Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap

Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap - Pengertian hubungan antar manusia ialah kemampuan untuk mengenal pribadi, sifat dan tingkah laku seseorang. Arti ruang lingkup hubungan antar manusia secara luas ialah interaksi antara satu orang dengan orang lain dalam semua bidang dan situasi kehidupan secara tatap muka sehingga di kedua belah pihak dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan hati. Maka dari itu untuk pemecahan masalah diantara keduanya harus melakukan identifikasi, pembahasan, dan penemuan masalahnya. Lantas apa prinsip hubungan antar manusia itu? Apa saja tujuan hubungan antar manusia itu?
Terjadinya Hubungan Antar Sesama Manusia
Hubungan antar sesama manusia (human relations) dapat diartikan sebagai semua keterampilan yang dilakukan untuk pembelajaran dirinya agar dapat berhubungan dengan lingkungan sosial. Seseorang yang sukses dalam melakukan human relations harus dapat berkomunikasi secara ramah, menghargai, etis, menghormati dan sopan kepada orang lain. Pada dasarnya dimana saja kita dapat melakukan human relations seperti dikampus, dalam bis, rumah, kereta api, pasar, toko, dan sebagainya. Namun semua itu harus dilakukan dengan prinsip hubungan antar manusia yang tersedia. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang prinsip dalam hubungan antar manusia beserta tujuan hubungan antar manusia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap

Proses interaksi antar manusia berhubungan dengan proses penyesuaian diri, perasaan, sikap, cerminan perasaan dan kata yang disampaikan dalam komunikasi tersebut. Secara umum hubungan antar manusia berguna untuk membahas, menemukan dan mengidentifikasi masalah agar dapat dipecahkan. Sebelum membahas tentang prinsip hubungan antar manusia, saya akan menjelaskan tentang tujuan hubungan antar manusia terlebih dahulu. Hubungan antar manusia bertujuan untuk menciptakan kehidupan di antara banyak orang yang harmonis dan saling bekerja sama dalam menggunakan pengetahuan dan menyesuaian diri antar satu sama lain, baik secara psikologis maupun sosial. Setiap manusia melakukan penyesuaian diri sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan pertentangan dan ketegangan sedikitpun serta berjalan dengan selaras dan serasi.
Baca juga : Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya
Dalam prinsip hubungan antar manusia tidak hanya terdapat tujuan hubungan antar manusia saja. Namun adapula teknik teknik yang dilakukan dalam melakukan human relations. Adapun teknik teknik hubungan antar manusia yaitu meliputi:

Adanya Kontak Sosial
Teknik hubungan antar manusia yang pertama ialah dengan melakukan kontak sosial. Kontak sosial merupakan awal terjadinya interaksi sosial antar satu pihak dengan pihak lain. Kontak sosial sendiri dapat dilakukan melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Melakukan Tindakan Sosial
Teknik hubungan antar manusia selanjutnya ialah melakukan tindakan sosial. Dalam hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dengan prinsip hubungan antar manusia yang tersedia. Pengertian tindakan sosial menurut Max Weber ialah tindakan individu dalam masyarakat untuk mempengaruhi individu lainnya. Tindakan sosial sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam seperti:
  • Tindakan Rasional Instrumental ialah tindakan untuk memperkirakan penyesuaian antara tujuan dengan caranya.
  • Tindakan Rasional berprestasi nilai ialah tindakan yang berhubungan dengan masyarakat dalam hal nilai dasarnya.
  • Tindakan Tradisional ialah pelaksanaan tindakan sesuai dengan perkembangan kebiasaan atau adat istiadatnya.
  • Tindakan Efektif ialah seseorang atau kelompok yang melakukan tindakan sesuai dengan emosi atau perasaan.

Melakukan Komunikasi
Teknik hubungan antar manusia selanjutnya ialah melakukan komunikasi. Ketika berlangsungnya kontak sosial disitulah terjadi proses komunikasi. Pengertian komunikasi secara harfiah ialah pergaulan atau hubungan yang dilakukan dengan orang lain.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian hubungan antar manusia dalam arti sempit ialah hubungan dalam konteks organisasi atau bisnis antar manusia di sebuah perusahaan. Dari pengertian tersebut terdapat pencapaian tujuan dalam hubungan ini yakni untuk membangun motivasi seseorang agar dapat saling bekerja sama, membantu, memberikan kepuasan serta lebih produktif untuk perusahaan atau organisasi dan untuk dirinya sendiri. Maka dari itu dalam sebuah perusahaan terjadi peningkatan kinerja para karyawannya. Sebuah keberhasilan dalam hal apapun tidak dapat diperoleh begitu saja karena semua dipengaruhi oleh keramahan, sikap dan tingkah laku kepada orang lain serta pandangan hidup dan cara berfikirnya. Semua itu juga tidak dapat dilepaskan dari adanya prinsip hubungan antar manusia yang tersedia.
Baca juga : Pengertian Diferensiasi Sosial, Ciri Ciri, Bentuk dan Contohnya
Di bawah ini terdapat prinsip prinsip dalam hubungan antar manusia yaitu sebagai berikut:
  • Setiap orang, wisatawan, pelanggan, tamu, atau karyawan harus diperlakukan selayaknya manusia pada umumnya. Mereka ialah manusia biasa yang mempunyai perasaan, rasa lapar, emosi, bosan, perasaan, rasa haus, lelah, cinta dan terkadang memiliki prasangka yang tidak tidak atau buruk. Setiap orang yang berhubungan dengan mereka harus memposisikan dirinya dengan tepat serta paham akan kenyataan tersebut.
  • Setiap orang, wisatawan, pelanggan, atau tamu pada dasarnya bukan lawan bicara untuk melakukan perdebatan. Hal ini dikareakan mereka tidak akan datang kembali ke tempat tersebut karena dianggap sebagai hal negatif. Dalam perusahaan apabila terjadi perdebatan maka akan dianggap kalah. Inilah yang dinamakan dengan prinsip hubungan antar manusia.
  • Setiap orang, wisatawan, pelanggan, atau tamu tentunya ingin diperhatikan, dihormati, diistimewakan, tidak disepelekan atau diremehkan dan didahulukan. Untuk itu di sebuah perusahaan, para karyawan harus dapat menghadapi realitas ini dengan supel dan bersikap bijak.
  • Biasanya tamu yang datang dalam waktu singkat ingin melihat sebanyak mungkin dan memperoleh pelayanan secara optimal.
Penerapan prinsip hubungan antar manusia di atas dapat dilakukan seperlunya sesuai dengan keadaan teman seperti di kampung sendiri. Hubungan antar sesama manusia tersebut akan menciptakan rasa saling menerima, membentuk kerjasama produktif, saling menghargai, membentuk suasana yang ceria, saling menyemangati, membentuk suasana yang nyaman atau serba enak, menciptakan kekompakan dan lain lain. Sekian penjelasan mengenai prinsip dalam hubungan antar manusia dan tujuan hubungan antar manusia terlengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Prinsip Dalam Hubungan Antar Manusia Beserta Tujuan Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel