Letak Astronomis Filipina, Letak Geografis dan Geologisnya

Letak Astronomis Filipina, Letak Geografis dan Geologisnya - Negara negara di dunia memiliki salah satu organisasi yang diperuntukkan untuk negara negara bagian. Organisasi ini dinamakan dengan Association of South East Asian Nations atau ASEAN. Apa yang dimaksud dengan ASEAN itu? Pada tanggal 8 Agustus 1967, ASEAN pertama kali didirikan di Bangkok, Thailand. Pengertian ASEAN ialah sebuah organisasi yang memiliki anggota berupa negara negara di Asia Tenggara. Pendirian ASEAN sendiri dilakukan oleh lima negara seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura dan Malaysia. Masing masing negara tersebut memiliki letak astronomis, geografis dan gelogisnya sendiri. Misalnya saja negara Thailand.

Bagaimana letak astronomis Filipina itu? Bagaimana letak geografis Filipina? Bagaimana letak geologis Filipina itu? Wilayah laut pada sebagian besar negara ASEN mempunyai luas kurang lebih 5.060.100 km². Kemudian untuk wilayah daratannya memiliki luas kurang lebih 4.817.000 km. Di ASEAN sendiri mayoritas negaranya melewati garis khatulistiwa sehingga mempunyai iklim tropis. Letak ASEAN menurut letak geografisnya berada diantara dua samudra yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia serta berada diantara dua Benua yakni benua Australia dan benua Asia. Pada umumnya terdapat beberapa karakter yang terdapat di negara ASEAN itu sendiri.
Negara Negara Anggota ASEAN
Karakter di negara ASEAN terdiri dari compact (bentuknya menyerupai lingkaran seperti Kamboja), fragmented (kepulauannya memiliki bentuk tepisah seperti Indonesia), Elongated (bentuknya memanjang seperti Vietnam), dan Protruded (memiliki bentuk yang beragam dan lebih kompleks seperti Myanmar dan Thailand). Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang letak astronomis Filipina, letak geografis Filipina dan letak geologis Filipina. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Letak Astronomis Filipina, Letak Geografis dan Geologisnya

Sebelum menjelaskan tentang letak astronomis di negara Filipina, letak geografis Filipina dan letak geologis Filipina, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai negara Filipina itu sendiri. Filipina merupakan negara yang termasuk dalam wilayah Asia Tenggara dan menjadi negara tetangga di Indonesia. Filipina juga termasuk dalam anggota ASEAN sehingga dari segi sosial, ekonomi dan budayanya memiliki ikatan yang erat dengan negara Indonesia. Negara Filipina dikenal dengan destinasi pariwisatanya yang bagus seperti Pulai Voracay dan Coron.
Baca juga : Analisis Lokasi Industri dan Pertanian Dengan Memanfaatkan Peta
Menurut jumlah penduduknya, Filipina dikalangan dunia berada diurutan yang ke 12 yakni pada tahun 2006 sebanyak 86,3 juta jiwa. Di Pulau Manila dan Luzon terdapat penduduk sekitar dua per tiganya. Asal penduduk Filipina ialah dari orang aborigin Taiwan yang bercampur dengan orang Spanyol/Amerika, Tiongkok Selatan dan Polinesia serta biasanya disana orang Filipina disebut dengan Filipino. Kemudian untuk penduduk lainnya berasal dari orang Arab, Korea, Eropa, Jepang dan Indonesia. Negara Filipina memiliki bahasa Nasional yakni bahasa Tagalog. Selain itu untuk percakapan sehari hari juga menggunakan bahasa lain seperti Inggris dan Spanyol. Penduduk Filipina paling banyak menganut agama Katholik Roma. Sedangkan suku Moro yang terdapat di Pulau Mindanau dan Palawan banyak yang menganut agama Islam. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai letak astronomis Filipina, letak geografis Filipina dan letak geologis Filipina yaitu sebagai berikut:

Letak Astronomis Filipina

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah letak astronomis negara Filipina. Filipina memiliki nama asli yaitu Republik Filipina yang beribukota di kota Manila. Bentuk negara ini adalah Republik sesuai dengan namanya dan Presiden adalah kepala negara di Filipina. Berdasarkan sejarahnya pada tanggal 4 Juli 1946, negara Filipina telah merdeka. Kemudian negara Filipina memiliki letak astronomisnya sendiri yaitu sebagai berikut:
  • Memiliki garis lintang yang berupa 4⁰LU (Lintang Utara) - 21⁰LS (Lintang Selatan).
  • Memiliki garis bujur yang berupa 116⁰BT - 128⁰BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Filipina

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang letak geografis negara Filipina. Luas wilayah di negara Filipina mencapai 300.000 km². Filipina tersebut memiliki letak geografis yang berbatasan dengan beberapa wilayah seperti di bawah ini:
  • Di bagian utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Pulau Formosa Taiwan secara langsung.
  • Di bagian Selatan berbatasan dengan wilayah laut di Kepulauan Indonesia.
  • Batas wilayah Filipina bagian Timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
  • Berbatasan dengan Laut Cina Selatan untuk bagian barat Filipinanya.
Perbatasan Negara Filipina

Letak Geologis Filipina

Setelah membahas tentang letak astronomis Filipina dan letak geografis Filipina. Selanjutnya saya akan membahas tentang letak geologis negara Filipina. Filipina termasuk dalam negara kepulauan dan mempunyai jumlah pulau sebanyak 7.107 pulau. Pulau Pulau tersebut menghasilkan likuan dan garis pantai panjang, dimana seluruhnya memiliki panjang sekitar 23.150 km. Di bawah ini terdapat beberapa kelompok dalam Kepulauan Filipina yaitu sebagai berikut:
  • Kepulauan Luzon yakni Region 1 sampai CAR dan V + NCR.
  • Kepulauan Visayas yang merupakan Region VI hingga VIII.
  • Kepulauan Mindanao yakni Region IX sampai ARMM + XIII.
Selain letak geologis Filipina di atas, adapula beberapa gunung api yang terdapat dinegara Filipina. Gunung api tersebut membentuk serangkaian Pegunungan di Sirkum Pasifik. Kemudian pegunungan Sirkum Pasifik ini memiliki jalur hingga ke Sulawesi. Di bawah ini terdapat beberapa pegunungannya yaitu diantaranya:
  1. Pegunungan Cordillera Central terdapat di barat Pulau Luzon.
  2. Pegunungan Sierra Madre yang terdapat di Pulau Luzon bagian timur.
  3. Gunung Taal (gunung api terendah di dunia) dan Pegunungan Zambales terdapat di bagian barat dayanya.
Penjelasan tentang letak astronomis Filipina, letak geografis Filipina dan letak geologis Filipina tentunya dapat menambah wawasan tentang negara Filipina itu sendiri. Di negara Filipina terdapat dataran rendah yang terbentang di Lembah Sungai Angusan dan Mindanao. Di kawasan Filipina juga terdapat sungai yang cenderung pendek dan memiliki arus pendek. Di Filipina terdapat sungai yang sering dilayari hingga melalui kota Manila yakni Sungai Pasing. Selain itu di Filipina juga terdapat sungai lainnya seperti Sungai Agno, Sungai Agusan, Sungai Gagayan, Sungai Mindanao dan Sungai Pampangan.

Keuntungan Letak Geografis Filipina

Letak geografis negara Filipina menyebabkan beberapa keuntungan didalamnya. Adapun beberapa keuntungan untuk negara Filipina yaitu sebagai berikut:
  • Negara Filipina memiiki pariwisata yang sangat pesat perkembangannya karena di dalamnya terdapat banyak pulau. Di negara ini mengunggulkan pariwisata alamnya sehingga banyak pula wisatawan yang berdagangan.
  • Di negara Filipina cenderung cukup subur wilayah daratannya karena di negara tersebut masih banyak gunung apinya. Selain itu penduduknya juga banyak yang menjadi seorang petani karena termasuk dalam negara agraris.
Sekian penjelasan mengenai letak astronomis Filipina, letak geografis Filipina dan letak geologis Filipina. Filipina merupakan salah satu negara anggota ASEAN dengan karakteristik wilayah yang berbeda dengan negara lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Letak Astronomis Filipina, Letak Geografis dan Geologisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel