnya. Karakteristik lidah ini dapat membedakannya dengan panca indera lainnya. Adapun ciri ciri lidah tersebut seperti memiliki selaput lendir tipis yang menutupi lidah, mempunyai otot, lidah tidak mempunyai tulang sehingga gerakannya lebih fleksibel, lidah bisa bergerak ke kanan, kiri, bawah ataupun atas sehingga gerakannya dapat kesana kemari. Karakteristik inilah yang menjadi pembeda dengan jenis panca indera lainnya.
Seperti yang telah kita ketahui di atas bahwa pengertian lidah ialah salah satu panca indera yang terkenal dengan fungsinya untuk mengecap, dimana didalamnya terdapat struktur tunas pengecap yang banyak. Lidah memiliki beberapa bagian di dalamnya. Setiap bagian memiliki letak dan karakteristik yang berbeda beda. Adapun bagian bagian lidah beserta fungsi lidah di setiap bagiannya yaitu sebagai berikut:
Bagian Bagian pada Lidah
Permukaan Superior
Lidah memiliki bagian yang paling atas berupa sulkus terminal yang bentuknya huruf V. Permukaan superior dalam lidah tersebut memiliki dua permukaan didalamnya seperti permukaan posterior dan permukaan anterior. Masing masing permukaan memiliki bagian yang berbeda beda. Bagian dalam permukaan anterior berawal dari ujung puncak lidah sampai bagian tubuh dari lidah itu sendiri. Sedangkan bagian permukaan posterior berawal dari tubuh lidah sampai puncak lidahnya sehingga hanya beberapa bagian saja. Permukaan superior lidah berfungsi sebagai pengecap rasa. Hal ini dikarenakan permukaan lidah bagian atas ini bersentuhan dengan minuman atau makanan secara langsung ketika makanan tersebut masuk ke rongga mulut.

Akar Lidah
Bagian bagian lidah selanjutnya ialah akar lidah. Letak akar lidah tersebut berada diantara rahang bagian bawah lidah dengan tulang hyoid. Letak punggung akar tersebut berada di bagian orofaring. Fungsi lidah bagian akar tersebut secara umum ialah untuk menggerakkan lidah. Hal ini dikarenakan lidah tidak dapat melakukan secara bebas apabila tidak memiliki akar.

Tubuh Lidah
Bagian pada lidah selanjutnya ialah tubuh lidah. Lidah memiliki dua pertiga bagian yang sebagian besarnya berupa tubuh. Tubuh lidah ini dapat disebut sebagai Papilla Lingual, dimana permukaannya kasar serta memiliki permukaan anterior dan gogo lateral yang mengelilinginya. Tubuh lidah ini memiliki papilla yang fungsinya pendeteksi perbedaan rasa dalam minuman, makanan ataupun benda asing lainnya ketika masuk dalam rongga mulut. Tubuh lidah ini memiliki beberapa bagian papila yang utama seperti:
  • Papila Filiform 
  • Papila Poliate
  • Papila Fungiform
  • Papila Sirkumvalata
Baca juga : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Beserta Contoh
Tonsil atau Amandel
Bagian bagian lidah selanjutnya ialah tonsil atau amandel. Tonsil ialah tonjolan yang terdapat dalam rongga mulut manusia di sebelah kiri maupun kanan. Seiring berjalannya waktu, bagian tonsil tersebut dapat membesar. Untuk itu proses penelanan makanan akan lebih sulit saat amandel terus mengalami pembesaran. Fungsi lidah bagian tonsil ialah untuk membentengi tubuh sehingga berperan sebagai media pertahanan. Apabila amandel mengalami pembengkakan, maka perwatan medis harus segera dilakukan tetapi tidak harus dioperasi.

Kuncup Lidah
Bagian pada lidah selanjutnya ialah kuncup lidah. Pengertian kuncup lidah ialah struktur yang letaknya dipermukaan. Bagian ini berfungsi  untuk menciptakan sebuah rasa dalam resep tertentu. Pada lidah orang dewasa terdapat sekitar 300 selera rasa dalam bagian ini. Rasa yang dapat dikecap oleh kuncup lidah dapat berupa rasa asam, asin, manis dan pahit.

Adenoid
Bagian dari lidah selanjutnya alah adenoid. Pengertian adenoid ialah bagian dalam lidah yang fungsinya sebagai pelawan berbagai infeksi. Untuk itu adenoid yang berperan penting dalam memerangi kuman atau bakteri ketika dicap oleh lidah itu sendiri.

Frenulum
Bagian bagian lidah selanjutnya ialah frenulum. Frenulum ialah bagian lidah yang memiliki lapisan jaringan khusus untuk menghubungkan dasar mulut dengan lidah itu sendiri.

Otot Lidah
Bagian pada lidah selanjutnya ialah otot lidah. Fungsi lidah pada bagian otot ini ialah untuk menggerakkan lidah secara bebas, sehingga di dalam lidah itu sendiri memiliki beberapa otot. Dalam lidah tersebut terdapat hubungan antara otot yang satu dengan otot lainnya. Otot lidah tersebut terdiri dari dua jenis seperti otot ekstrinsik dan otot intrinsik. Berikut penjelasan mengenai masing masing jenis otot lidah yaitu sebagai berikut:
  • Otot intrinsik ialah otot yang berguna untuk mengubah sementara bentuk dari lidah itu sendiri.
  • Otot ekstrinsik ialah otot yang berguna untuk mengubah posisi lidah. Contohnya posisi awalnya terlipat kemudian diubah menjadi posisi menjulur.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa lidah tergolong dalam salah satu panca indera sebagai indera pengecap di dalam tubuh manusia. Lidah tersebut memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda beda. Secara umum lidah berfungsi untuk mengunyah (membantu proses pencernaan), organ pengecap rasa, membantu melumatkan makanan, serta membantu menelan makanan agar dapat lebih mudah. Demikianlah penjelasan mengenai bagian bagian lidah beserta fungsi lidah dan gambar lidah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsi dan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel