Tawadhu Artinya: Pengertian, Sifat, dan Manfaatnya Lengkap

Tawadhu Artinya: Pengertian, Sifat, dan Manfaatnya Lengkap - Pada dasarnya Allah SWT senantiasa menyukai sifat sifat mulia seperti halnya sifat tawadhu ini. Pengertian tawadhu secara singkat ialah sikap rendah hati yang sudah sepatutnya dimiliki oleh setiap orang. Sikap ini dapat menentramkan kehidupan masyarakat dan menciptakan berbagai sikap mulia lainnya. Adapun bentuk contoh sikap tawadhu yang patut kita terapkan ialah seperti menghargai orang lain. Hal ini dikarenakan setiap orang memang harus menghargai orang lain sehingga sikap tidak dihargai serta perasaan terhina dapat diminimalisir. Lantas apa saja sifat sifat tawadhu itu? Apa saja manfaat tawadhu? Penerapaan sikap tawadhu ini pada dasarnya sering dilakukan oleh masing masing orang di lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarga.

Adapula contoh tawadhu lainnya yaitu memberikan kesempatan dan waktu saat sedang melakukan pembicaraan atau percakapan sehingga orang tersebut lebih leluasa dalam berbicara sampai tuntas. Jika kita sembarangan memotong pembicaraan maka pastinya lawan bicara akan dibuat menjadi lebih tersinggung dan terganggu hingga menyebabkan permusuhan ataupun perselisihan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian tawadhu artinya rendah hati dalam arti singkatnya. Dari penjelasan ini tentunya anda sudah mengetahui gambaran sifat sifat tawadhu dan manfaat tawadhu secara garis besar. Sikap tawadhu ini juga dapat membentuk sikap menghormati dan menjaga perasaan setiap orang. Manusia memang pada dasarnya memiliki sifat untuk ingin dihormati dan juga lebih sensitif. Maka dari itu kita dapat meminimalisir perasaan sakit hati terhadap orang lain tersebut menggunakan sikat tawadhu ini.
Sikap Tawadhu
Cerminan dari sikap tawadhu sendiri dari sikap sopan santun kepada orang yang lebih tua. Sikap ini biasanya dilakukan kepada orang yang usianya lebih muda darinya. Maka dari itu interaksi dan hubungan diantara dua orang atau lebih dapat menjadi tentram dan harmonis lagi. Sikap tawadhu ini mencerminkan sebuah perasaan bahwa manusia mempunyai kekurangan, saling membutuhkan satu sama lain, manusia tidak sempurna dan harus dapat menolong dengan sesama dalam berbagai hal. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian tawadhu artinya, sifat sifat tawadhu, dan manfaat tawadhu lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tawadhu Artinya: Pengertian, Sifat, dan Manfaatnya Lengkap

Kehidupan manusia akan senantiasa tentram dan damai dengan menerapkan sikap tawadhu ini dalam bermasyarakat. Maka dari itu kehidupannya akan penuh dengan cinta kasih atau mawaddah wa rahmah. Apa yang dimaksud tawadhu itu? Apa pengertian tawadhu? Apa saja sifat sifat tawadhu? Apa saja manfaat tawadhu? Istilah tawadhu secara bahasa maknanya لتّواضع yang berarti rendah hati dan ketundukan. Kata ini berasal dati kata Tawadha'atil Ardhu' yang artinya tanah tersebut lebih rendah dibandingkan tanah di sekelilingnya. Kemudian adapula arti tawadhu secara istilah yaitu sikap patuh, tunduk dan bersedia terhadap otoritas kebenaran sehingga kebenaran dari siapapun dapat diterima dalam kondisi apapun, baik dengan orang yang derajatnya lebih rendah darinya maupun lebih tinggi darinya, serta dalam kondisi marah karena sakit hati maupun keadaan hati sedang ridha.
Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Fiqih Kelas 1 SD/MI UAS Beserta Jawabannya
Pada umumnya sikap tawadhu menggambarkan perasaan santun dan rendah hati kepada sesama manusia tanpa memperhatikan harta dan kasta yang dimiliki orang tersebut karena derajat manusia di mata Allah SWT itu adalah sama karena derajat kita ditingkatkan dan dinilai berdasarkan akhlakul karimah masing masing. Tawadhu artinya sikap untuk memperlihatkan dirinya sendiri lebih rendah dibandingkan orang lain sehingga orang yang lebih mulia darinya dapat dimuliakan lebih. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian tawadhu, sifat sifat tawadhu, manfaat tawadhu dan macam macam tawadhu yaitu sebagai berikut:

Macam Macam Tawadhu

Sikap tawadhu pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu tawadhu tercela dan tawadhu terpuji. Tawadhu terpuji dapat diartikan sebagai sikap tidak memandang remeh atau berbuat semena mena kepada sesama dan merendahkan diri kepada Allah SWT. Niat dari jenis tawadhu ini berasal dari hati paling dalam sehingga senantiasa melakukan sikap yang diridhai dan baik menurut Allah SWT. Kemudian untuk tawadhu tercela dapat didefinisikan sebagai sikap yang dilakukan kepada orang lebih kaya sehingga dirinya lebih direndahkan dengan maksud harapan culas. Maka dari itu keuntungan darinya dapat kita peroleh. Jenis tawadhu ini termasuk tindakan tercela yang tidak disukai oleh Allah SWT sehingga derajat kita sebagai manusia di mata Allah SWT juga tidak dapat meningkat.

Dari penjelasan ini tentunya pengertian tawadhu tersebut sudah jelas dan anda dapat menyampaikan tawadhu artinya tadi. Memang tidak mudah untuk memulai sikap tawadhu. Akan tetapi jika kita sudah merasakan dan mencoba tawadhu ini maka kedamaian dan kenikmatan hati ini akan terasa lebih indah. Dalam melakukan sikap tawadhu terdapat hal penting yang perlu diperhatikan yaitu sikap ikhlas terhadap peristiwa apapun karena dengan seijin Allah SWT semua dapat terjadi. Diberbagai keadaan dan kesempatan, kita dapat melakukan beberapa sikap tawadhu seperti:
  • Tawadhu terhadap Allah SWT.
  • Tawadhu Ulama (Ahli Ilmu).
  • Tawadhu dalam berpenampilan dan berpakaian.
  • Tawadhu dalam menuntut ilmu.
Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Akhlak Kelas 1 Semester 1

Tingkatan Sifat Tawadhu

Di mata Allah SWT dan manusia, sikap tawadhu ini memang sangat mulia karena dalam pencapaian setiap ketawadhuannya mempunyai tingkatannya sendiri. Dalam hal ini terdapat jenis tawadhu dalam agama yaitu sikap mematuhi semua aturan agama Islam secara penuh yang berasal dari penyebaran Nabi Muhammad SAW. Kemudian adapula tawadhu terhadap sesama makhluk yaitu sikap apa adanya dan merendahkan diri kepada sesama makhluk sehingga tidak memperhatikan kasta dan harta yang ia miliki. Dari sinilah kita tahu bahwa tawadhu artinya rendah hati dengan sifat sifat tawadhu yang terdapat di dalamnya. Tawadhu kepada sesama manusia sendiri memiliki beberapa makna seperti di bawah ini:
  • Menjadikan seorang kaum Muslimin menjadi pribadi yang ikhlas dan ridha.
  • Kebenaran yang berasal dari manapun tidak akan ditolaknya, meskipun dari orang yang dibenci sekalipun.
  • Memberikan maaf kepada siapapun dan sebesar apapun kesalahan yang dilakukannya kepada kita.

Manfaat Tawadhu

Setelah menjelaskan tentang pengertian tawadhu, sifat sifat tawadhu dan macam macam tawadhu di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang beberapa manfaat dari tawadhu. Sikap tawadhu tersebut memiliki beberapa sikap di dalamnya yaitu sebagai berikut:

Memperoleh Simpatik Banyak Orang
Manfaat sikap tawadhu yang pertama ialah memperoleh simpatik banyak orang. Orang orang disekitar akan lebih memilih orang yang bersikap tawadhu dibandingkan orang sombong. Untuk itulah sikap tawadhu dapat menarik simpatik banyak orang jika diterapkan.

Memiliki Banyak Teman
Manfaat tawadhu selanjutnya ialah mempunyai banyak teman. Kita harus pintar memilih teman dalam perkembangan modernisasi dan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dapat membentuk adanya pengaruh negatif yang perlu kita hindari. Akan tetapi untuk mengatasinya, kita dapat menerapkan sikap tawadhu agar orang disekeliling kita dapat lebih nyaman bergaul dan berteman dengan sesama. 

Dihormati Orang
Manfaat sikap tawadhu selanjutnya ialah membuat kita dihormati orang. Orang lain akan menghormati dan memberikan nilai plus secara otomatis dengan cara melihat sikap tidak pernah menyombongkan diri dan rendah hati terhadap ilmu apa yang ia miliki. Seperti halnya pengertian tawadhu artinya rendah hati terhadap sesama.
Baca juga : Kumpulan Soal Pelajaran Akhlak Kelas 1 Semester 1
Hatinya Selalu Tenang dan Tentram
Pikiran dan hati seseorang akan lebih tentram dan tenang jika menerapkan sikap tawadhu ini. Kita tidak perlu khawatir jika ilmu yang dimiliki merasa tidak dihargai atau tidak diketahui oleh orang lain, karena setiap orang memiliki keilmuan dan kemampuannya masing masing.

Menghindarkan Kita dari Sikap Takabur atau Sombong
Manfaat sikap tawadhu selanjutnya ialah menghindarkan kita dari sikap takabur atau sombong. Harta dan tahta yang dimiliki oleh setiap manusia tidak perlu diperhatikan karena tawadhu menunjukkan kita adanya sikap rendah hati.

Sekian penjelasan mengenai pengertian tawadhu artinya, sifat sifat tawadhu, dan manfaat tawadhu lengkap. Sikap tawadhu merupakan sikap patuh, tunduk dan bersedia terhadap otoritas kebenaran sehingga kebenaran dari siapapun dapat diterima dalam kondisi apapun, baik dengan orang yang derajatnya lebih rendah darinya maupun lebih tinggi darinya, serta dalam kondisi marah karena sakit hati maupun keadaan hati sedang ridha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Tawadhu Artinya: Pengertian, Sifat, dan Manfaatnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel