Pengertian Leaflet, Ciri Ciri, Ukuran, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Leaflet, Ciri Ciri, Ukuran, Fungsi, dan Contohnya - Istilah leaflet mungkin terdengar asing di beberapa orang. Namun dalam Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai leaflet yang berkaitan dengan iklan. Apa yang dimaksud leaflet itu? Apa aja ciri ciri leaflet? Bagaimana ukuran kertas leaflet itu? Apa saja fungsi leaflet? Bagaimana bentuk contoh leaflet itu? Leaflet dalam sebuah lembaran dari bahan cetak tertulis pada dasarnya tidak dapat dijahit, melainkan dilipat. Biasanya desain leaflet di buat lebih cermat agar lebih menarik dan umumnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sederhana dan singkat serta dilengkapi dengan ilustrasi.

Leaflet biasanya mengandung materi sebagai bahan pengajaran siswa sehingga satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih dapat dikuasai oleh siswa tersebut. Penyusunan leaflet sebagai bahan ajar biasanya lebih sistematis serta lebih menarik dan mudah dimengerti bahasanya. Hal ini bertujuan untuk membuat pembacanya lebih berminat dan motivasi belajar siswa lebih meningkat. Dari penjelasan ini tentunya anda telah memiliki gambaran sedikit mengenai pengertian leaflet, ciri ciri leaflet, ukuran kertas leaflet, fungsi leaflet, dan bentuk contoh leaflet.
Definisi Leaflet
Leaflet biasanya digunakan untuk media atau alat promosi yang sejak tahun 1950an telah populer. Di kala itu telah ada percetakan kertas hitam putih dan warna oleh mesin percetakan sehingga media promosi ini telah ada sebelumnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hadirnya leaflet sekarang ini memang cukup beragam ukuran dan bentuk serta dijadikan sebagai salah satu media pemasaran terpenting dan populer untuk mempromosikan jasa dan produk usaha mereka. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian leaflet, ciri ciri leaflet, ukuran kertas leaflet, fungsi leaflet, dan contoh leaflet. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Leaflet, Ciri Ciri, Ukuran, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian leaflet adalah sebuah cetakan lembaran kertas dengan ukuran kecil yang didalamnya terdapat informasi dan pesan tentang sebuah peristiwa atau hal untuk disampaikan kepada khalayak umum. Leaflet ini termasuk dalam jenis brosur atau pamflet terpopuler. Leaflet sendiri pada umumnya berupa cetakan dua muka yang dibentuk menjadi satu lembar kertas saja. Akan tetapi ciri ciri leaflet yang utama ialah terletak dipenggunaan lipatannya sehingga seolah olah terdapat beberapa bagian leaflet yang dibentuk menyerupai halaman atau panel tertentu.
Baca juga : 20+ Contoh Kalimat Retorik Bahasa Indonesia Beserta Pengertian
Fungsi leaflet yang utama ialah untuk memberikan keterangan mengenai sebuah masalah secara singkat. Misalnya memberikan deskripsi tentang penyakit HIV dan sebagainya. Leaflet tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis/kategori. Adapun kategori kategori leaflet yaitu leaflet persuasif, leaflet direktif, dan leaflet informatif. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai ciri ciri leaflet, ukuran kertas leaflet, fungsi leaflet, dan contoh leaflet yaitu sebagai berikut:

Ciri Ciri Leaflet

Leaflet dapat digunakan sebagai media promosi. Untuk itu di dalamnya terdapat ciri ciri khusus yang membedakannya dengan jenis media promosi lainnya. Adapun beberapa ciri ciri leaflet yaitu sebagai berikut:
  • Memiliki desain yang berupa dua muka halaman dimana perancangannya dalam bentuk lipatan kertas.
  • Memiliki informasi yang jelas, singkat dan padat.
  • Penyampaian informasi yang diberikan dapat berupa alamat lengkap, logo, program dan perusahaan/produknya.
  • Dalam leaflet terdapat penampilan gambar yang sesuai dengan informasinya.
  • Biasanya pengarahan tata letak gambar digunakan untuk mengejar komposisi pada pengisi bidangnya.
  • Memiliki warna cerah sehingga pembaca leaflet dapat lebih bersemangat untuk membacanya.
  • Leaflet dicetak dalam lembaran kertas yang ukurannya kecil.
  • Leaflet dapat disajikan dalam bentuk tidak dilipat ataupun dillipat.
  • Mengandung tulisan cetak yang jumlahnya 200 sampai 400 huruf/kata dan disisipkan dengan gambar.
  • Biasanya memiliki ukuran 20 sampai 30 cm.

Bentuk dan Ukuran Kertas Leaflet

Setelah membahas tentang pengertian leaflet dan ciri ciri leaflet di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang bentuk dan ukuran leaflet. Bentuk leaflet dalam selembar kertas berupa lipatan, dimana teknik lipatan yang digunakan ialah teknik rel. Dengan begitu dibagian lipatan kertasnya tidak ada pecahan sedikitpun. Dalam sebuah leaflet memang terdapat keberagaman dalam jumlah lipatannya. Namun penggunakan lipatan pada umumnya berupa jenis lipatan tri fold (tiga lipat) ataupun single fold/half fold (lipat dua). Akan tetapi disini jumlah lipatan disesuaikan dengan kreativitas dari setiap desainernya. Di bawah ini terdapat teknik teknik lipatan leaflet yang digunakan yaitu sebagai berikut:
  • Single fold/half fold (lipat dua) yakni teknik melipat dimana masing masing area kertas dilipat dua dengan luas yang proporsional atau sama besar.
  • Tri fold (lipat tiga) yakni teknik melipat leaflet dimana di setiap area kertas dilipat menjadi tiga bagian yang sama luasnya.
  • Gate fold/windows fold yakni teknik melipat tiga dimana bagian kanan dan kirinya memiliki luas yang sama rata serta dibagian tengahnya agak besar, sehingga bagian tengah leaflet saja yang terlihat ketika dilipat.
  • Lipat empat yakni teknik lipatan leaflet dimana setiap area dilipat menjadi empat bagian yang sama rata.
Biasanya ukuran kertas leaflet sekitar 21 x 29,7 cm standar A4 sebelum dilipat. Namun jika teknik lipatan leaflet yang anda gunakan ialah lipatan empat, maka ukuran kertas yang digunakan akan lebih baik jika panjangnya melebihi A4 tersebut, namun lebarnya tetap sama seperti A4. Ukuran yang dimaksud dapat diperoleh dengan membeli bahan kertas seperti membuat flyer. Ukuran leaflet di atas sebenarnya tidak dapat dijadikan dasar yang mutlak. Hal ini dikarenakan pembuat leaflet dapat dengan bebas mengekpresikan bentuknya sesuai dengan keinginan. Namun anda dapat mengoptimalkan anggaran dalam percetakan dengan menggunakan ukuran kertas A4 ini. Ukuran kertas ini dapat dibagi oleh ukuran A3 dengan habis.
Baca juga : Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip

Fungsi Leaflet

Selain pengertian leaflet, ciri ciri leaflet dan ukuran kertas leaflet. Adapula beberapa fungsi dari leaflet itu sendiri. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi leaflet yaitu sebagai berikut:
  • Sebagai media promosi.
  • Sebagai media informasi.
  • Sebagai media identifikasi.
Selain fungsi fungsi dari leaflet di atas, tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan leaflet daripada media promosi lainnya. Adapun beberapa kelebihan leaflet daripada media promosi lainnya yaitu sebagai berikut:
  1. Penyimpanannya lebih lama.
  2. Pencetakan materinya lebih unik.
  3. Untuk media referensi.
  4. Memiliki jangkauan luas.
  5. Bermanfaat untuk membantu media lainnya.
  6. Dapat dilihat, dibaca dan disebarluaskan ke orang banyak sehingga terdapat target yang cukup luas.
  7. Isi leaflet dapat dijadikan bahan diskusi dan bisa dicetak kembali.
  8. Leaflet memiliki bahan produksi cukup murah daripada media promosi lainnya.
  9. Lebih mudah untuk dibawa.
Selain kelebihan leaflet, adapula kelemahan leaflet dibandingkan media promosi lainnya yaitu sebagai berikut:
  1. Pesan yang dicetak memiliki manfaat dan efektivitas yang kurang karena tingkat buta hurufnya tinggi.
  2. Percetakan leaflet membutuhkan dukungan logistik, operasi khusus dan luas.
  3. Membutuhkan seminasi yang mahal dan waktu cukup banyak.
  4. Menggunakan koordinasi kompleks dan fasilitas yang khusus.
  5. Pengiriman bahan cetakan harus menuju target audience secara fisik.
  6. Penyebarannya dapat diganggu atau dicegah pesaingnya.

Contoh Leaflet

Setelah membahas tentang pengertian leaflet, ciri ciri leaflet, ukuran kertas leaflet dan fungsi leaflet di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh gambar leaflet. Adapun beberapa contoh leaflet yaitu sebagai berikut:
Contoh Leaflet Kesehatan
Baca juga : Pengertian Surat Dinas, Unsur, Syarat, Contoh dan Jenisnya Lengkap
Contoh Leaflet Makanan
Contoh Leaflet Pemberian Obat
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian leaflet, ciri ciri leaflet, ukuran kertas leaflet, fungsi leaflet, dan contoh leaflet. Leaflet berguna untuk memberikan keterangan atau informasi mengenai sebuah masalah secara singkat. Contohnya deskripsi bahaya narkoba beserta pencegahannya, deskripsi pengolahan air dalam rumah tangga dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi leaflet di atas.

0 Response to "Pengertian Leaflet, Ciri Ciri, Ukuran, Fungsi, dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel