Pengertian PIC dan Syarat Syaratnya Lengkap

Pengertian PIC dan Syarat Syaratnya Lengkap - Istilah PIC (Person In Charge) sering kita dengar sehari hari dalam dunia kerja. Lantas apa pengertian Person In Charge itu? Apa saja syarat syarat menjadi PIC? Istilah istilah dalam dunia kerja tersebut berhubungan dengan pokok setiap individu atau masing masing personil, tugas dan fungsi dalam kantor tersebut. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan bahwa istilah ini digunakan untuk melakukan aktivitas aktivitas yang terdapat di perusahaan atau kantor. Istilah istilah tertentu ini dapat dimulai dari berbagai aktivitas yang dilakukan dalam perkantoran tersebut. Contohnya pertemuan yang mendadak ataupun pertemuan rutin yang membahas sebuah persoalan.
Definisi PIC dalam Dunia Kerja
PIC memang terkenal sebagai istilah perkantoran yang populer. Namun dalam dunia pendidikan pun istilah personal in charge juga sudah mulai dikenalkan pada siswa. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran seperti apa dunia kerja nantinya. Materi PIC sendiri biasanya ditemukan di sekolah vokasional (SMK) khususnya program administrasi perkantoran.

Selain PIC atau Person In Charge, adapula istilah mengenai breafing and meeting. Istilah ini timbul dalam sebuah pertemuan di kantor yang dulunya tidak keren. Untuk itu sampai sekarang istilah ini sering digunakan dalam dunia kerja. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian PIC (Person In Charge) dan syarat syarat menjadi PIC lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.


Pengertian PIC dan Syarat Syaratnya Lengkap

Istilah Person In Charge tidak sering disebutkan oleh orang banyak. Maka dari itu tidak heran jika istilah ini tidak terlalu sering kelihatan. Namun dalam sebuah perkantoran terdapat kedudukan atau posisi tertentu yang mengetahui tentang istilah PIC ini. Istilah PIC ini digunakan oleh seseorang sebagai bentuk identitas dalam sebuah kantor untuk menyelesaikan tugas tertentu. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian Person In Charge (PIC) dan syarat syarat menjadi PIC yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian Pelayanan Prima, Tujuan, Konsep, Jenis, Contoh dan Pentingnya

Pengertian PIC

Pengertian Person In Charge ialah sebuah istilah yang berguna sebagai bentuk sebutan bagi seseorang dalam administrasi perkantoran untuk menjalankan tanggung jawabnya dalam hal hal tertentu. Dengan kata lain Person In Charge (PIC) merupakan seseorang di dalam kantor yang memiliki tanggung jawab menyelesaikan tugas tugas tertentu. Seorang kepala divisi atau manajer (atasan) memberikan kedudukan PIC kepada bawahannya karena dianggap memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tugas yang diberikan kepada Person In Charge dapat bersifat jangka pendek ataupun jangka panjang. Seseorang yang dijadikan sebagai PIC memiliki tanggung jawab dalam waktu tertentu untuk melaporkan perkembangan tugas yang ditanganinya kepada atasannya.

Dari pengertian PIC tersebut kita tentunya mengetahui maksudnya secara garis besar. Adapun contoh pekerjaannya seperti PIC diserahkan kepada dua koordinator tim marketing atas perintah dari kepala divisi pemasaran atau marketing untuk menyelesaikan tugas khusus. Tugas yang diberikan secara resmi berhubungan dengan pemasaran prosuk terbaru yang akan rilis dengan segera. Untuk itu tugas kedua koordinator ialah untuk mengatur pemasaran produk terbaru tersebut dalam lingkup masyarakat luas. Pemasaran tersebut dapat dilakukan dalam dunia maya ataupun dunia nyata dengan berbagai cara yang dilakukan.

Koordinator marketing biasanya memiliki beberapa anak buah dalam prosesnya sehinga mereka dapat menjalankan tiugasnya sesuai dengan perintah kepala divisi. Tugas tersebut harus dilakukan sesuai perintah di lapangan langsung karena mereka termasuk dalam karyawan kecil. Semua anggota tim marketing akan melakukan diskusi setiap seminggu sekali sehingga perencanaan dapat dilakukan atau dievaluasi. Kemudian kepala divisi akan memperoleh hasil evaluasi mingguan yang berasal dari koordinator marketing.
Baca juga : Pengertian Kepuasan Pelanggan, Faktor dan Prinsipnya

Syarat Syarat Menjadi PIC

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PIC dapat dilakukan. Mempelajari syarat menjadi personal in charge tersebut tidaklah mudah, namun jika berusaha tentu kita bisa melakukannya. Setelah membahas tentang pengertian PIC, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang beberapa syarat menjadi PIC. Berikut beberapa syarat menjadi Person In Charge yaitu diantaranya:
  • Memiliki keahlian tertentu. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan perusahaan, ia ditugaskan untuk menyelesaikan hal hal penting.
  • Dalam kegiatan perusahaan, PIC akan dijadikan sebagai sosok penyelamat sehingga harus mengemban tugasnya dengan baik.
  • Memiliki extra tanggung jawab seperti keahliannya yang dipertanggung jawabkan secara moral.
  • Memiliki mental yang kuat sehingga ketika PIC diberikan tekanan kerja, maka mereka tidak akan mudah stress.
Syarat syarat menjadi PIC tersebut harus dimiliki agar dapat mengisi posisi person in charge dalam perusahaan. Dengan begitu perusahaan tidak akan kekurangan kinerja karyawan yang menyebabkan kemunduran dalam kantor tersebut.

Sekian penjelasan mengenai pengertian PIC dan syarat syarat menjadi PIC. Pengertian Person In Charge ialah seseorang di dalam kantor yang memiliki tanggung jawab menyelesaikan tugas tugas tertentu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian PIC dan Syarat Syaratnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel