Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi Terlengkap

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi Terlengkap - Kerajaan Islam di Indonesia pada dasarnya menyebar di beberapa pulau. Salah satunya ialah pulau Sulawesi, baik di Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Tenggara. Sejarah kerajaan Islam di Sulawesi dibuktikan dengan adanya peninggalan Kerajaan Gowa Tallo pada abad ke 14 yang berupa pelabuhan Paotere. Pelabuhan ini termasuk pelabuhan tempo dulu sebagai warisan rakyat yang masih bertahan. Selain peninggalan tersebut masih ada peninggalan peninggalan lainnya di kerajaan yang pernah berdiri di Pulau Sulawesi. Pada abad ke 15 M, agama Islam masuk ke Pulau sulawesi bagin selatan. Datangnya Islam memang sedikit terlambat di wilayah Sulawesi Selatan daripada wilayah Nusantara lainnya seperti di Sumatera, Malaka, Kalimantan dan Jawa.
Kerajaan Islam di Pulau Sulawesi
Ketika Islam mulai masuk di kawasan Sulawesi Selatan, maka saat itulah berdatangan para pedagang Muslim yang berasal dari Sumatera, Malaka dan Jawa. Cikal bakal masuknya Islam di Pulau Sulawesi Selatan ditandai dengan berdirinya Kerajaan Gowa, Tallo dan Lawu. Bahkan pada akhir abad ke 16 atau awal abad ke 17, kerajaan tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam jalur perdagangan. Setelah Islam masuk ke Pulau Sulawesi kemudian mulai menyebar di daerah daerahnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya Kerajaan Bone, Gowa Tallo, Wajo, dan Luwu di wilayah Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk wilayah Sulawesi Tenggara telah berdiri Kerajaan Konawe. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi Terlengkap

Kerajaan Gowa, Luwu, Tallo, Soppeng dan Bone memang menjadi awal berdirinya sejarah kerajaan Islam di Sulawesi Selatan. Setelah itu terjadi penggabungan kerajaan yang terdiri dari kerajaan Bone, Soppeng dan Wajo. Gabungan beberapa kerajaan tersebut diberi nama dengan Kerajaan Tellum Pacceu. Selain itu adapula gabungan dari Kerajaan Gowa serta Kerajaan Tallo dan kemudian beralih nama menjadi Kerajaan Makassar. Bersatunya Kerajaan Gowa Tallo berada di bawah kekuasaan dari Daeng Manrabba (Raja Kerajaan Gowa). Kemudian Daeng Manrabba memeluk agama Islam dan memiliki gelar Sunan Alauddin. Lalu Karaeng Mattoaya (raja Kerajaan Tallo) memiliki gelar Sultan Abdullah yang berubah nama menjadi Mangkubumi. 
Agama Islam disebarkan ke wilayah Sulawesi Selatan bersamaan dengan Kerajaan Gowa dan Tallo yang bersatu. Di bawah ini terdapat sejarah kerajaan Islam di Sulawesi yang terdiri dari sejarah Kerajaan Gowa Tallo, sejarah Kerajaan Bone, dan sejarah kerajaan Konawe. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kerajaan Gowa Tallo

Sejarah kerajaan Islam di Sulawesi yang pertama akan saya bahas ialah sejarah kerajaan Gowa Tallo. Pada tanggal 22 September 1605 M, raja kerajaan Gowa dan raja kerajaan Tallo secara resmi telah menganut agama Islam. Kerajaan Gowa Tallo sering melakukan peperangan dengan kerajaan di Sulawesi lainnya sebelum memeluk agama Islam, seperti dengan Kerajaan Wajo, kerajaan Luwu, kerajaan Soppeng dan kerajaan Bone.
Kerajaan Gowa Tallo
Namun setelah Kerajaan Gowa Tallo menjadi kerajaan Islam, kemudian kerajaan ini melalukan perluasan wilayah politik agar kerajaan di Sulawesi lainnya dapat tunduk di bawah kekuasaan Gowa Tallo. Selain itu kerajaan kerajaan tersebut juga akan dijadikan sebagai kerajaan Islam juga. Dalam sejarah kerajaan Gowa Tallo, agama Islam memang sudah masuk dalam kerajaan tersebut, namun masih berhubungan baik dengan Portugis yang notabennya menganut agama Kristen Katolik. Hubungan baik dengan Portugis tersebut berlangsung pada masa pemerintahan raja selanjutnya Kerajaan Gowa. Misalnya pada tanggal 16 Juni 1639 - 16 November 1653 pada masa pemerintahan Sultan Gowa Muhammad Said dan pada tanggal 16 November 1653 - 29 Agustus 1669 pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin (putranya).

Kerajaan Bone

Sejarah kerajaan Islam di Sulawesi selanjutnya yang akan saya bahas ialah sejarah kerajaan Bone. Kerajaan Bone menganut agama Islam karena pengaruh dari Kerajaan Gowa. Penyebaran islam dilakukan oleh Sultan Alauddin dengan cara yang damai. Dahwah Islam pertama kali dilakukan menuju Kerajaan tetangga. Untuk itu pada tahun 1611 masa pemerintahan Raja Kerajaan Bone yang ke IX bernama raja La Tenri Ruwa menjadi awal masuknya agama Islam di kerajaan tersebut. Namun masa pemerintahan raja La Tenri Ruwa hanya berlangsung selama 3 bulan saja. Hal ini dikarenakan raja La Tenri Ruwa telah memeluk agama Islam sedangkan ajaran Islam dikala itu ditolak oleh rakyat dan dewan adat Ade Pitue.
Baca juga : Sejarah Kerajaan Aceh (Asal Mula, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan)
Kerajaan Bone
Kerajaan Bone memang sebagian kecil rakyat menganut agama Islam sebelum raja La Tenri Ruwa memeluk agama Islam dan bergelar Sultan Adam Matindore ri Bantaeng. Bahkan dalam sejarah Kerajaan Bone terdapat raja kerajaan sebelumnya yang sudah memeluk Islam yakni raja We Tenri Tuppu karena Sidendreng juga beragam Islam. Maka dari itu We Tenri Tuppu juga ingin belajar tentang agama Islam sampai akhirnya Sidendreng wafat. Setelah itu Sidendreng diberikan gelar sebagai Mattinroe ri Sidendren. 

Kerajaan Konawe

Kerajaan Konawe
Sejarah kerajaan Islam di Sulawesi selanjutnya yang akan saya bahas ialah sejarah kerajaan Konawe. Proses masuknya dan berkembangnya agama Islam di wilayah Sulawesi Tenggara ditandai dengan berdirinya Kerajaan Konawe. Pada abad ke 18, Kerajaan Konawe mulai dimasuki agama Islam karena dibawa oleh para pedagang Bugis, Buton dan Ternate. Namun menurut perkiraan, Islam telah masuk ke Kerajaan Konawe jauh sebelum pedagang dari Bugis, Buton dan Ternate masuk ke wilayah kerajaan Bone. Hal ini dikarenakan masuknya Islam secara resmi belum diterima. 

Sekian penjelasan mengenai sejarah kerajaan Islam di Sulawesi terlengkap. Di wilayah Sulawesi pada dasarnya terdiri dari beberapa kerajaan seperti Kerajaan Gowa, Kerajaan Luwu, Kerajaan Tallo, Kerajaan Soppeng dan Kerajaan Bone di wilayah Sulawesi Selatan dan Kerajan Konawe di wilayah Sulawesi Tenggara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi sejarah kerajaan Islam di Pulau Sulawesi di atas.

0 Response to "Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel