Materi Delegasi, Pengertian, Unsur, Jenis dan Contoh Delegasi

Materi Delegasi, Pengertian, Unsur, Jenis dan Contoh Delegasi - Seorang pimpinan dalam menjalankan tugasnya dalam sebuah organisasi selalu bergantung pada hak dan wewenang yang dimiliki oleh jabatannya. Dengan begitu instruksi yang diberikan atau dilaksanakan untuk para bawahannya dapat dilakukan sebagaimana mestinya sebuah wewenang yang diberikannya. Apa yang dimaksud wewenang itu? Wewenang adalah hak yang digunakan untuk menurut atau memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu sehingga tujuan tertentunya dapat dicapai. Dalam wewenang tersebut adapula delegasi. Apa definisi delegasi? Apa saja unsur unsur delegasi itu? Apa saja jenis jenis delegasi? Apa saja contoh delegasi?

Dalam delegasi terdapat sebuah wewenang yang berbentuk delegasi wewenang. Wewenang ini dijadikan sebagai sebuah delegasi yang diperoleh atau wewenang yang melimpah dalam organisasi dari atasan ke bawahan. Kemudian untuk pengertian delegasi wewenang ialah bagian dari tugas yang didelegasi. Untuk itu jika delegasi dan wewenang telah ada, maka akuntabilitas serta kehadirannya akan mengikuti. Pendelegasian otoritas sendiri harus diberikan kepada orang yang baik dan tepat, baik dalam kualifikasi fisik maupun sudut pandangnya. Semua itu tentunya tidak terlepas dari adanya unsur unsur delegasi, jenis jenis delegasi dan contoh delegasi.
Arti Sebuah Delegasi
Kemudian adapula wewenang yang didelegasian kepada seseorang dan dilengkapi dengan motivasi yang diberikan. Untuk kategori delegasi resmi biasanya harus bisa mengawasi dan membimbing orang orang melalui sebuah kekuasaan. Dengan begitu wewenang yang diterimanya dapat melimpah. Apa saja contoh wewenang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian delegasi, unsur unsur delegasi, jenis jenis delegasi dan contoh delegasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Delegasi, Pengertian, Unsur, Jenis dan Contoh Delegasi

Sebelum menjelaskan tentang definisi delegasi, unsur unsur delegasi, jenis jenis delegasi dan contoh delegasi. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai delegasi terlebih dahulu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap organisasi memiliki proses dasar berupa tanggung jawab dan wewenang yang dilimpahkan kepada pihak lain. Dengan kata lain tujuannya ialah melimpahkan atau memberikan tanggung jawab dan wewenang kepada orang lain. Dengan begitu berlangsungnya beberapa fungsi dan keputusan yang diambil dapat dijalankan dengan baik dalam sebuah organisasi.
Baca juga : Klasifikasi Industri Berdasarkan Tenaga Kerja dan Bahan Bakunya Terlengkap
Pengertian delegasi secara umum ialah seseorang yang dipilih menjadi utusan atau perwakilan dari sebuah lembaga atau kelompok tertentu agar dapat mewakilinya. Pemberian delegasi dalam organisasi tersebut langsung untuk bawahan atau pihak lain yang tingkatannya lebih rendah. Selain itu adapula definisi delegasi lainnya yaitu sebuah tindakan untuk melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu melalui pelimpahan sebagian tanggung jawab dan wewenang kepada pihak lain. Namun wewenang yang dilimpahkan tadi harus dapat dipertanggungjawabkan oleh penerima pihak dari wewenang tersebut.

Selain definisi secara umum, adapula definisi delegasi menurut para ahli. Adapun beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari delegasi yaitu sebagai berikut:

Charles J. Keating
Delegasi menurut Charles J. Keating ialah sebuah kewibawaan dan tanggung jawab yang sebagiannya diberikan kepada orang lain.

Utje Slamet
Pengertian delegasi menurut Utje Slamet ialah tanggung jawab dan wewenang formal yang dilimpahkan kepada orang lain sehingga aktivitas atau kegiatan tertentu dapat dilakukan. Pendapat ini disebutkan dalam bukunya yang berjudul "Dasar Dasar Pemasaran".

Rusli Jacob
Definisi delegasi menurut Rusli Jacob ialah tanggung jawab dan kekuasaan formal atau otoritas yang diberikan kepada orang lain agar aktivitas atau kegiatan tertentu dapat dilakukan. Atasan yang melimpahkan otoritas kepada bawahannya memang dibutuhkan karena fungsi dari organisasi tersebut dapat lebih efisien. Hal ini dikarenakan secara efisien tidak ada pengawasan dari atasan dan setiap tugas tugas dalam organisasinya bersifat pribadi. 
Baca juga : Mengenal Klasifikasi Industri di Indonesia Terlengkap
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Delegasi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah seseorang yang diutus dan dipilih dalam sebuah musyawarah (perundingan) oleh suatu negara atau perkumpulan, pelimpahan dan penyerahan wewenang, perutusan, serta atasan yang melimpahkan wewenang kepada bawahan dalam lingkungan tugas tertentu dengan ketentuan orang yang ditugasi tersebut dapat mempertanggungjawabkan kewajibannya.

Unsur Unsur Delegasi

Setelah membahas tentang pengertian delegasi, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang unsur unsur delegasi. Delegasi memiliki beberapa unsur di dalamnya yaitu meliputi:

Responsibility (Tugas)
Unsur delegasi yang pertama ialah Responsibility atau tugas. Responsibility atau tugas ialah seseorang yang nantinya harus melaksanakan semua pekerjaan dengan cara memperoleh tanggung jawab dan wewenang itu. Pemberian wewenang dalam organisasi tersebut dilakukan oleh atasan secara langsung kepada bawahan atau unit kerja yang tingkatannya lebih rendah.

Authority (Kekuasaan)
Unsur dari delegasi selanjutnya ialah Authority atau kekuasaan. Authority atau kekuasaan ialah seseorang yang menerima seluruh hak dan wewenang terkait fungsinya sehingga keputusannya dapat diambil. Dalam hal ini pengambilan keputusan dianggap legal atau sah untuk memberikan tindakan atau perintah sesuatu yang menyebabkan pekerjaan dapat selesai.

Accountability (Pertanggungjawaban)
Unsur delegasi selanjutnya ialah Accountability atau pertanggungjawaban. Accountability atau pertanggungjawaban ialah seseorang yang memiliki kewajiban untuk memberikan wewenang melalui pemanfaatan sumber daya yang ada dalam mengelola aktivitas atau kegiatan serta secara transparan hasil pekerjaannya harus diungkapkan.

Jenis Jenis Delegasi

Selain pengertian delegasi dan unsur unsur delegasi di atas. Adapula jenis jenis delegasi yang dapat dibagi menjadi beberapa macam. Adapun macam macam delegasi yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Cara Menyusun Kertas Kerja Dagang Beserta Contohnya
Pendelegasian Seluruh
Jenis delegasi yang pertama ialah pendelegasian seluruh. Pendelegasian seluruh ialah pendelegasian yang berdasar pada metode. Dengan kata lain pelaksanaan sesuatu hal harus secara detail dan rinci agar sesuai dengan tahapan tahapan dalam pelaksanaannya. Biasanya cara delegasi yang satu ini sering dilakukan oleh para manajer. Hal ini dikarenakan pendelegasian seluruh dapat digunakan untuk membuat kesalahan dapat diminimalisir. Maka dari itu jalannya pendelegasian dapat sesuai keinginan dan tidak keluar dari jalurnya.

Namun jenis delegasi seluruh ini memiliki kelemahannya sendiri. Adapun kelemahan pendelegasian seluruh yaitu critical thinking bawahan kurang dilatih ketika kesalahan dilakukan oleh mereka. Hal ini membuat tanggungjawab bawahan kurang terasa kepada pencapaian hasilnya nanti.

Pendelegasian Pengurusan
Jenis delegasi selanjutnya ialah pendelegasian pengurusan. Pengertian delegasi pengurusan ialah pendelegasian yang cenderung mengarah pada hasil atau outputnya. Pendelegasian pengurusan memiliki kelebihan yaitu tanggung jawab bawahan lebih tinggi kepada hasilnya nanti melalui pilihan metode yang diberikan. Dengan kata lain bawahan harus diberikan kepercayaan penuh oleh seorang atasan ketika pendelegasian jenis ini diberikan. Hal ini dikarenakan titik tertinggi motivasi berada pada sebuah kepercayaan.

Kemudian kinerja terbaik yang dihasilkan oleh bawahan atas dasar dari kepercayaan tersebut. Jika pelaksanaan pendelegasian pengurusan dapat berjalan baik, maka keuntungan akan didapatkan oleh kedua belah pihak tadi. Selain itu penyelesaian pekerjaan yang banyak juga dapat berlangsung dengan singkat.

Sekian penjelasan mengenai pengertian delegasi, unsur unsur delegasi, jenis jenis delegasi dan contoh delegasi. Delegasi merupakan seseorang yang dipilih menjadi utusan atau perwakilan dari sebuah lembaga atau kelompok tertentu agar dapat mewakilinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Materi Delegasi, Pengertian, Unsur, Jenis dan Contoh Delegasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel