Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya

Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya - Manusia pada dasarnya memiliki kehidupan secara berkelompok. Untuk itu kodrat manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Bahkan dapat dikatakan bahwa manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain, mulai dari mereka dilahirkan sampai meninggal dunia. Contohnya kita suduh diurus oleh orang lain ketika masih baru lahir. Kemudian setelah meninggal pun terdapat orang lain yang membantu memandikan, memakaikan kafan, mengantar dan menguburkan ke alam kubur. Inilah yang disebut dengan struktur sosial. Apa pengertian struktur sosial itu? Bagaimana bentuk bentuk struktur sosial? Apa saja unsur struktur sosial itu? Apa saja ciri ciri struktur sosial? Apa saja contoh struktur sosial?
Struktur Sosial Manusia
Dimanapun manusia berada selalu ada keinginan untuk belajar. Untuk itulah terbentuklah struktur sosial dalam masyarakat. Struktur sosial merupakan hubungan masing masing individu dengan individu lainnya untuk menciptakan sebuah peraturan, norma dan nilai nilai kemasyarakatan demi keinginan bersama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian struktur sosial, bentuk bentuk struktur sosial, unsur struktur sosial, contoh struktur sosial dan ciri ciri struktur sosial. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya

Dalam lingkungan masyarakat, struktur sosial memiliki kelebihan yakni dapat mengkondisikan sebuah daerah tertentu. Agar anda lebih mengetahui maksud didalamnya maka dapat anda simak penjelasan pengertian struktur sosial, bentuk bentuk struktur sosial, unsur struktur sosial, contoh struktur sosial dan ciri ciri struktur sosial di bawah ini:

Pengertian Struktur Sosial

Asal kata struktur sosial ialah dari kata "Structum" yang maknanya menyusun. Definisi struktur sosial ialah susunan atau tatanan sosial yang berguna untuk menciptakan kelompok sosial dalam hidup bermasyarakat sehingga dapat menimbulkan hubungan timbal balik diantara mereka. Struktur sosial tidak hanya didefinisikan secara umum saja, melainkan dapat melalui pendapat para ahli. Adapun beberapa pengertian struktur sosial menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

E. R. Lanch
Definisi struktur sosial menurut E. R. Lanch ialah cita cita antara individu dengan kelompok sosial mengenai sebuah distribusi kekuasaan. 
Baca juga : Hasil Kebudayaan Pada Zaman Batu Besar (Megalitikum)
Raymond Flirth
Pengertian struktur sosial menurut Raymond Flirth ialah pergaulan dalan kehidupan manusia yang mencakup beberapa lembaga yang tidak lepas dari peran banyak orang di dalamnya dan beragam jenis kelompok yang banyak orang alami.

Coleman
Definisi struktur sosial menurut Coleman ialah pola hubungan yang terjadi diantara kelompok manusia maupun diantara manusia satu dengan lainnya.

George Simmel
Definisi struktur sosial menurut George Simmel ialah sekumpulan individu beserta pola perilaku individu tersebut.

George C. Homans
Pengertian struktur sosial menurut George C. Homans ialah sebuah hal dalam kehidupan sehari hari yang memiliki ikatan erat dengan perilaku dari sosial dasarnya.

Kornblum
Definisi struktur sosial menurut Kornblum ialah pola perilaku dalam kelompok dan individu. Perilaku ini dilakukan secara berulang ulang sehingga antar kelompok dan antar individu dalam masyarakat memiliki hubungan yang erat.

Soerjono Soekanto
Pengertian struktur sosial menurut Soerjono Soekanto ialah hubungan timbal balik yang terjadi diantara peranan sosial dengan posisi sosialnya.

William Kornblum
Definisi struktur sosial menurut William Kornblum ialah terjadinya susunan yang disebabkan oleh pola perilaku individu secara berulang ulang.

Bentuk Bentuk Struktur Sosial

Setelah membahas tentang pengertian struktur sosial, selanjutnya saya akan menjelaksan tentang bentuk bentuk dalam struktur sosial. Macam macam struktur sosial ini dapat dibagi menjadi dua jenis yakni stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial. Adapun penjelasan mengenai masing masing jenis struktur sosial yaitu sebagai berikut:

Stratifikasi Sosial
Bentuk struktur sosial yang pertama ialah stratifikasi sosial. Pengertian stratifikasi sosial ialah struktur yang membuat pemisahan tingkatan tingkatan dalam masyarakat. Kriteria penentuan tingkatan masyarakat ini didasarkan pada tingkat kekuasaan, pendidikan dan kekayaannya. Timbulnya stratifikasi sosial menurut Cuber ialah dikarenakan perbedaan hak dalam individu. Selain itu penyebab stratifikasi sosial menurut Max Weber dikarenakan adanya prestis, kekuasaan, ataupun hak istimewa. Stratifikasi sosial sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun macam macam stratifikasi sosial yaitu meliputi:
  • Stratifikasi sosial tertutup yaitu jenis stratifikasi sosial yang tidak berpotensi untuk memindahkan posisinya.
  • Stratifikasi sosial terbuka yaitu macam stratifikasi sosial yang berpotensi untuk memindahkan posisi, baik posisi turun maupun naik. Misalnya perubahan buruh menjadi seorang pengusaha sukses.
  • Stratifikasi sosial campuran yaitu stratifikasi yang tercipta karena dua stratifikasi saling bertemu.

Diferensiasi Sosial
Bentuk struktur sosial selanjutnya ialah diferensiasi sosial. Dalam pengertian struktur sosial terdapat bentuk bentuk dalam struktur sosial seperti diferensiasi sosial tersebut. Pengertian diferensiasi sosial ialah masyarakat yang digolongkan berdasarkan perbedaan tertentu, pada umumnya sejajar. Diferensiasi sosial dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Adapun macam macam diferensiasi sosial yakni:
  • Ras
  • Agama
  • Suku Bangsa
  • Klan
  • Jenis Kelamin
  • Pekerjaan atau Profesi

Unsur Unsur Struktur Sosial

Setelah menjelaskan tentang pengertian struktur sosial dan bentuk bentuk struktur sosial. Selanjutnya saya akan membahas tentang unsur unsur dalam struktur sosial. Unsur struktur sosial menurut Charles P. Loomis terdiri dari:
  • Perasaan kesetiakawanan antar anggota masyarakat.
  • Persamaan tujuan dan cita cita dalam masyarakat.
  • Alat atau sarana perlengkapan sistem sosial seperti lembaga maupun pranata sosial.
  • Peranan dan kedudukan sosial yang merujuk pada pola perilaku dalam masyarakat.
  • Penentuan tingkatan sistem sosial yang didasarkan pada peranan dan status anggota masyarakatnya.
  • Pedoman yang berbentuk norma dan nilai sosial untuk tingkah laku masing masing anggota masyarakat.
  • Anggota masyarakat memiliki alat analisis yang berupa keyakinan dan pengetahuan yang dimilikinya.
  • Kemampuan memerintah yang dimiliki anggota masyarakat untuk berkuasa sehingga dapat berlanjut sistem sosialnya.
  • Sistem sanksi untuk memelihara norma melalui hukuman dan ganjaran dalam sistem sosial.
  • Adanya perbedaan persepsi dan kemampuan masyarakat yang didampingi oleh sistem penyimpangan, ketegangan dan konflik.
Baca juga : Hasil Kebudayaan pada Zaman Logam dan Teknik Pembuatan Terlengkap

Ciri Ciri Struktur Sosial

Saya akan menjelaskan ciri ciri dalam struktur sosial setelah membahas tentang pengertian struktur sosial, bentuk bentuk struktur sosial dan unsur unsur struktur sosial. Secara umum ciri ciri struktur sosial terdiri dari beberapa hal di bawah ini:
  • Memiliki sifat yang abstrak.
  • Memiliki dimensi horizontal dan vertikal.
  • Mencakup semua kebudayaan dalam masyarakat.
  • Selalu mengalami perubahan dan perkembangan dalam struktur sosial.
  • Menjadi asas dalam proses sosial masyarakat.
  • Meliputi semua hubungan sosial dalam waktu tertentu diantara individu.
  • Merujuk pada pokok interaksi sosial yang dapat membuat bentuk dalam bermasyarakat.
  • Sifat realitas sosial yang statis dan memiliki kerangka untuk membuat sebuah tatanan.
Selain ciri ciri struktur sosial di atas, adapula beberapa fungsi struktur sosial yaitu meliputi:
  • Sebagai pengawas sosial.
  • Sebagai karakteristik atau ciri dari kelompok masyarakat tertentu.
  • Sebagai rantai sistem yang membuat keteraturan di masing masing ikatan dalam aspek kehidupan.
  • Untuk menanamkan dasar kedisiplinan dalam diri setiap individu yang terdapat di sebuah kelompok masyarakat.
  • Sebagai instrumen masyarakat yang berguna untuk menyelenggarakan setiap aspek kehidupan sehingga secara menyeluruh dapat menata kehidupan itu sendiri.

Contoh Struktur Sosial

Selain pengertian struktur sosial di atas, adapula beberapa contoh struktur sosial. Adapun contoh contoh dalam struktur sosial menurut perbedaan status yaitu meliputi:
  • Ascribed status ialah pemberian status kepada seseorang tanpa melihat bakat unik dan karakteristik dalam orang tersebut, tetapi secara otomatis diberikan oleh masyarakat melalui keturunannya. Contohnya keturunan kasta, keturunan kerajaan.
  • Achieved status ialah seseorang yang memperoleh status berdasarkan usahanya sendiri seperti menciptakan sesuatu ataupun bersekolah. Dengan kata lain pemerolehan status ini berdasarkan perjuangan pribadi. Contohnya dokter, guru, hakim, mahasiswa dan sebagainya.
  • Assigned status ialah seseorang yang diberikan status karena jasanya dalam masyarakat. Contohnya pahlawan, peraih nobel, peraih gelar doktor HC, dan sebagainya.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian struktur sosial, bentuk bentuk struktur sosial, unsur struktur sosial, contoh struktur sosial dan ciri ciri struktur sosial. Struktur sosial dapat didefinisikan sebagai susunan atau tatanan sosial yang berguna untuk menciptakan kelompok sosial dalam hidup bermasyarakat sehingga dapat menimbulkan hubungan timbal balik diantara mereka. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Struktur Sosial Beserta Bentuk, Unsur, Contoh dan Ciri Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel