Mengenal Bentuk Pemerintahan Klasik, Monarki, dan Republik

Mengenal Bentuk Pemerintahan Klasik, Monarki, dan Republik - Sebuah negara memiliki jenis perangkat atau alat pemerintahan untuk memberikan pengarahan dan pengendalian semua hal yang terdapat didalamnya yakni bernama bentuk pemerintahan. Perangkat pemerintahan tersebut memiliki berbagai macam cara dan alat untuk menyelesaikan permasalahan negara dengan mengatas namakan rakyat sesuai dengan berlakunya hukum di negara tersebut. Misalnya permasalahan tentang politik, budaya, keamanan, ideologi, ekonomi, penegakan hukum, pertahanan dan sebagainya. Bentuk pemerintahan Indonesia yang pernah ada dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti bentuk pemerintahan klasik, bentuk pemerintahan monarki dan bentuk pemerintahan republik.
Bentuk Pemerintahan Indonesia
Secara umum pengertian bentuk pemerintahan ialah sebuah istilah yang mengarah pada serangkaian institusi politik untuk mengatur penegakan kekuasaan pada kelompok politik di suatu negara. Untuk itu bentuk pemerintahan Indonesia dapat berperan penting dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Namun masalah masalah ini tidak dapat dipecahkan atau diselesaikan jika di dalam penerapan bentuk pemerintahan tersebut terdapat penyelewengan wewenang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bentuk pemerintahan klasik, bentuk pemerintahan monarki dan bentuk pemerintahan republik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengenal Bentuk Pemerintahan Klasik, Monarki, dan Republik

Bentuk pemerintahan Indonesia dapat diterapkan sebagaimana mestinya jika terdapat kerjasama antara pemerintah dengan rakyat. Sampai sekarang hanya sedikit negara yang dapat menerapkan bentuk pemerintah dengan sesuai dan baik. Bahkan dapat dihitung jumlah negara yang bisa menerapkannya dengan baik. Bentuk pemerintahan tersebut dijadikan sebagai alat penentu dalam melindungi negara dalam waktu lama sehingga tidak mudah hancur. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai bentuk pemerintahan klasik, bentuk pemerintahan monarki, dan bentuk pemerintahan republik. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap

Bentuk Pemerintahan Klasik

Bentuk pemerintahan Indonesia yang pertama ialah bentuk pemerintahan klasik. Bentuk pemerintahan dalam teori klasik dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan sifat pemerintahan dan jumlah orang yang memerintah. Bentuk pemerintahan ini sesuai dengan pendapat Aristoteles (seorang filsuf terkenal). Adapun beberapa jenis bentuk pemerintahan menurut Aristoteles yaitu sebagai berikut:
  • Monarki ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan rakyat, namun berada di bawah kekuasaan satu orang sebagai kekuasaan tertinggi negara.
  • Tirani ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan dirinya sendiri, namun berada di bawah kekuasaan satu orang sebagai kekuasaan tertinggi negara.
  • Aristokrasi ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan rakyat, namun berada di bawah kekuasaan elite sebagai kekuasaan tertinggi negara.
  • Oligarki ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan penguasa itu sendiri, namun berada di bawah kekuasaan sekelompok elite sebagai kekuasaan tertinggi negara.
  • Polity ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan rakyat, namun berada di bawah kekuasaan rakyat sebagai kekuasaan tertinggi negara.
  • Demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang mengatur keperluan penguasa itu sendiri, namun berada di bawah kekuasaan rakyat sebagai kekuasaan tertinggi negara.

Bentuk Pemerintahan Monarki

Setelah membahas tentang bentuk pemerintahan klasik. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang bentuk pemerintahan Indonesia yang berupa monarki. Di bawah ini terdapat macam macam bentuk pemerintahan monarki yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Perbedaan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap
  • Monarki Absolut ialah bentuk pemerintahan yang dikuasai oleh kaisar, raja atau ratu di sebuah negara dengan wewenang dan kekuasaan tidak terbatas.
  • Monarki Konstitusional ialah bentuk pemerintahan yang dikuasai oleh seorang raja di sebuah negara dengan kekuasaan yang dibatasi oleh konstitusi (Undang Undang Dasar).
  • Monarki Parlementer ialah bentuk pemerintahan yang dikuasai oleh seorang raja di sebuah negara dimana DPR (parlemen) ditempatkan sebagai pemegang tertinggi dalam kekuasaan.

Bentuk Pemerintahan Republik

Bentuk pemerintahan Indonesia yang pernah ada tidak hanya berupa bentuk pemerintahan klasik dan bentuk pemerintahan monarki. Selain itu adapula bentuk pemerintahan republik yang tetap ada sampai sekarang. Pemerintahan yang berbentuk republik tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti di bawah ini:
  • Republik Absolut ialah jenis pemerintahan yang tidak memiliki batasan kekuasaan karena sifatnya diktator.
  • Republik Konstitusional ialah presiden yang berperan sebagai pemegang kekuasaan kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.
  • Republik Pemerintahan ialah presiden yang berperan sebagai kepala negara saja.
Berdasarkan penjelasan di atas, lalu apakah bentuk pemerintahan Indonesia itu? Negara Indonesia memiliki bentuk pemerintahan yang Republik Kontitusional. Hal ini dikarenakan presiden Indonesia berperan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Demikianlah penjelasan mengenai bentuk pemerintahan klasik, bentuk pemerintahan monarki dan bentuk pemerintahan republik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Mengenal Bentuk Pemerintahan Klasik, Monarki, dan Republik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel