Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Pengertian dan Ciri Ciri

Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Pengertian dan Ciri Ciri - Alinea atau paragraf ialah pembentukan bahasa yang berasal dari beberapa kalimat yang digabung menjadi satu. Beberapa kalimat ini dapat dihimpun menjadi sebuah paragraf dengan memperhatikan kepaduan dan kesatuan kalimatnya. Kesatuan memiliki makna seluruh kalimat yang membahas gagasan tunggal atau satu gagasal dalam paragraf. Sedangkan kepaduan dapat diartikan sebagai kekompakan dalam semua kalimat diparagraf tersebut sehingga gagasan tunggal paragraf dapat saling mendukung dan berkaitan. Salah satu contoh paragraf tersebut ialah paragraf sebab akibat. Lantas apa pengertian paragraf sebab akibat itu? Apa saja ciri ciri paragraf sebab akibat?

Meskipun paragraf pada umumnya terdiri dari beberapa kalimat. Namun terkadang adapula satu kalimat saja yang ditemukan dalam alinea paragraf tersebut. Bentuk alenia jenis ini merupakan pengecualian sehingga dari segi komposisinya memang memiliki bentuk kurang ideal, terdiri dari satu paragraf dan dalam kawasan sebab atau wacana formal terdapat pembicaraan paragraf yang lebih sederhana. Maka dari iitu sebuah karangan dapat diwujudkan oleh seseotang dengan kemampuan penyusunan paragraf yang baik. Hal ini tentunya berkaitan dengan pengertian paragraf sebab akibat, ciri ciri paragraf sebab akibat dan contoh paragraf sebab akibat yang akan saya jelaskan ini.
Contoh dari Paragraf Sebab Akibat
Paragraf sebab akibat dapat diartikan sebagai sebuah paragraf dari pola pikir paragraf induksi yang dikembangkan sehingga dibagian akhir paragrafnya memuat kalimat utama atau dinamakan dengan kesimpulan. Paragraf sebab akibat dapat dinamakan dengan paragraf kausatif jika ditinjau dari pola pemikirannya. Jenis paragraf ini dapat didefinisikan sebagai paragraf yang dimulai dari sebab berupa fakta khusus dan diakhiri dengan akibat yang berupa fakta kesimpulan di bagian akhir kalimatnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian paragraf sebab akibat, ciri ciri paragraf sebab akibat dan contoh paragraf sebab akibat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Pengertian dan Ciri Ciri

Pengertian paragraf sebab akibat secara umum ialah sebuah paragraf induktif yang pola pikirnya dikembangkan menjadi sebuah paragraf dimana letak kalimat utamanya berada di akhir paragraf sehingga dapat dinamakan dengan kesimpulan. Pada dasarnya penamaan paragraf sebab akibat yang sesuai isinya ialah paragraf kausatif. Definisi paragraf ini menurut peninjauannya dari pola pemikirannya dapat diartikan sebagai paragraf yang dimulai dari sebab berupa fakta khusus dan diakhiri dengan akibat yang berupa fakta kesimpulan di bagian akhir kalimatnya. Di dalamnya sendiri terdapat berbagai ciri ciri yang dapat membedakannya dengan jenis paragraf Bahasa Indonesia lainnya.
Baca juga : 20+ Contoh Kalimat Retorik Bahasa Indonesia Beserta Pengertian
Dalam pembuatan contoh paragraf sebab akibat pada dasarnya menggunakan beberapa ciri ciri paragraf di dalamnya. Ciri ciri ini dapat dijadikan pedoman dasar dalam pembuatan contoh tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa paragraf sebab akibat memuat kalimat kalimat yang menunjukkan sebab di awal paragraf dan diakhir paragrafnya dilengkapi dengan akibatnya. Di bawah ini terdapat ciri ciri paragraf sebab akibat yaitu sebagai berikut:
  • Dalam paragraf sebab akibat terdapat kalimat pertama yang berupa kalimat khusus karena pola pikir paragrafnya mengikuti paragraf induktif.
  • Menjelaskan berbagai contoh peristiwa atau masalah khusus yang dinamakan dengan sebab, kemudian diikuti dengan kalimat akibat yang menjelaskan tentang timbulkan akibat dari sebab peristiwa atau masalah umum tersebut.
  • Letak gagasan utamanya berada di akhir kalimat. Kalimat ini dapat dijadikan sebagai akibat dalam paragraf tersebut.
  • Diantara kalimat terdapat hubungan sebab dan akibat yang logis.

Jenis Jenis Paragraf Sebab Akibat

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis paragraf sebab akibat. Macam macam paragraf sebab akibat tersebut dapat berupa paragraf sebab akibat 1 akibat 2, sebab akibat dan akibat sebab. Adapun penjelasan mengenai jenis jenis paragraf tersebut yaitu sebagai berikut:

Sebab Akibat
Pengertian paragraf sebab akibat ialah paragraf yang memiliki sebab berupa kalimat kalimat khusus dan disimpulkan dengan kalimat akibat secara umum di bagian akhirnya. Adapun contoh paragraf sebab akibat yaitu:

Andi selalu baik kepada semua orang dan suka membantu tanpa pamrih kepada sesama. Di lingkungan mana saja, Andi mudah diterima karena sikap sopannya. Bahkan tutur kata yang dimilikinya juga lebih lembut. Dia juga tidak pernah menyakiti perasaan orang lain dengan tutur katanya, walaupun perkataannya jujur sekalipun. Tanpa menyinggung perasaan, dia dapat menasehati teman temannya dengan cara yang tepat. Terlebih lagi dikelas juga Andi merupakan siswa yang pintar, selalu mengajari teman temannya ketika tidak mengerti pelajaran serta tidak pelit ilmu. Maka dari itu tidak heran jika di sekolah, Andi termasuk siswa yang disayang guru guru dan disukai teman temannya.
Baca juga : Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap
Akibat Sebab
Pengertian paragraf akibat sebab ialah paragraf yang mencakup akibat dikalimat utamanya dengan sajian kalimat kalimat khusus serta diikuti dengan sebab berupa kalimat umum terkait munculnya masalah masalah tertentu. Adapun contoh paragraf akibat sebab nya yaitu sebagai berikut:

Tahun ini terdapat pemanenan hasil pertanian Desa Citayem yang kurang memuaskan. Ribuan hektar sawah hanya dapat memanen hasil pertanian setelah lahannya saja. Sebelum tanaman padi dipanen ternyata sudah mati terlebih dahulu dikarenakan serangan hama seperti walang sangit, tikus, dan sebagainya. Bahkan para petani dibuat lebih kesulitan dalam kondisi ini sehingga kebutuhan sehari hari lebih sulit untuk dicukupi. Pada akhirnya mereka harus memutar otak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tahun ini panen yang gagal tidak hanya berimbas kepada petani saja, tetapi juga membuat beras di pasaran menjadi langka sehingga terjadi kenaikan harga beras sebanyak dua kali lipat dibandingkan harga awal.

Selain itu juga muncul permasalah lain seperti sumber sumber mata air yang mengering sehingga air bersih sulit didapatkan oleh setiap orang. Terlebih lagi sangat panas cuaca dikala iitu, bahkan sampai menusuk tulang. Masalah masalah tersebut dapat timbul karena tahun ini terjadi kemarau yang sangat panjang.

Sebab Akibat 1 Akibat 2
Selain pengertian paragraf sebab akibat dan contoh paragraf sebab akibat serta pengertian paragraf akibat sebab dan contoh paragraf akibat sebab di atas. Adapula pengertian paragraf sebab akibat 1 akibat 2 yaiu paragraf yang mempunyai kalimat sebab yang sebelumnya telah dikemukakan dan disertai dengan dua kalimat akibat. Dalam hal ini kalimat akibat 1 dijadikan sebagai sebab yang dapat menciptakan akibat 2 atau serangkaian akibat lainnya. Adapun contoh paragraf sebab akibat 1 akibat 2 yaitu sebagai berikut:

Di beberapa puluh tahun yang lalu terjadi kerusuhan yang menyebabkan pemeroleh uang menjadi sangat sulit. Uang tersebut banyak yang rusak dan hilang terbakar. Maka dari itu percetakan uang kembali dilakukan pemerintah dengan jumlah yang banyak sehingga uang uang yang hilang tadi dapat terganti. Namun pemerintah dikala itu melaksanakan pembuatan uang yang cukup banyak hingga diedarkan ke masyarakat sampai membuat hyper inflasi. Karena banyak sekali peredarannya membuat krisis moneter dan mengakibatkan uang menjadi tidak berharga.

Contoh Paragraf Sebab Akibat

Setelah menjelaskan tentang pengertian paragraf sebab akibat dan ciri ciri paragraf sebab akibat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh paragraf yang berupa sebab akibat. Adapun contohnya yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya
Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan ialah peristiwa perubahan bentuk yang terjadi di wilayah dengan banyak semak, rumput, pohon dan paku pakuan hingga menyebabkan pembakaran yang cukup besar. Api yang menyebabkan kebakaran hutan tersebut bersifat negatif dan positif, namun dampak negatifnya lebih banyak dibandingkan positifnya. Kebakaran hutan dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu karena ulah manusia dan faktor alam. Faktor alam yang menyebabkan kebakaran hutan dapat berbentuk sambaran petir, kekeringan dan musim panas berkepanjangan. Jika terdapat gesekan diantara batang pohon dan disertai dengan angin yang tertiup kencang, maka api kecil dapat tersulut dan berubah menjadi besar.

Kemudian untuk faktor ulah manusia yang menyebabkan kebakaran hutan dapat berbentuk penyengajaan pembakaran hutan dengan pembukaan lahan baru, membakar sampah di dekat hutan dan membuat putung rokok sembarangan. Penyebab pembakaran hutan karena ulah manusia lebih banyak dibandingkan faktor alamnya. Misalnya saja di Indonesia terdapat kebakaran hutan yang 95% dikarenakan ulah manusia. Dampak yang diberikan karena terjadinya kebakaran hutan ini cukup besar bagi lingkungan seperti banyak pepohonan mati, menyebabkan tanah longsor dan banjir, kabut asap dan membuat banyak binatang kehilangan tempat tinggal. Dampak dari kebakaran hutan dapat dikurangi dengan cara menjaga hutan secara bersama sama.

Sekian penjelasan mengenai pengertian paragraf sebab akibat, ciri ciri paragraf sebab akibat dan contoh paragraf sebab akibat. Paragraf sebab akibat ialah paragraf dari pola pikir paragraf induksi yang dikembangkan sehingga dibagian akhir paragrafnya memuat kalimat utama atau dinamakan dengan kesimpulan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Contoh Paragraf Sebab Akibat Beserta Pengertian dan Ciri Ciri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel