Respon Individu dan Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Terlengkap

Respon Individu dan Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Terlengkap - Dalam masyarakat sering terjadi perubahan sosial yang menyebabkan keberagaman reaksi karena perubahan tersebut dialami oleh masyarakat itu sendiri. Maka dari itu banyak sekali respon masyarakat terhadap perubahan sosial tersebut, baik sifatnya menerima ataupun menolak perubahan itu. Selain itu respon masyarakat tentang perubahan sosial juga dapat berbentuk apatis dan proaktif, positif dan negatif serta adaptif maupun moderat. Apa pengertian perubahan sosial itu? Perubahan sosial atau social change secara umum dapat diartikan sebagai sebuah perubahan dalam masyarakat yang terjadi karena berhubungan dengan sikap sosial, nilai, pola pikir, norma serta semua pola perilaku manusia di masyarakat.
Respon Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial
Perubahan memang akan dialami oleh setiap insividu atau masyarakat secara terus menerus. Hal ini dikarenakan setiap anggota kelompok atau individu mempunyai kemampuan dan pemikiran dari waktu ke waktu yang terus berkembang. Tetapi perubahan yang terjadi dalam sebuah kelompok masyarakat satu dengan kelompok masyarakat lainnya akan memiliki perbedaan tingkat. Perubahan dapat terjadi secara cepat, adapula yang terjadi secara lambat dalam proses perubahannya. Semua itu tergantung pada tindakan, kebutuhan dan kesadaran dalam anggota kelompoknya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang respon individu dan masyarakat terhadap perubahan sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Respon Individu dan Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Terlengkap

Pengertian perubahan sosial menurut Mac Iver ialah terjadinya perubahan dalam keseimbangan hubungan sosial atau perubahan yang terdapat dalam hubungan sosial (social relation). Di bawah ini terdapat beberapa respon masyarakat terhadap perubahan sosial yang muncul secara garis besar yaitu meliputi:
Baca juga : Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap

Terjadinya Penolakan

Respon individu dan masyarakat terhadap perubahan sosial yang pertama dapat berupa penolakan. Penolakan penolakan tersebut sering timbul karena banyak unsur unsur dari luar masuk ke dalam masyarakat yang bekepentingan. Jika tingkat pengaruhnya kecil, maka tidak dapat mengakibatkan berbagai kegoncangan di dalamnya. Akan tetapi jika yang ditimbulkan memiliki dampak besar, maka kegoncangan dan ketegangan akan muncul di dalamnya.

Inilah yang menjadi bentuk respon masyarakat terhadap perubahan sosial mengenai sebuah penolakan. Munculnya kegoncangan kegoncangan tersebut disebabkan oleh unsur unsur yang berlawanan. Maka dari itu nilai nilai sosial dalam masyarakat dapat berpengaruh. Apabila hal ini terus menerus terjadi, maka diantara warga masyarakat akan terjadi perpecahan serta menimbulkan rasa kekecewaan yang mendalam.
Baca juga : Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya

Terjadinya Penerimaan

Respon individu dan masyarakat terhadap perubahan sosial selanjutnya dapat berupa penerimaan. Keseimbangan dalam masyarakat atau social equiblirium ialah kondisi dalam setiap masyarakat yang sesuai dengan keinginan mereka. Maka dari itu jika dalam masyarakat terdapat sebuah keseimbangan, maka fungsi lembaga pokok kemasyarakatan dapat dijalankan sebagaimana mestinya dan dapat saling mengisi kekurangan di masyarakat tersebut. Dengan begitu secara psikologis akan membuat individu menjadi lebih tentram, baik dari segi benturan nilai nilai ataupun pertentangan norma norma di dalamnya.

Inilah yang menjadi bentuk respon masyarakat terhadap perubahan sosial mengenai sebuah penerimaan. Pada dasarnya dalam masyarakat terdapat penyesuaian diri terhadap orang lain ataupun kepada sebuah lembaga tertentu. Tingkat penyesuaian yang pertama merujuk pada sebuah kondisi dimana lembaga kemasyarakatan dapat disesuaikan oleh masyarakat dengan berhasil meskipun perubahan sosial telah dialaminya. Kemudian tingkat penyesuaian yang kedua merujuk pada usaha seseorang untuk menyesuaikan dirinya terhadap penggantian atau pengubahan lembaga kemasyarakatan sehingga disorganisasi psikologis dapat dihindari. Misalnya kegiatan sehari hari dalam masyarakat sekarang ini dapat didukung dengan penggunaan komputer ataupun laptop.

Sekian penjelasan mengenai respon individu dan masyarakat terhadap perubahan sosial terlengkap. Respon masyarakat terhadap perubahan sosial tersebut dapat berupa sikap penolakan maupun penerimaan. Secara umum pengertian perubahan sosial alah sebuah perubahan dalam masyarakat yang terjadi karena berhubungan dengan sikap sosial, nilai, pola pikir, norma serta semua pola perilaku manusia di masyarakat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Respon Individu dan Masyarakat Terhadap Perubahan Sosial Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel