Pengertian Bela Negara, Bentuk Bentuk dan Contohnya Terlengkap

Pengertian Bela Negara, Bentuk Bentuk dan Contohnya Terlengkap - Bela negara dapat diartikan sebagai sebuah tindakan, sikap, prinsip dan perilaku yang digunakan untuk melindungi dan mempertahankan negara. Pada dasarnya istilah bela negara ini memiliki pengertian yang luas yaitu berhubungan dengan tindakan dan cara pandang. Namun bela negara juga memiliki dua prinsip penting yang berupa keamanan dan pertahanan negara. Lantas apa pengertian bela negara? Apa saja bentuk bentuk bela negara? Apa saja contoh bela negara itu? Salah satu bentuk upaya bela negara pada zaman dahulu ialah dengan ikut serta dalam peperangan untuk menghadapi kelompok separatis.
Contoh Upaya Membela Negara di Sekolah
Bentuk usaha bela negara sekarang ini dapat dilakukan dengan hal hal kecil setiap hari. Misalnya mengajari anak untuk mengaji dan sebagainya. Selain itu adapula bentuk upaya bela negara yang bersifat politik maupun militer. Bahkan bentuk pekerjaan setiap orang juga dapat digunakan sebagai bentuk pembelaan terhadap negara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bela negara, bentuk bentuk bela negara, dan contoh bela negara terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Bela Negara, Bentuk Bentuk dan Contohnya Terlengkap

Secara umum bela negara dapat diartikan sebagai semua usaha dalam mewujudkan keamanan dan pertahanan negara yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila sehingga menimbulkan perasaan cinta kepada tanah air. Bela negara tersebut memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk mempertahankan dan mengamankan negara dari serangan dalam maupun luar negeri. Pertahanan dan keamanan yang dimaksud ialah ketentraman dan keharmonisan dalam kehidupan sosial yang berlangsung. Selain itu negara tidak akan bubar dan tetap eksis. Hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari adanya bentuk bentuk bela negara dan contoh bela negara.
Baca juga : Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap
Berdasarkan pengertian bela negara di atas dapat kita simpulkan bahwa sikap ini merupakan bentuk cinta kepada tanah air. Namun usaha membela negara tersebut terletak di tangan semua elemen bangsa, baik rakyat maupun aparat. Tugas yang dipikul aparat berbentuk Polri dan TNI. Selain itu adapula elemen lainnya yaitu Satpol PP atau Hansip. Upaya membela negara ini juga merupakan bentuk kewajiban warga biasa atau rakyat jelata, walaupun hanya berperan sebagai pendukung saja. Mungkin banyak sekali pertanyaan yang menyebutkan bahwa mengapa negara harus dibela? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat ditarik garis lurus dengan pertanyaan mengapa didirikan sebuah negara.

Pembentukan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) berdasarkan air mata dan darah yang berasal dari para pejuang kemerdekaan Indonesia. Para pendiri bangsa memiliki kesepatakan untuk mendirikan negara yang adil, merdeka, makmur, bersatu dan berdaulat. Untuk itu dilakukan sebuah penetapan peraturan dalam membentuk negara sebagai wujud kontak sosial. Namun yang menjadi rujukannya disini ialah Undang Undang Dasar dan Pancasila. Untuk itulah upaya pembelaan negara diatur dalam bentuk pasal pasal. Selain pengertian bela negara di atas, adapula beberapa dasar hukum bela negara yaitu meliputi:
  • Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang menjelaskan tentang upaya pembelaan negara harus terdapat peran serta yang wajib dan berhak bagi setiap warga negara.
  • Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 yang menjelaskan tentang upaya keamanan dan pertahanan negara harus terdapat peran serta yang wajib dan berhak bagi setiap warga negara.
  • Pasal 30 ayat 2 UUD 1945 yang menjelaskan tentang upaya keamanan dan pertahanan negara dilakukan oleh Polri dan TNI (kekuatan utama) serta rakyat (kekuatan pendukung) melalui sistem keamanan dan pertahanan rakyat semesta.
Dalam pasal pasal di atas terdapat penegasan bahwa usaha membela negara ini merupakan kewajiban dan hak bagi masing masing warga negara, baik dalam mengamankan negara maupun mempertahankan negara. 

Bentuk Bentuk Bela Negara

Setelah membahas tentang pengertian bela negara, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang bentuk bentuk bela negara. Upaya membela negara memang wajib kita lakukan sebagai warga negara yang baik. Untuk itu upaya pembelaan negara dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk seperti di bawah ini:
Baca juga : Perbedaan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap
Pendidikan Kewarganegaraan
Bentuk bela negara yang pertama ialah pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan ialah ilmu pengetahuan yang menghayati dan mempelajari tentang kewajiban serta hak warga negara. Dalam pendidikan tersebut terdapat wawasan tentang ideologi negara, nusantara dan kebangsaan. Jiwa patriotik tidak dapat tumbuh dalam diri seseorang, jika tidak diimbangi dengan pengetahuan nilai nilai akan kebangsaan. Pendidikan kewarganegaraan secara umum merupakan sebuah pendidikan yang memberi pelajaran untuk menjadi warga negara yang patuh terhadap kontak sosial dan hukum.

Pelatihan Dasar Kemiliteran
Bentuk bela negara selanjutnya ialah pelatihan dasar kemiliteran. Berdasarkan pengertian bela negara di atas menyebutkan bahwa tindakan ini berupaya untuk mengamankan dan mempertahankan negara. Untuk itu pelatihan kemiliteran dasar dapat merupakan bentuk upaya membela negara. Maka dari itu jiwa dan raga dapat dilatih dengan cara melakukan berbagai latihan secara rutin. Ikut berpartisipasi dalam latihan kemiliteran tidak dapat disamakan dengan menjadi anggota militer. Hal ini dikarenakan ikut latihan tersebut memiliki nilai penting untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan partriotisme dalam diri sekaligus mengembangkan kemampuan fisiknya. Jika jiwa nasionalisme dalam diri kita tidak tumbuh, maka seseorang tersebut tidak akan bersedia mati demi membela negara meskipun secara fisik memiliki kekuatan.

Pengabdian Sebagai Prajurit Sukarela ataupun Wajib
Bentuk bela negara selanjutnya ialah pengabdian sebagai prajurit sukarela ataupun wajib. Di Indonesia terdapat prajurit yang didasarkan pada pilihan. Meski begitu aturan wajib militer telah diterapkan di beberapa negara dunia seperti Amerika Serikat dan Korea. Namun negara Indonesia tidak menerapkan aturan tersebut. Meski begitu bisa saja aturan wajib militer juga diterapkan di Indonesia nantinya. Apalagi jika dalam kondisi darurat seperti peperangan di negara tersebut karena memperoleh serangan dari negara lain. Untuk itu bentuk upaya pembelaan negara dapat dilakukan dengan menjadi seorang prajurit.

Pengabdian Sesuai Profesi
Bentuk bela negara selanjutnya ialah pengabdian sesuai profesi. Upaya membela negara secara sederhana dapat dilakukan oleh siapapun sesuai dengan keahlian dan pekerjaan profesionalnya. Misalnya upaya pembelaan negara yang dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan membimbing anak didiknya agar kelak cita citanya dapat diraih melalui rajin belajar. Untuk itu secara profesional seorang guru mengajar di depan kelas dapat menjadi bentuk upaya pembelaan negara.
Baca juga : Pengertian dan Asas Asas Hukum Internasional Terlengkap

Contoh Bela Negara

Selain pengertian bela negara dan bentuk bentuk bela negara di atas. Adapula beberapa contoh bela negara. Contoh upaya membela negara pada dasarnya dapat dilakukan dilingkup keluarga, sekolah, masyarakat dan negara. Namun secara umum contoh upaya pembelaan negara dapat berbentuk seperti di bawah ini:
  • Melestarikan kebudayaan di negara tersebut.
  • Sebagai pelajar wajib belajar dengan rajin.
  • Menaati aturan dan hukum dalam negara.
  • Mencintai berbagai produk yang terdapat di dalam negeri.
Sekian penjelasan mengenai pengertian bela negara, bentuk bentuk bela negara dan contoh bela negara terlengkap. Upaya membela negara merupakan semua usaha dalam mewujudkan keamanan dan pertahanan negara yang diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila sehingga menimbulkan perasaan cinta kepada tanah air. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi bela negara di atas.

0 Response to "Pengertian Bela Negara, Bentuk Bentuk dan Contohnya Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel