Cara Menyelesaikan Pembagian Bersusun Dengan Metode Porogapit

Cara Menyelesaikan Pembagian Bersusun Dengan Metode Porogapit - Ketika masih di bangku Sekolah Dasar (SD), para siswa diberikan pelajaran mengenai pembagian bersusun menggunakan porogapit. Hal ini dikarenakan semasa sekolah, setiap siswa tidak diperbolehkan untuk menggunakan kalkulator ketika menyelesaikan soal soal pembagian. Metode porogapit tersebut memang merupakan cara sederhana untuk melakukan pembagian bilangan. Lalu bagaimana cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit itu? Cara pembagian bersusun porogapit digunakan untuk anda yang kesulitan dalam menyelesaikan soal soal pembagian yang ada.

Tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator bagi seorang siswa tidak akan membuat kesulitan dalam menyelesaikan soal soal yang ada. Semua soal pembagian dapat diselesaikan jika kita mengetahui cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit ini. Apakah anda tahu cara pembagian bersusun porogapit itu? Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan metode porogapit. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menyelesaikan Pembagian Bersusun Dengan Metode Porogapit

Sebelum membahas tentang cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit. Saya akan menjelaskan tentang pengertian pembagian bersusun dan pengertian porogapit terlebih dahulu. Pembagian bersusun dapat diartikan sebagai suatu pembagian algoritma standar yang berguna untuk membagi angka multidigit secara manual serta sifatnya sederhana. Adapula definisi pembagian bersusun lainnya yaitu pembagian dengan susunan menurun dimana bilangan yang akan dibagi disusun ke bawah. Kemudian porogapit diartikan sebagai cara membagi bilangan yang bersifat lebih dari satu.
Baca juga : Materi Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7 Beserta Contoh Soal
Kata porogapit dalam bahasa Jawa dapat dibagi menjadi dua kata yaitu "Poro" berarti bagi dan "Gapit" berarti dijepit. Untuk itu istilah porogapit dapat diartikan sebagai pembagian yang dijepit. Agar anda lebih memahami cara pembagian bersusun porogapit, maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait cara cara tersebut. Adapun beberapa contoh soal cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit yaitu sebagai berikut:

1. Hitunglah pembagian seperti berikut 81 : 3 = . . .

Pembahasan Cara Pembagian Porogapit #1
Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah bentuk soal diubah ke bentuk pembagian porogapit. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:
Cara Porogapit Pertama
Kemudian angka yang akan di bagi diperhatikan yakni 81. Dari sini kita dapat melihat angka paling depan yaitu 8, kemudian ambil angka 8 dan bagi dengan angka 3. Maka akan menjadi 8 : 3 = 2, tetapi sisa 2. Pengambilan angka yang dihasilkan dari pembagi tersebut usahakan angka terdekat. Untuk itu berapapun sisa angkanya tidak perlu dipermasalahkan. Adapun hasil cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit akan menjadi seperti di bawah ini:
Cara Porogapit Kedua
Setelah itu hasil pembagian dikalikan dengan pembaginya. Maka hasilnya akan menjadi 2 x 3 = 6. Angka 6 disini kemudian ditulis di bagian bawah angka 8. Maka hasil cara pembagian bersusun dengan porogapit pada tahap ini akan menjadi seperti berikut:
Cara Porogapit Ketiga
Langkah berikutnya ialah mengurangi angka 8 dengan angka 6 sehingga 8 - 6 = 2. Adapun hasil cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit akan menjadi seperti di bawah ini:
Cara Porogapit Keempat
Selanjutnya angka 1 diturunkan, maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
Cara Porogapit Kelima
Lalu angka 21 dibagi dengan 3 sehingga 21 : 3 = 7. Hasil pembagian porogapit 81 : 3 ialah 27 karena sudah tidak ada angka lagi yang tersisa. Maka hasil cara pembagian bersusun dengan porogapit pada tahap ini akan menjadi seperti berikut:
Cara Porogapit Keenam
Baca juga : Cara Menentukan Faktor dari Suatu Bilangan Terlengkap
Setelah itu hasil pembagian dikalikan dengan pembaginya. Maka hasilnya akan menjadi 7 x 3 = 21. Angka 21 disini kemudian ditulis di bagian bawah angka 21 dan lakukan proses pengurangan. Maka hasil pembagian bersusun dengan porogapit pada tahap ini akan menjadi seperti berikut:
Cara Porogapit Ketujuh
Dari cara pembagian bersusun porogapit diatas diperoleh hasil 27. Jadi 81 dibagi 3 sama dengan 27 (81 : 3 = 27).

2. Hitunglah pembagian seperti berikut 26 : 4 = . . .

Pembahasan Cara Pembagian Porogapit #2
Untuk cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit dalam contoh soal kedua ini pada dasarnya hampir sama seperti di atas. Berikut hasil pembagiannya yaitu:

Cara Pertama
Cara Porogapit Pertama

Cara Kedua
Cara Porogapit Kedua

Cara Ketiga
Cara Porogapit Ketiga
Dari cara pembagian bersusun porogapit diatas diperoleh hasil 6,5. Jadi 26 dibagi 4 sama dengan 6,5 (26 : 4 = 6,5).

Demikianlah penjelasan mengenai cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan metode porogapit. Cara menyelesaikan pembagian bersusun dengan porogapit di atas dapat menghasilkan angka yang bentuknya bulat maupun tidak bulat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

0 Response to "Cara Menyelesaikan Pembagian Bersusun Dengan Metode Porogapit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel