Fungsi Lembaga Sosial, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Terlengkap

Fungsi Lembaga Sosial, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Terlengkap - Pada umumnya lembaga sosial mempunyai fungsi yang sifatnya tidak dikehendaki atau terselubung (laten) maupun dikehendaki atau disadari (manifest). Lantas apa fungsi lembaga sosial secara umum? Bagaimana proses pertumbuhan lembaga sosial? Apa karakteristik lembaga sosial? Apa saja ciri ciri lembaga sosial? Lembaga sosial dapat diartikan sebagai sebuah lembaga masyarakat sipil yang ditentukan melalui sekumpulan prosedur dan proses dalam interaksi antar beberapa orang saat kehidupan sosialnya dijalani agar memperoleh keteraturan hidup.
Fungsi Umum Lembaga Sosial
Menurut istilah, pengertian lembaga sosial dalam Bahasa Inggris berarti "Social Institution" yang artinya pranata sosial. Untuk itu lembaga sosial merujuk pada pengobatan yang berguna untuk mengontrol sikap dari para anggota masyarakat. Selain iu adapula yang mengartikan lembaga sosial sebagai sistem hubungan dan perilaku dalam aktivitas yang berpusat sehingga kebutuhan khusus masyarakatnya dapat terpenuhi. Pada kesempampatan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi lembaga sosial, proses pertumbuhan lembaga sosial dan karakteristik lembaga sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Fungsi Lembaga Sosial, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Terlengkap

Menurut Koentjaraningrat, pengertian lembaga sosial ialah satu kesatuan norma khusus yang digunakan untuk mengatur pola kehidupan sosial pada sekumpulan tindakan spesifik untuk memenuhi kebutuhan manusia. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai fungsi lembaga sosial secara umum yaitu meliputi:
  • Para anggota masyarakat diberikan sebuah pedoman tentang tingkah laku dan sikap yang sesuai dengan cara menyelesaikan masalah di masyarakat, khususnya berhubungan dengan langkah langkah untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Melindungi masyarakat secara utuh.
  • Masyarakat diberikan sebuah pegangan agar sistem pengendalian sosial atau social control dapat diselenggarakan demi memberikan pengawasan terhadap tingkah laku para anggotanya.
Baca juga : Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap

Proses Pertumbuhan Lembaga Sosial

Setelah saya membahas tentang pengertian lembaga sosial dan fungsi lembaga sosial. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang proses pertumbuhan lembaga sosial. Lembaga sosial memiliki proses perumbuhan yang dapat dibagi menjadi dua secara garis besar yaitu meliputi:

Secara Tidak Terencana
Proses pertumbuhan lembaga sosial yang pertama terjadi secara tidak terencana. Lahirnya lembaga sosial dalam praktik di kehidupan masyarakat terjadi secara bertahap. Hal ini dikarenakan manusia pada umumnya memiliki masalah yang berkaitan dengan cara memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya sistem barter dalam kehidupan ekonomi masyarakat yang sekarang ini sudah dianggap kurang efisien lagi. Untuk itu masyarakat lebih senang menggnakan mata uang dalam memperoleh barang dari orang lain sesuai dengan keinginan mereka.

Secara Terencana
Proses pertumbuhan lembaga sosial selanjutnya terjadi secara terencana. Munculya lembaga sosial melalui sebuah rancangan sekelompok orang atau seseorang secara matang dengan wewenang dan kekuasaan yang dimilikinya. Contohnya masyarakat kota dan desa yang semakin menurun penghasilannya karena kurang memadai lahan pertanian dan lahan usahanya dapat ditingkatkan kesejahteraan hidupnya melalui pembentukan lembaga atau institusi transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Karakteristik Lembaga Sosial

Selain pengertian lembaga sosial, fungsi lembaga sosial, dan proses pertumbuhan lembaga sosial. Adapula karakteristik lembaga sosial menurut Gillin dan Gillin. Berikut karakteristik dalam lembaga sosial secara umum yaitu diataranya:
  • Tersusun oleh pola perilaku dan pemikiran yang diwujudkan dalam bentuk hasil dan kegiatan kemasyarakatan.
  • Mempunyai kekekalan yang tingkatnya tertentu.
  • Mempunyai beberapa atau satu tujuan.
  • Memiliki alat perlengkapan yang berguna untuk menggapai tujuan lembaga yang berhubungan.
  • Terdapat ciri khas lembaga sosial yang berupa lambang atau simbol. Secara simbolis, lambang tersebut menerangkan tentang fungsi dan tujuan lembaga sosial.
  • Lembaga sosial memiliki sebuah tradisi yang berguna untuk menyatakan suatu tata tertib yang berlaku, tujuan dan lain lain, baik secara tertulis maupun lisan.
Baca juga : Pengertian Diferensiasi Sosial, Ciri Ciri, Bentuk dan Contohnya
Selain karakteristik lembaga sosial diatas, adapula ciri ciri lembaga sosial menurut Gillin dan Gillin. Pada dasarnya Gillin dan Gillin memiliki pendapat tentang karakteristik dari lembaga sosial sekaligus ciri cirinya. Adapun beberapa ciri ciri umumnya yaitu sebagai berikut:
  • Lembaga sosial tersusun oleh tata kelakuan, adat istiadat, norma, dan kebiasaan yang terkumpul dalam sebuah kesatuan fungsional. Hal ini dikarenakan lembaga sosial dapat diartikan sebagai organisasi pola perilaku dan pola pemikiran yang diwujudkan dalam bentuk hasil dan kegiatan kemasyarakatan.
  • Mempunyai tingkat keabadian yang tertentu. Hal ini dikarenakan lembaga sosial terbentuk dari sebuah adat istiadat, norma dan tata kelakuan yang membutuhkan waktu lama untuk diproses menjadi sedemikian rupa.
  • Memiliki tujuan tertentu yang jumlahnya satu atau lebih. Tujuan lembaga sosial ini ialah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Misalnya lembaga pendidikan yang berguna untuk memberikan pengajaran tentang perilaku, cara hidup, dan ilmu pengetahuan yang baik sehingga dapat menyesuaikan dan menghadapi perkembangan serta perubahan zaman nantinya.
  • Memiliki beberapa alat perlengkapan untuk menggapai tujuan dalam lembaga sosial yang berkepentingan. Misalnya lembaga pendidikan memiliki alat perlengkapan seperti meja, ruang kelas, buku, kursi, dan papan tulis.
  • Memiliki lambang yang menerangkan fungsi lembaga sosial beserta tujuannya. Untuk itu setiap jenis lembaga sosial memiliki lambang yang berbeda beda.
  • Memiliki tradisi tidak tertulis dan tertulis.
Sekian penjelasan mengenai fungsi lembaga sosial, proses pertumbuhan lembaga sosial dan karakteristik lembaga sosial terlengkap. Lembaga sosial merupakan sistem hubungan dan perilaku dalam aktivitas yang berpusat sehingga kebutuhan khusus masyarakatnya dapat terpenuhi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Fungsi Lembaga Sosial, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel