Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Macam Macamnya

Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Macam Macamnya - Sekarang ini sering kita jumpai peristiwa perusakan atau kasus pencemaran lingkungan yang semakin marak. Untuk itulah dibutuhkan penanganan berkesinambungan, terpadu dan menyeluruh mengenai permasalahan ini. Apa pengertian pencemaran lingkungan itu? Apa saja macam macam pencemaran lingkungan? Pada dasarnya jenis jenis pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi beberapa macam seperti pencemaran tanah, pencemaran udara, dan pencemaran air. Terjadinya pencemaran tersebut disebabkan oleh pola hidup manusia yang menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitarnya.
Pencemaran Lingkungan
Jika manusia menjalani kehidupannya dengan seimbang maka harmonisasi dengan sistem alamnya juga akan terjadi dengan baik. Namun apabila manusia tidak taat dengan peraturan dalam lingkungan hidup maka akan memicu terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan. Manusia sendiri mendambakan sebuah lingkungan hidup yang dapat digunakan untuk memiliki nilai budaya dan nilai ekonomis, untuk melaksanakan aktivitas dalam kehidupan, serta sebagai habitat dari makhluk hidup lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pencemaran lingkungan beserta macam macam pencemaran lingkungan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Macam Macamnya

Sebelum membahas tentang pengertian pencemaran lingkungan dan macam macam pencemaran lingkungan, saya akan menjelaskan sedikit mengenai lingkungan tersebut. Pada dasarnya lingkungan sering disebut sebagai lingkungan alami yang tersusun oleh keseimbangan komponen biotik dan abiotik serta tidak ada zat polutan yang mencemari (zat yang membuat sebuah polusi). Lingkungan dapat dikatakan tercemar jika bahan atau zat pencemar telah masuk di dalam lingkungan tersebut.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Definisi pencemaran lingkungan ialah kerugian lingkungan karena zat, unsur, energi dan komponen lain masuk didalamnya disebabkan oleh gangguan alam ataupun kegiatan manusia yang tidak bertanggungjawab. Selain itu adapula pengertian lingkungan hidup yaitu ruang yang bersatu dengan semua daya, makhluk hidup, perilaku, benda, manusia dan keadaannya sehingga berpengaruh terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidup manusia beserta makhluk lainnya yang hidup.

Pengertian pencemaran lingkungan secara sederhana ialah polusi. Polusi tersebut disebabkan oleh zat yang bernama polutan. Zat ini dapat disebut sebagai zat pencemar jika zat memiliki jumlah yang berlebihan diatas rata rata normal, terdapat di waktu yang tidak tepat dan terletak di tempat yang tidak semestinya. Pencemaran sendiri pada dasarnya dapat dibedakan menjadi beberapa macam menurut sifat zat pencemarnya yaitu meliputi:
  • Pencemaran Kimiawi ialah pencemaran yang dikarenakan oleh zat zat kimia.
  • Pencemaran Biologis ialah pencemaran yang dikarenakan oleh mikroba pembawa penyakit untuk semua jenis.
  • Pencemaran Fisik ialah pencemaran yang dikarenakan oleh zat padat, zat gas dan zat cair.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Setelah membahas tentang pengertian pencemaran lingkungan, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut lingkungan yang dicemarinya yakni pencemaran tanah, air dan udara. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pencemaran Air
Macam pencemaran lingkungan yang pertama ialah pencemaran air. Pencemaran air ialah peristiwa lingkungan perairan yang telah dimasuki oleh komponen atau zai lain sehingga menimbulkan penurunan kualitas air itu sendiri. Pencemaran air tersebut dapat disebabkan oleh beberapa sumber seperti limbah industri, pertanian, hasil tambang dan limbah rumah tangga. Air dapat dikatakan tercemar jika keadaan air tersebut menyimpang dari rata rata normal. Adapun tanda tanda air tercemar yaitu diantaranya:
  • Perubahan Suhu Air. Jika suhu airnya semakin tinggi maka larutan O2 yang terkandung dalam air tersebut akan semakin sedikit. Pada umumnya aktivitas industri menggunakan gerakan mesin yang menimbulkan panas. Jika hasil industri yang berupa air itu dibuang ke lingkungan sungai, maka akan menyebabkan air sekitarnya menjadi bersuhu panas.
  • Perubahan pH. Besar kecilnya pH berpengaruh terhadap kadar asam atau basa dalam air. Aktivitas industri yang menghasilkan air buangan atau limbah menuju sungai akan membuat pH air menjadi berubah. Maka dari itu kehidupan organisme dalam air tersebut akan terganggu.
  • Perubahan bau, rasa, dan warna air. Air dikatakan bersih jika warnanya jernih, bening, tidak berasa dan tidak berbau. Air buangan Industri yang sudah tercemar akan mengakibatnya perubahan bau dan warna air. Selain itu buangan industri biasanya mengandung bahan bahan kimia sehingga memiliki bau tertentu. 
Pencemaran Udara
Macam pencemaran lingkungan selanjutnya ialah pencemaran udara. Pengertian pencemaran lingkungan udara ialah tercampurnya atau peristiwa masuknya zat berbahaya ke dalam atmosfer sehingga membuat lingkungan menjadi lebih rusak, membuat kualitas lingkungan menurun dan membuat kesehatan manusia menjadi terganggu. Seperti yang kita ketahui bahwa dimana mana sering terjadi pencemaran udara seperti di dalam kantor, dalam rumah, dan dalam ruangan lainnya. Pencemaran yang terjadi di dalam ruangan tersebut dapat dinamakan dengan indoor pollution. Selain itu adapula pencemaran udara yang terjadi di luar ruangan atau outdoor pollution, baik dalam tingkat global, lingkungan rumah, tingkat regional, ataupun tingkat perkotaan. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini yakni:

Aktivitas Industri
Aktivitas industri merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Hal ini dikarenakan pembangkit tenaga dalam perusahaan industri biasanya menggunakan bahan bakar minyak yang menjadi salah satu penyumbang pencemaran dalam lingkungan udara. Pencemaran tersebut memang dapat terjadi karena penggunaan bahan bakar kurang efisien dan pencemaran belum dapat dikendalikan dengan cukup baik.

Emisi Kendaraan Bermotor
Berdasarkan pengertian pencemaran lingkungan udara di atas kita tahu bahwa udara dapat tercemar karena beberapa zat atau komponen lain masuk didalamnya. Salah satu penyebabnya ialah zat emisi dalam kendaraan bermotor. Pencemaran udara memiliki konstribusi yang cukup besar yang disebabkan oleh kegiatan transportasi. Kendaraan tersebut akan mengeluarkan emisinya melalui knalot yang berupa senyawa berbahaya dari proses pembakaran sehingga dapat membahayakan afmosfer. Kendaraan bermotor atau perusahaan industri menghasilkan beberapa senyawa kimia seperti nitrogen oksida, beberapa partikel mikro (timbal untuk campuran dalam bahan bakar), karbon monoksida, dan sulfur dioksida. Kemudian adapula bentuk pencemaran udara yang berupa debu dari proses industri seperti industri timah, baja, mangan dan lain lain. Adapula senyawa yang dapat menyebabkan hujan asam di udara seperti senyawa nitrogen dan belerang.

Limbah Rumah Tangga
Macam macam pencemaran lingkungan udara selanjutnya dapat disebabkan oleh limbah rumah tangga. Sampah atau limbah rumah tangga memang dapat menyebabkan pencemaran udara hingga dapat membuat bau tidak sedap. Penanggulangan sampah rumah tangga diperkotaan seperti Jakarta memang tidak mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan TPA (tempat pembuangan akhir) memiliki lahan yang jauh dari pusat kota, sempit, dan banyak sampah rumah tangga yang dibuang. Tentunya masalah ini menimbulkan bau busuk dan sampah menumpuh di lahan TPA tersebut.

Pada dasarnya jenis jenis pencemaran lingkungan udara menurut sumber polusinya dapat dibagi menjadi dua yakni secara alamiah dan antropogenik. Pencemaran udara secara alamiah dapat berupa komet, badai pasir, gas methan, debu, letusan gunung berapi, debu pollen dan sebagainya. Sedangkan pencemaran udara secara antropogenik dapat bersumber dari stationer (buangan industri) dan bergerak (kendaraan bermotor).

Smog atau Kabut Asap
Berdasarkan pengertian pencemaran lingkungan udara di atas kita tahu bahwa udara dapat tercemar karena beberapa zat atau komponen lain masuk didalamnya. Salah satu penyebabnya ialah kabut asap atau smog ini. Sebuah pembakaran yang mengeluarkan asap memiliki kandungan partikel padat dan gas yang membahayakan manusia secara langsung. Namun adapula yang mengubah lingkungan secara tidak langsung melalui cara cara tertentu sehingga akan membahayakan kehidupan suatu saat nanti. Asap bahan bakar yang dibuang akan mengandung interaksi beberapa partikel yang membentuk smog seperti unsur, gas, dan partikel dioksida lainnya.

Hujan Asam
Macam macam pencemaran lingkungan udara selanjutnya dapat disebabkan oleh hujan asam. Pengertian hujan asam ialah semua jenis hujan yang mengandung pH kurang dari 5,6. Secara alami, hujan memiliki pH kurang dari 6 sedikit sehingga bersifat asam. Hal ini dikarenakan di udara terjadi pelarutan CO2 (Karbon Dioksida) dengan air hujan sehigga bentuknya menjadi asam lemah. Hujan tersebut mengandung jenis asam yang cukup berguna untuk tanah dalam melarutkan mineralnya sehingga berguna pula untuk makhluk hidup.

Pencemaran Tanah
Jenis pencemaran lingkungan selanjutnya ialah pencemaran tanah. Pengertian pencemaran lingkungan tanah ialah pencemaran yang terjadi dalam tanah. Tumbuhan banyak hidup didalam tanah karena tumbuhan membutuhkan mineral mineral yang terkandung dalam tanah tersebut. Kemudian tumbuhan diperlukan oleh manusia dan organisme lain dalam bertahan hidup. Apabila terjadi polusi tanah maka kehidupan tumbuhan akan terganggu sehingga manusia dan hewan juga akan ikut dirugikan. Biasanya pencemaran tanah disebabkan oleh pembuangan sampah yang berupa botol bekas, plastik, kaleng dan sebagainya. Untuk itu sampah sampah anorganik dan organik dapat menimbulkan polusi tanah. Selain itu adapula penyebab lain dari polusi tanah seperti tumpahan minyak, merembesnya zat kimia, maupun pestisida yang tertuang dalam tanah dengan kadar yang berlebihan.

Dalam macam pencemaran lingkungan tanah terdapat bahan kaca dan plastik yang tidak dapat hancur. Hal ini menyebabkan berkurangnya produktivitas dalam tanah. Pada dasarnya polusi tanah disebabkan oleh zat zat kimia dan bahan lainnya. Zat ini dapat membuat sifat tanah menjadi berubah sehingga penggunaannya menjadi terpengaruh, khususnya dalam bidang pertanian. Adapun beberapa komponen yang membuat tanah menjadi tercemar seperti sisa atau bahan makanan, logam, plastik, karet, kertas, gelas, besi, kayu dan sebagainya. Untuk itu polutan dapat dibagi menjadi dua jenis menurut sifatnya yakni sebagai berikut:
  • Polutan biodegradable atau dapat terurai oleh proses alam, seperti kertas, sampah sampah dedaunan, kayu dan sisa atau bahan makanan.
  • Polutan nonbiodegradable atau tidak dapat terturai oleh proses alam, seperti pestisida, logam toksin, gelas, dan residu radio aktif.
Sekian penjelasan mengenai pengertian pencemaran lingkungan beserta macam macam pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat didefinisikan sebagai kerugian lingkungan karena zat, unsur, energi dan komponen lain masuk didalamnya disebabkan oleh gangguan alam ataupun kegiatan manusia yang tidak bertanggungjawab. Secara sederhana pencemaran dalam lingkungan ini dapat disebut polusi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Macam Macamnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel