Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip

Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip - Apa pengertian literasi (literacy) itu? Literasi dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan yang digunakan untuk memahami dan mengolah informasi melalui keterampilan dan potensi dalam diri seseorang ketika kegiatan menulis dan membaca dilakukan olehnya. Adapula yang mengatakan bahwa definisi literasi ialah sebuah kemampuan individu dalam melakukan kegiatan menulis dan membaca sehingga informasi yang diperolehnya dapat dipahami dan diolah. Lantas apa tujuan literasi itu? Apa saja manfaat literasi? Apa saja jenis jenis literasi? Apa prinsip literasi itu?
Penggunaan Literasi dalam Ilmu Bahasa
Dalam ilmu bahasa biasanya literasi digunakan untuk memahami dan mengolah informasi yang diperoleh. Pemahaman tersebut didukung dengan adanya kemampuan, keterampilan dan potensi yang terdapat didalam diri setiap individu. Maka dari itu tidak heran jika literasi diartikan sebagai sebuah kemampuan dalam diri seseorang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian literasi, tujuan literasi, manfaat literasi, jenis jenis literasi, dan prinsip literasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip

Sebelum membahas tentang tujuan literasi, manfaat literasi, jenis jenis literasi dan prinsip literasi. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai definisi literasi. Secara umum pengertian literasi ialah seperangkat kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam berhitung, membaca, menulis dan menyelesaikan masalah di kehidupan sehari hari. Adapula arti literasi secara etimologi yakni dari Bahasa Latin yang berarti "Literatus" maknanya orang yang belajar. Untuk itu literasi dapat diartikan sebagai semua hal yang berkaitan dengan proses menulis dan membaca. 
Baca juga : Pengertian Surat Dinas, Unsur, Syarat, Contoh dan Jenisnya Lengkap
Selain definisi secara umum, adapula pengertian literasi menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu meliputi:

Elizabeth Sulzby
Pengertian literasi menurut Elizabeth Sulzby ialah kemampuan seseorang dalam berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi melalui cara yang berbeda berdasarkan tujuannya, baik melalui menulis, membaca, menyimak dan berbicara. Literasi secara singkat dapat didefinisikan sebagai sebuah kemampuan dalam membaca dan menulis.

Harvey J. Graff
Definisi literasi menurut Harvey J. Graff ialah kemampuan seseorang yang digunakan untuk membaca dan menulis.

Jack Goody
Makna literasi menurut Jack Goody ialah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menulis dan membaca.

UNESCO
Pengertian literasi menurut The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) ialah seperangkat kemampuan yang nyata, khususnya kemampuan dalam menulis dan membaca sehingga pemerolehan keterampilan ini dalam konteks yang sama serta siapa yang mendapatkannya.

Alberta
Definisi literasi menurut Alberta ialah kemampuan menulis dan membaca, berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta keahlian yang efektif dalam melakukan komunikasi sehingga partisipasi dan potensi dapat berkembang di kehidupan masyarakat.

Tujuan Literasi

Setelah membahas tentang pengertian literasi, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang tujuan literasi. Literasi memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:
  • Memberikan bantuan kepada masyarakat agar pengetahuannya dapat meningkat melalui kegiatan membaca informasi informasi yang bermanfaat.
  • Memberikan bantuan kepada seseorang agar tingkat pemahamannya meningkat sehingga informasi yang dibaca dapat diambil kesimpulannya.
  • Membuat kemampuan seseorang menjadi meningkat sehingga dapat menilai sebuah karya tulis secara kritis.
  • Memberikan bantuan kepada seseorang agar budi pekerti dalam dirinya dapat tumbuh dan berkembang.
Baca juga : Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap
  • Membuat nilai kepribadian seseorang menjadi meningkat dengan cara menulis dan membaca.
  • Membuat budaya literasi dapat berkembang dan tumbuh secara luas di tengah masyarakat.
  • Memberikan bantuan kepada seseorang agar waktu berkualitas yang digunakan lebih meningkat sehingga manfaatnya dapat diperoleh.

Manfaat Literasi

Selain pengertian literasi dan tujuan literasi di atas. Adapula manfaat literasi yang dapat di rasakan oleh masyarakat. Masyarakat memang dapat memperoleh manfaat dari literasi karena didalamnya juga memiliki tujuan yang baik. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dalam literasi yaitu meliputi:
  • Membuat perbendaharaan kosa kata seseorang menjadi bertambah.
  • Membuat kinerja otak menjadi optimal karena digunakan untuk menulis dan membaca dengan sering.
  • Memperoleh semua informasi dan wawasan yang baru.
  • Semakin baiknya kemampuan interpesonal dalam diri seseorang.
  • Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memahami maksud dari sebuah informasi.
  • Membuat kemampuan verbal dalam diri seseorang menjadi meningkat.
  • Membuat kemampuan berpikir dan analisis seseorang menjadi meningkat.
  • Membuat kemampuan konsentrasi dan daya fokus seseorang menjadi meningkat.
  • Membuat kemampuan seseorang meningkat dalam menulis dan merangkai kata kata yang memiliki makna.

Jenis Jenis Literasi

Berdasarkan pengertian literasi di atas, literasi banyak digunakan dalam lingkup yang banyak. Meskipun istilah literasi secara umum merujuk pada kemampuan dasar menulis dan membaca dalam diri seseorang. Di bawah ini terdapat jenis jenis literasi yang mengarah pada makna literasi yaitu meliputi:

Literasi Dasar
Jenis literasi yang pertama ialah literasi dasar. Definisi literasi dasar ialah kemampuan dasar dalam berhitung, membaca, mendengarkan dan menulis. Literasi dasar bertujuan untuk membuat kemampuan seseorang lebih optimal dalam hal berhitung, membaca, berkomunikasi dan menulis.

Literasi Perpustakaan
Jenis literasi selanjutnya ialah literasi perpustakaan. Pengertian literasi perpustakaan ialah kemampuan untuk memahami informasi saat karya tulis diteliti dan dibuat, kemampuan untuk membedakan dan memahami bentuk karya tulis non fiksi maupun fiksi, serta memahami cara menggunakan indeks dan katalog.

Literasi Media
Jenis literasi selanjutnya ialah literasi media. Definisi literasi media ialah kemampuan untuk memahami dan mengetahui cara menggunakan setiap media serta memahami semua bentuk media, baik media cetak, media elektronik maupun media lainnya.
Baca juga : Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya
Literasi Teknologi
Jenis literasi selanjutnya ialah literasi teknologi. Pengertian literasi teknologi ialah kemampuan untuk memahami etika yang menggunakan teknologi, memahami dan mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi seperti software dan hardware serta memahami cara agar internet dapat digunakan.

Literasi Visual
Jenis literasi selanjutnya ialah literasi visual. Definisi literasi visual ialah kemampuan untuk memahami lebih lajut mengenai makna sebuah informasi yang diberikan dan diinterpretasikan dalam bentuk visual atau gambar. Hadirnya literasi visual berasal dari pemikiran sebuah gambar yang dapat dikomunikasikan melalui proses membaca sehingga memiliki arti tertentu.

Setelah membahas tentang jenis jenis literasi, selanjutnya saya akan membahas tentang prinsip prinsip literasi. Literasi memiliki beberapa prinsip yang digunakan dalam lingkup pendidikan sehingga dapat berkembang. Selain itu literasi menurut Kylene Beers memiliki beberapa prinsip dalam lingkup sekolah seperti:
  • Memiliki sifat yang seimbang.
  • Sangat penting menggunakan bahasa lisan.
  • Di semua kurikulum terdapat peristiwa literasi.
  • Keberagaman literasi sangat penting.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian literasi secara singkat ialah kemampuan yang digunakan dalam menulis dan membaca. Namun dalam lingkup sekolah terdapat penerapan literasi yang berupa jadwal wajib ketika diperpustakaan, sebelum proses belajar dimulai harus membaca buku non pelajaran terlebih dahulu, dan di kelas membuat sebuah karya yang bertemakan dinding motivasi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian literasi, tujuan literasi, manfaat literasi, jenis jenis literasi, dan prinsip literasi. Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa literasi berhubungan dengan pengetahuan kultural dan genre, kemampuan kognitif, serta pengetahuan bahasa tulisan dan lisan sehingga tidak hanya sekedar kemampuan untuk menulis maupun membaca. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel