Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya

Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya - Disekeliling kita terdapat banyak sekali jenis jenis bunga. Namun apakah anda tahu fungsi bagian pada bunga itu? Bunga sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti bunga melati, sepatu, mawar, kamboja, anggrek dan sebagainya. Meski bunga tersebut terdiri dari berbagai jenis namun pada umumnya terdapat bagian bagian yang sama. Istilah bunga dalam bahasa Jawa dapat dinamakan dengan kembang. Namun untuk istilah bunga dalam Bahasa Inggris terkenal dengan nama flower. Bunga selalu diidentifikasikan sebagai sebuah lambang kecantikan dan cinta. Akan tetapi pengertian bunga dalam ilmu pengetahuan ialah sebuah bagian organisme dari suatu tumbuhan.

Istilah bunga dalam bahasa latin dapat diartikan sebagai "Flos" yakni bagian tumbuhan berbunga yang berupa alat reproduksi seksual seperti putik dan benang sari. Munculnya bunga tersebut dapat berlangsung secara bersama sama maupun tunggal sesuai dengan perkembangan dalam rangkaiannya. Munculnya bunga yang dilakukan secara bersama sama dapat dinamakan dengan inflorescence atau bunga majemuk. Akan tetapi adapula contoh bunga tunggal yang sering kita temui seperti bunga matahari dan Anthurium. Bunga majemuk tersusun oleh satuan bunga yang dinamakan dengan floret. Apakah anda tahu bagian bagian bunga itu? Apa saja fungsi bagian pada bunga itu?
Jenis Bunga Lengkap
Pada dasarnya bunga memiliki alat reproduksi yang berupa sel betina (putik) dan sel jantan (benang sari). Bunga tersebut memperoleh bantuan serangga dalam proses penyerbukannya. Misalnya serangga lebah maupun kupu kupu. Apabila anda lihat dengan jelas, maka dalam bunga tersebut terdapat beberapa bagian yang penting dengan fungsinya masing masing. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagian bagian bunga beserta fungsi bagian pada bunga dan gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya

Pada tumbuhan terdapat salah satu bagian yang cukup penting yaitu bunga. Bunga sendiri juga memiliki bagian bagiannya dengan fungsi yang berbeda beda. Misalnya bagian kelopak bunga, mahkota bunga dan sebagainya. Namun sebelum membahas tentang bagian bagian pada bunga beserta fungsinya, saya akan membahas mengenai jenis jenis bunga terlebih dahulu. Macam macam bunga berdasarkan kelengkapan bagian bagiannya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
  • Bunga lengkap ialah bunga yang di dalamnya terdapat 4 bagian utama seperti kelopak bunga, putik, mahkota bunga dan benang sari. Adapun contoh bunga lengkap yaitu bunga mawar dan bunga sepatu.
  • Bunga tidak lengkap ialah bunga yang didalamnya terdapat beberapa atau satu bagian utama saja. Untuk itu di dalamnya kemungkinan hanya terdapat salah satu organ reproduksi (putik ataupun benang sari) serta satu perhiasan bunga (kelopak atau mahkota) saja.
Pada dasarnya kelengkapan bagian pada bunga memang dapat digunakan untuk mengidentifikasi macam macam bunga, terutama bagian utama pada bunganya. Lalu apakah anda tahu apa saja bagian dalam bunga itu? Apa saja fungsi bagian pada bunga tersebut?
Baca juga : Materi Jaringan Tumbuhan, Struktur, Ciri, dan Contohnya

Bagian Bagian Bunga

Bunga memiliki beberapa bagian di dalamnya. Dalam struktur bunga tersebut terdapat empat bagian utama bunga secara umum yaitu kelompak bunga, putik, mahkota bunga dan benang sari. Selain itu adapula bagian lainnya yang berupa dasar bunga, daun pelindung, tangkai bunga dan bakal biji. Berikut penjelasan selengkapnya:
Bagian Bagian Pada Bunga

Mahkota Bunga

Bagian pada bunga yang pertama ialah mahkota bunga. Mahkota bunga dapat dinamakan dengan corolla. Bagian utama bunga ini tergolong paling mencolok. Hal ini dikarenakan fungsi mahkota bunga ialah menarik perhatian para serangga. Untuk itu warna pada bagian mahkota bunga memang beraneka ragam dan tampaknya juga sangat indah. Jika dibandingkan dengan bagian lainnya, maka mahkota bunga memang memiliki ukuran paling besar. Fungsi warna mahkota bunga yang mencolok ini ialah untuk menarik serangga yang membantu dalam proses penyerbukan bunga. Apakah anda tahu dimana letak mahkota bunga itu? Letak mahkota bunga berada di sebelah dalam kelompak bunga pada lingkarannya. Pengertian mahkota bunga secara morfologi ialah sebuah daun yang dimodifikasi karena berguna untuk menjaga organ reproduksi.

Kelopak Bunga

Bagian pada bunga selanjutnya ialah kelopak bunga atau dapat dinamakan dengan Calyx. Letak kelopak bunga berada di luar lingkaran. Fungsi bagian bagian bunga ini ialah untuk menjaga mahkota bunga saat kuncup hingga mekar terbuka menjadi mahkota. Warna kelopak bunga biasanya adalah hijau seperti warna daun dan berbeda dengan mahkota bunga yang indah. Ketika bunga masih kuncup atau belum mekar, bagian bagian dalam bunga lainnya juga ditutupi oleh kelopak bunga. Pengertian kelopak bunga secara morfologi ialah daun yang memperoleh modifikasi.
Baca juga : Pengertian Panca Indera, Macam Macam, Fungsi dan Gambarnya

Benang Sari

Bagian pada bunga seanjutnya ialah benang sari. Benang sari dapat disebut androecium yakni alat reproduksi jantan pada bunga. Biasanya bunga memiliki mikrosporangia yang merupakan empat kotak sari untuk alat reproduksi jantan pada bunga. Bahkan pada umumnya benang sari juga memiliki beberapa bagian lain seperti :
  • Filament (tangkai sari) ialah bagian benang sari yang letak kepala sarinya lebih tinggi dibandingkan bunganya sehingga proses penyerbukannya dapat terbantu.
  • Anter (kepala sari) ialah bagian tangkai sari yang paling ujung, dimana di dalamnya terdapat serbuk sari yang tertampung dalam ruang ruangnya.
  • Polen (serbuk sari) ialah bagian benang sari yang membantu proses penyerbukan menggunakan sel sel jantan di dalamnya.

Putik

Bagian bagian bunga selanjutnya ialah putik. Putik berfungsi untuk alat reproduksi betina. Putik dapat dinamakan dengan Gynoecium. Letak putik biasanya berada di bunga bagian tengah. Kandungan dalam putik tersebut bermanfaat dalam proses pertumbuhan karena memiliki sel telur. Di bawah ini terdapat beberapa bagian putik lainnya yaitu sebagai berikut:
  • Stilus (tangkai putik) ialah bagian putik yang letak kepala putiknya lebih tinggi dibandingkan bunga sehingga penyerbukannya dapat terbantu di dalam proses tersebut.
  • Stigma (kepala putik) ialah bagian putik yang paling pucuk atau ujung.
  • Ovarium (bakal buah) ialah bagian putik yang berada di bunga paling dasar dengan kandungan sel telur di dalamnya.

Bakal Buah

Bagian pada bunga selanjutnya ialah bakal buah atau dikenal dengan nama ovarium. Bakal buah disini sebenarnya masih tergolong bagian putik. Akan tetapi juga dapat dikategorikan bagian pada bunga yang cukup penting. Letak bakal buah berada di bagian bunga paling dasar, dimana di dalamnya terdapat kandungan sel telur. Bakal buah berfungsi untuk tempat pembuahan terjadi sehingga gamet betina dapat melebur dengan gamet jantan. Maka dari itu kemungkinan bakal buah dapat terbentuk.

Bakal Biji

Bagian bagian bunga selanjutnya ialah bakal biji. Bagian pada bunga ini dapat anda temukan pada jenis tumbuhan yang memiliki biji. Bakal buah berfungsi untuk menjaga dan tempat dimana serbuk sari membuahi sel telur yang dipertemukan dalam proses penyerbukan. Setelah pembuahan bakal biji ini berlangsung, kemudian akhirnya akan menjadi biji setelah berkembang. Bakal biji pada sekelompok tumbuhan berbunga biasanya dibungkus oleh ovarium atau bakal buah. Sedangkan bakal biji pada sekelompok tumbuhan berbiji dapat dilihat dan terbuka langsung.

Tangkai Bunga

Bagian pada bunga selanjutnya ialah tangkai bunga. Tangkai bunga memiliki nama latin "Pedicellus". Tangkai bunga berguna untuk mendukung cabang bunga bagian terakhir. Letak bagian bunga tersebut ada di bunga bagian bawah. Tangkai bunga berfungsi untuk menopang bunga dan menghubungkan ranting dengan bunga.

Sekian penjelasan mengenai bagian bagian bunga beserta fungsi bagian pada bunga dan gambarnya. Bunga memiliki empat bagian utama bunga secara umum yaitu kelompak bunga, putik, mahkota bunga dan benang sari. Selain itu adapula bagian lainnya yang berupa dasar bunga, daun pelindung, tangkai bunga dan bakal biji. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel