Contoh Satelit Beserta Pengertian dan Macamnya

Contoh Satelit Beserta Pengertian dan Macamnya - Pengertian satelit secara umum ialah benda langit yang gerakannya mengelilingi planet tertentu dan tidak mempunyai sumber cahayanya sendiri serta mempunyai periode rotasi dan revolusi tertentu dalam mengikuti peredaran planetnya. Macam macam planet secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu satelit buatan dan satelit alami. Satelit alami merupakan benda luar angkasa yang orbitannya menuju benda atau planet, dimana ukurannya lebih besar darinya dan pembuatannya tidak dilakukan oleh manusia. Contohnya satelit alami bumi yang berupa bulan.

Berdasarkan hukum Keppler atau pergerakan keplerian terdapat gerakan satelit secara umum dalam mengelilingi bumi sehingga sesuai dengan berbagai asumsi seperti medan gaya berat yang terdapat dalam sentral bumi mempengaruhi gerakan satelit, gerakan satelit tetap berada dalam ruang bidang orbit, massa satelit berbeda dengan massa bumi, dalam ruang hampa terdapat gerakan satelit, dan pergerakan satelit tidak dapat dipengaruhi oleh bulan, matahari serta benda langit lainnya. Apa pengertian satelit itu? Apa saja macam macam satelit? Apa saja contoh satelit itu?
Penggunaan Satelit Dalam Sebuah Planet
Selain satelit alami, adapula satelit buatan yaitu benda yang diluncurkan demi kepentingan tertentu menuju luar angkasa dan pembuatannya dilakukan oleh manusia. Satelit buatan melakukan perputaran dengan mengikuti rotasi dari bukti di angkasa. Jenis jenis satelit buatan didasarkan pada kegunaan dan bentuknya seperti satelit komunikasi, satelit militer, satelit cuaca dan satelit iptek. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh satelit beserta pengertian satelit dan macam macam satelit. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Satelit Beserta Pengertian dan Macamnya

Peluncuran satelit membutuhkan bantuan dari roket untuk sampai di orbitnya sehingga dapat beroperasi. Satelit dilontarkan ke orbitnya melalui sebuah stasiun yang dimiliki oleh beberapa negara maju seperti Rusia, Cina, Amerika Serikat dan Perancis. Negara negara tersebut memiliki stasiunnya sendiri dalam meluncurkan satelit buatan milik negaranya. Pengertian satelit secara umum ialah benda langit yang gerakannya mengelilingi planet tertentu dan tidak mempunyai sumber cahayanya sendiri serta mempunyai periode rotasi dan revolusi tertentu dalam mengikuti peredaran planetnya.
Baca juga : Nama Nama Planet Dalam Sistem Tata Surya Beserta Ciri Ciri
Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa macam macam satelit terdiri dari dua jenis yakni satelit buatan dan alami. Setiap jenis satelit memiliki karakteristik dan contoh satelitnya masing masing. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai jenis jenis satelit beserta pengertian dan contohnya. Selain itu adapula penjelasan mengenai fungsi fungsi satelit. Berikut penjelasan selengkapnya:

Satelit Alami

Macam satelit yang pertama ialah satelit alami. Pengertian satelit alami ialah sebuah benda yang diorbit keluar angkasa dalam suatu planet dan tidak dibuat oleh manusia. Salah satunya ialah planet bumi yang memiliki bulan sebagai satelit alaminya. Gerakan yang dilakukan oleh bulan sebanyak tiga sekaligus saat mengelilingi bumi yaitu berevolusi, berotasi, matahari dikelilingi revolusi bulan dan bumi dikelilingi bulan. Di bawah ini terdapat fungsi satelit alami yaitu sebagai berikut:
  • Sebagai pelindung planet yang diorbitnya secara tidak langsung dari hantaman benda langit seperti asteroid dan komet.
  • Sebagai pengontrol kecepatan rotasi di suatu planet.
  • Agar perputaran siklus air laut menjadi seimbang karena terjadi pasang surut air laut.
  • Agar efek radiasi sinar ultraviolet yang ditimbulkan dapat berkurang.
  • Untuk menerangi planet ketika malam hari.
Selain pengertian satelit alami dan fungsi satelit alami di atas, adapula contoh satelit alami. Jenis satelit ini memiliki beberapa contoh diantaranya:
  • Bulan yang dimiliki oleh planet Bumi sebagai satelit alaminya.
  • Ganymede
  • Satelit Titan yang orbitannya menuju planet Saturnus.
  • Callisto
  • Satelit Io yang terdapat  disekeliling planet Jupiter.
Baca juga : Materi Jaringan Tumbuhan, Struktur, Ciri, dan Contohnya

Satelit Buatan

Macam satelit selanjutnya ialah satelit buatan. Pengertian satelit buatan ialah sebuah benda luar angkasa yang diorbit ke suatu planet dan dibuat oleh manusia dengan tujuan, jenis dan fungsi tertentu bagi kepentingan manusia. Adapun beberpa jenis satelit buatan beserta fungsi satelitnya yaitu meliputi:

Satelit Navigasi
Jenis satelit buatan yang pertama yaitu satelit navigasi. Definisi satelit navigasi ialah sebuah satelit yang dibuat oleh manusia untuk kepentingan dalam dunia pelayaran dan penerbangan. Fungsi satelit navigasi ialah memberikan informasi mengenai letak kapal dan pesawat terbang ketika dalam perjalanan.

Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi dapat diartikan sebagai macam satelit buatan yang digunakan dalam dunia komunikasi. Biasanya contoh satelit komunikasi ini ditujukan untuk telepon, televisi dan lain lain.

Satelit Meteorologi
Jenis satelit buatan selanjutnya ialah satelit meteorologi. Pengertian satelit meteorologi ialah satelit yang dibuat oleh manusia untuk memeriksa keadaan atmosfer di bumi sehingga peramalan cuacanya dapat dilakukan.

Satelit penelitian
Satelit penelitian ialah satelit yang digunakan untuk memeriksa alam semesta dan tata surya dengan bebas dan lebih luas tanpa dipengaruhi oleh adanya atmosfer. Berbagai data tentang bintang bintang dan matahari diperoleh dengan upaya melalui satelit ini sehingga rahasia alam semesta dapat diketahui. Biasanya contoh satelit ini banyak digunakan oleh para ahli.

Satelit Militer
Macam satelit selanjutnya ialah satelit militer. Pengertian satelit militer ialah satelit yang digunakan dalam dunia militer negara. Contohnya mengintai musuh dalam hal kekuatan senjata yang digunakannya.

Satelit Survei Sumber Daya Alam
Fungsi satelit ini ialah untuk menyelidiki dan memetakan berbagai sumber alam di bumi demi kepentingan pertanian, pertambangan, perikanan dan lain lain.
Baca juga : Pengertian Panca Indera, Macam Macam, Fungsi dan Gambarnya

Macam Macam Satelit Lainnya

Selain jenis jenis satelit di atas, adapula macam macam dari satelit menurut ketinggian garis edarnya. Berikut jenis jenisnya yaitu sebagai berikut:

Satelit Low Earth Orbit (LEO)
Pengertian satelit LEO ialah satelit yang memiliki garis edar cukup rendah dari permukaan bumi sekitar 500 – 10.000 km. Satelit LEO memiliki revolusi yang waktunya 2 – 6 jam. Adapun contoh satelit LEO yaitu meliputi Iridium, Constellation, Global Star, Odessey, dan Elipsat.

Satelit Medium Earth Orbit (MEO)
Macam satelit selanjutnya ialah satelit Medium Earth Orbit atau MEO. Satelit MEO dapat diartikan sebagai satelit yang memiliki garis edar dari permukaan bumi tingkat menengah sekitar 10.000 – 20.000 km. Contoh satelit ini memiliki revolusi yang waktunya 6 – 12 jam.

Satelit Geostatinonary Earth Global (GEO)
Jenis satelit berdasarkan ketinggian garis edar selanjutnya ialah satelit Geostatinonary Earth Global atau GEO. Satelit GEO merupakan satelit yang terletak di orbit geostasioner dari permukaan bumi sejauh 36.000 km. Satelit GEO memiliki revolusi yang disebabkan oleh sebuah orbit bernama orbit stasioner. Adapun contohnya yaitu satelit intelsat dan satelit palapa.

Sekian penjelasan mengenai contoh satelit beserta pengertian satelit dan macam macam satelit. Satelit ialah benda langit yang gerakannya mengelilingi planet tertentu dan tidak mempunyai sumber cahayanya sendiri serta mempunyai periode rotasi dan revolusi tertentu dalam mengikuti peredaran planetnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Contoh Satelit Beserta Pengertian dan Macamnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel