Pengertian Tes Pauli, Cara Mengerjakan, Tips dan Saran Lengkap

Pengertian Tes Pauli, Cara Mengerjakan, Tips dan Saran Lengkap - Istilah tentang pauli test atau tes pauli sering kita dengar dalam menyelesaikan soal soal psikotes. Lalu apa sebenarnya pengertian tes pauli ini? Bagaimana cara mengerjakan tes pauli? Apa saja tips mengerjakan tes pauli? Apa saja saran mengerjakan tes pauli yang benar? Tes pauli sendiri dapat dinamakan dengan tes koran. Ketika kita akan melamar sebuah pekerjaan tentunya para calon karyawan akan diberikan beberapa tes untuk mengetahui kemampuan mereka apakah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan ataupun tidak. Salah satunya ialah tes psikotes tersebut.
Tata Cara Pengerjaan Tes Pauli
Dalam tes psikotes terdapat salah satu jenis tes yaitu tes koran atau tes pauli (pauli test). Dalam proses penerimaan atau rekruitmen karyawan pada dasarnya banyak menggunakan dan populer dengan bentuk psikotes seperti tes koran ini. Pada tahun 1938, Richard Pauli mengembangkan tes pauli sebagai bentuk kemajuan dari tes kraeplin yang dibuat oleh Emil Kraeplin. Pada kesempatan kali saya akan menjelaskan tentang pengertian tes pauli, cara mengerjakan tes pauli, tips mengerjakan tes pauli, dan saran mengerjakan tes pauli lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Tes Pauli, Cara Mengerjakan, Tips dan Saran Lengkap

Pada umumnya bentuk tes pauli memiliki ukuran besar berupa selembar kertas yang isinya susunan gugusan angka berjalur jalur dan membujur. Tes pauli memiliki beberapa kolom angka yang terdapat di dua halaman secara bolak balik. Untuk itu soal yang harus dikerjakan memiliki jumlah sebanyak 2000 angka lebih. Maka dari itu akan lebih baik jika anda mengetahui bagaimana cara mengerjakan tes pauli, tips mengerjakan tes pauli dan saran mengerjakan tes pauli yang baik dan benar.
Baca juga : Respon Individu dan Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Terlengkap
Pengertian tes pauli ialah jenis tes psikotes yang isinya beberapa angka disusun menjadi satu sampai bentuknya menyerupai grafik. Jenis tes ini dapat dikategorikan sebagai Battery Test karena membutuhkan tenaga dan waktu untuk mengerjakannya. Pengerjaan tes pauli ini harus dilaakukan dengan tepat, tidak memakan waktu lama dan cepat. Tidak heran jika kegunaan pauli test ialah untuk mengetahui unsur kepribadian dari para calon karyawan. Untuk itu apabila pengerjaan tes pauli banyak ditemukan kesalahan, maka anda akan dianggap mempunyai kepribadian yang tidak cermat, daya tahan kurang, tidak teliti dan kurang hati hati dalam pekerjaan.

Tes pauli dan tes kraeplin dapat dinamakan dengan hitungan koran karena digunakan untuk melihat kemampuan dasar anda dalam menghitung cepat. Kedua jenis tes psikotes tersebut berbentuk lajur dan disusun membujur atas bawah, dimana di dalamnya terdapat gugusan angka dari 1 sampai 9. Dalam waktu tertentu, anda diharuskan untuk mengerjakan tes ini dengan menjumlahkan dua angka di setiap lajur yang berdekatan. Cara mengerjakan tes pauli ialah dengan menjumlahkan kedua bilangan yang berdekatan. Setelah itu di sela kedua bilangan tadi ditulis hasil penjumlahannya. Apabila hasilnya berbentuk dua digit angka atau puluhan, maka hanya angka satuan atau digit terakhir saja yang perlu ditulis.

Dari penjelasan ini tentunya secara garis besar anda mengetahui pengertian tes pauli dan cara mengerjakan tes pauli tersebut. Namun anda harus mengetahui bahwa hasil tes pauli akan mengukur sikap tekanan, pengendalian emosi, keuletan kerja, ketelitian, konsistensi, kecepatan, daya tahan kerja, produktivitas kerja, kemampuan daya penyesuaian diri dan sikap kerja dalam melakukan sebuah pekerjaan tersebut. Maka dari itu anda harus tahu betul bagaimana tips mengerjakan tes pauli yang benar. Bahkan saran saran mengerjakan tes pauli dari teman atau orang lain sangat membantu anda untuk menyelesaikan tes dengan hasil yang baik.
Baca juga : Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap

Cara Mengerjakan Tes Pauli

Setelah menjelaskan tentang pengertian tes pauli, selanjutnya saya akan membahas tentang cara mengerjakan pauli test ini. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tes pauli sebanyak 60 menit. Tes pauli dikerjakan dengan cara setiap angka satuan dijumlahkan dari atas ke bawah secara berurutan. Hasil penjumlahan yang diperoleh kemudian ditulis pada bagian satuannya saja. Contohnya hasil penjumlahan yang diperoleh adalah angka 15, maka penulisannya cukup angka 5 (digit terakhir) saja.

Cara mengerjakan tes pauli tidak hanya itu saja, para perserta akan disuruh untuk membuat garis sebagai tanda tertentu setiap 3 menit sekali. Tes pauli (pauli test) akan dinyatakan selesai jika waktu 60 menit telah berlangsung. Tes pauli atau Pauli test dapat dikerjakan dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:
  • Kemampuan dalam berhitung cepat.
  • Konsentrasi.
  • Kemauan dan motivasi yang keras.
  • Kecepatan untuk penulisan tegak.
  • Ketelitian.
  • Fokus.
  • Energi yang prima.

Tips Mengerjakan Tes Pauli

Setelah menjelaskan tentang pengertian tes pauli dan cara mengerjakan tes pauli di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang tips mengerjakan tes pauli dengan benar. Pauli test dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat melalui beberapa tips yang akan saya bagikan seperti di bawah ini:
  • Sebaiknya arahan dari pengawas didengarkan dengan benar.
  • Ketika arahan diberikan oleh pengawas, usahakan tidak berbicara dengan teman karena dalam arahan tersebut terdapat cara mengisi jawaban penjumlahannya, baik berupa dua digit ataupun satu digit.
Baca juga : Fungsi Lembaga Sosial, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Terlengkap
Dalam penjumlahan tes pauli, kita sering menemukan hasil jawaban berupa dua digit angka. Untuk itu hasil penjumlahan yang perlu ditulis hanya satu digit angka saja atau digit terakhirnya. Contohnya 7 + 6 = 13 (angka yang perlu ditulis cukup 3 saja), 4 + 2 = 6 (cukup ditulis angka 6 karena terdiri dari satu digit saja), dan sebagainya.

Saran Mengerjakan Tes Pauli

Selain pengertian tes pauli, cara mengerjakan tes pauli dan tips mengerjakan tes pauli di atas. Adapula saran mengerjakan tes pauli dengan benar. Pada dasarnya dalam mengerjakan tes pauli harus melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:
  • Lebih cermat dan teliti.
  • Konsentrasi terhadap lembar tes milik sendiri.
  • Tetap menjaga konsistensi.
  • Memperbanyak latihan tes pauli untuk dikerjakan.
  • Menjaga konsenrasi.
  • Jangan hiraukan satu jalur yang terlewat jika bahwa waktu yang ditentukan telah habis. Usahakan tetap mengerjakan jalur tes pauli berikutnya.
Setelah tes pauli dikerjakan, maka tes tersebut akan diteliti oleh penilai pauli test dengan kemampuan yang tekun dan teliti. Penilaian tersebut dilakukan untuk memperoleh skoring sebagai bentuk sikap kompeten dari para calon karyawan. Dalam skoring tes Pauli biasanya memperhatikan beberapa poin penting seperti:
  • Banyaknya jawaban yang benar.
  • Total penjumlahan yang diselesaikan.
  • Banyaknya jawaban yang salah.
  • Banyaknya jawaban yang diganti atau dirubah.
  • Banyaknya kolom atau lajur yang dilewatkan.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tes pauli, cara mengerjakan tes pauli, tips mengerjakan tes pauli, dan saran mengerjakan tes pauli lengkap. Pauli test ialah jenis tes psikotes yang memerlukan kemampuan individu secara penuh. Hal ini dikarenakan hasil dari tes ini akan menunjukkan sikap kepribadian yang anda miliki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Tes Pauli, Cara Mengerjakan, Tips dan Saran Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel