Pengertian Pelayanan Prima, Tujuan, Konsep, Jenis, Contoh dan Pentingnya

Pengertian Pelayanan Prima, Tujuan, Konsep, Jenis, Contoh dan Pentingnya - Sebuah perusahaan secara mutlak harus memberikan pelayanan prima (service excellent) kepada para konsumen atau pelanggannya. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak dalam bidang jasa seperti bank, jasa transportasi, tempat hiburan, hotel, rumah sakit, bengkel, telekomunikasi dan sebagainya. Hal ini dikarenakan penjualan produk utama kepada konsumen tersebut berupa pelayanannya. Apa pengertian pelayanan prima itu? Apa tujuan pelayanan prima?  Apa konsep pelayanan prima? Apa saja jenis jenis pelayanan prima? Apa saja contoh pelayanan prima? Apa pentingnya pelayanan prima itu?

Jika pemberian pelayanan prima tidak memuaskan maka akan terjadi komplain dari pelanggan. Pada akhirnya pelanggan pelanggan tersebut akan berpindah ke tempat perusahaan lain atau pesaing. Apalagi sekarang ini tingkat persaingan bisnis semakin ketat. Dimana simpati komsumen diperebutkan oleh berbagai jenis penyedia jasa sehingga terdapat perlombaan atau persaingan diantara penyedia jasa. Setiap penyedia jasa akan memberikan penawaran nilai plus mengenai sumber daya manusia yang dimiliki, berbagai inovasi service dan kecanggihan teknologinya. Inilah gambaran sedikit mengeni pengertian pelayanan prima.
Pelayanan Prima Kepada Pelanggan
Kemenangan persaingan antar penyedia jasa akan didapatkan oleh perusahaan yang memiliki kualitas pelayanan terbaik atau unggul. Sedangkan  untuk perusahaan yang menyediakan layanan ala kadarnya akan menuju kebangkrutan atau bahkan stagnant ditempat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pelayanan prima, tujuan pelayanan prima, konsep pelayanan prima, jenis jenis pelayanan prima, contoh pelayanan prima dan pentingnya pelayanan prima. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pelayanan Prima, Tujuan, Konsep, Jenis, Contoh dan Pentingnya

Dalam aspek pemasaran, pelayanan prima memang diperlukan dalam mengelola sebuah usaha. Terlebih lagi kenyamanan pembeli sangat diutamakan melalui pelayanan tersebut sehingga penjual dapat memperoleh nilai plus dalam melayani pembeli dengan bermanfaat dan baik. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian pelayanan prima, tujuan pelayanan prima, konsep pelayanan prima, jenis jenis pelayanan prima, contoh pelayanan prima dan pentingnya pelayanan prima yaitu sebagai berikut:

Pengertian Pelayanan Prima

Secara etimologis, definisi pelayanan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah usaha untuk memberikan pelayanan terkait kebutuhan orang lain. Untuk itu pelayanan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menawarkan jasa kepada pelanggan atau konsumen yang sifatnya tidak dapat dimiliki dan tidak berwujud. Faktor utama dalam melakukan pelayanan prima tersebut ialah untuk memperoleh kepuasan dari pelanggan. Maka dari itu pelayanan dilakukan  dengan sebaik mungkin agar konsumen tidak kecewa.

Pengertian pelayanan prima secara umum ialah kegiatan melayani konsumen sebaik mungkin untuk menciptakan rasa kepuasan dalam diri pelanggan tersebut. Maka dari itu terdapat konsep TQM (Total Quality  Management) yang dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan pelayanan prima. Total Quality  Management ialah sistem manajemen yang berhubungan dengan seluruh pegawai dan manajemen untuk memperbaiki kuantitas maupun kualitas organisasi agar dapat memenuhi harapan, kebutuhan, dan keinginan pelanggan.
Baca juga : Pengertian Kepuasan Pelanggan, Faktor dan Prinsipnya

Konsep Pelayanan Prima

Selain pengertian pelayanan prima, adapula konsep dalam pelayanan prima tersebut. Adapun beberapa konsep pengembangan pelayanan prima yaitu meliputi:

Kosep Attitude atau Sikap
Konsep pelayanan prima yang pertama berhubungan dengan sikap atau attitude. Agar pembeli dapat merasa puas, maka calon pembeli selalu menginginkan perilaku dan sikap dari pramuniaga yang menyenangkan dan baik serta memiliki pengalaman yang besar. Dengan begitu dapat berbagi ilmu kepada pihak lain yang mengarah pada aspek promosi perusahaan secara gratis. Adapun beberapa hal yang berkaitan dengan sikap pelayanan yaitu diantaranya:
  • Keserasian dalam penampilan seperti raut muka, cara berhias dan cara berpakaian.
  • Berpikir positif seperti memberikan pelayanan dengan hormat, tidak mencari kesalahan pelanggan dan tidak apriori.
  • Sikap menghargai sepertii konsisten dalam mencukupi kebutuhan pelanggan, tutur bahasanya baik, mendengarkan saran, sopan santun dan mencatat pesanan.

Konsep Attention atau Perhatian
Konsep pelayanan prima selanjutnya berhubungan dengan aspek attention atau perhatian. Dalam pengertian pelayanan prima dijelaskan bahwa sebuah perusahaan menginginkan nilai plus dari kepuasan pelanggan yang diperolehnya. Untuk itu perhatian penjual diberikan kepada calon pembeli melalui komunikasi yang menarik. Adapun beberapa bentuk perhatian dalam pelayanan prima yang meliputi:
  • Memahami dan mendengarkan kebutuhan konsumen.
  • Memperhatikan perilaku konsumen.
  • Memberikan perhatian kepada konsumen secara penuh.

Konsep Action atau Kegiatan
Konsep pelayanan prima selanjutnya berhubungan dengan aspek kegiatan atau action. Dalam menghadapi pembeli harus ada tindakan dan tidak hanya didasarkan pada perhatian dan sikap saja. Adapun beberapa bentuk pelayanan yaitu meliputi:
  • Mencari kebutuhan.
  • Kebutuhan pembeli diwujudkan.
  • Pesanan konsumen dicatat
  • Penegasan kembali terhadap pesanan pelanggan.
  • Menyampaikan terima kasih, dimana menginginkan pelanggan dapat kembali lagi.

Jenis Jenis Pelayanan Prima

Setelah menjelaskan tentang pengertian pelayanan prima dan konsepnya. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa macam pelayanan prima seperti:

Core Service
Jenis pelayanan prima yang pertama ialah core service. Core Service ialah penawaran produk utama kepada pelanggan yang berbentuk pelayanan. Contohnya penyediaan kamar dalam hotel.

Facilitating Service
Jenis pelayanan prima selanjutnya ialah facilitating service. Pengertian pelayanan prima berbentuk facilitating service ialah pelayanan kepada pelanggan yang berbentuk fasilitas plus. Contohnya pada hotel terdapat pelayanan front office.

Supporting Service
Jenis pelayanan prima selanjutnya ialah supporting service. Supporting service ialah pelayanan pendukung atau tambahan agar dapat menjadi pembeda dengan pelayanan pesaing dan untuk membuat nilai pelayanan sendiri dapat meningkat. Contohnya dalam satu tempat terdapat restoran dan hotel.

Pentingnya Pelayanan Prima

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam pengertian pelayanan prima dijelaskan bahwa pelayanan ini sangat penting dalam membuat pelanggan merasa puas. Untuk itu para pelanggan diyakinkan agar membeli barang atau menggunakan jasa perusahaan tersebut sehingga dapat memajukan perusahaan itu sendiri. Meskipun persaingan produk yang ditawarkan antar perusahaan tidak jauh berbeda namun tujuan mereka sama yaitu menarik perhatian pelanggan. Pelayanan terbaik memang diberikan oleh sebagian besar orang. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada juga orang yang memberikan pelayanan buruk kepada orang lain. Hal inilah yang membuat kita ingat akan suatu hal yang tidak menyenangkan tersebut.

Pentingnya pelayanan prima ditujukan untuk para staff perusahaan, pelanggan dan perusahaan itu sendiri. Pelayanan prima sangat penting untuk perusahaan karena dapat membuat masa depan bisnis menjadi cerah dan loyalitas pelanggan dapat dipertahankan. Pelayanan prima cukup penting untuk pelanggan karena dapat memberikan jaminan terhadap pemenuhan kebutuhan, membuat keputusan dalam memilih produk dan keputusan untuk melakukan pembelian. Sedangkan pelayanan prima untuk staff perusahaan juga cukup penting karena dapat memberikan mereka, produk, dan perusahaan yang membanggakan.

Tujuan Pelayanan Prima

Setelah membahas tentang pengertian pelayanan prima, konsep, jenis dan pentingnya pelayanan prima. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang tujuan pelayanan prima. Pada dasarnya pelayanan prima bertujuan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan pelanggan. Maka dari itu dibutuhkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pelanggan untuk menggapai hal itu.

Contoh Pelayanan Prima

Di bawah ini terdapat contoh pelayanan prima yang terdiri dari :
  • Pelayanan BPKB dan STNK di kantor kepolisian seperti penggunaan nomor urut, terpampangnya cara atau petunjuk, pemeriksaan dan penyerahan dokumen ke loket secara lagsung, suasana yang tertib, petugas informasi serta terpampangnya waktu penyelesaian. Di beberapa tempat memang tersedia beberapa pelayanan yang berbeda.
  • Pelayanan di bank seperti sapaan dari satpam, pemberian nomor antrian, pemberian senyuman, mengantar pelanggan ke tempat yang ingin dituju, dan sapaan dari teller kepada pelanggan.
  • Pelayanan di swalayan seperti sapaan dari karyawan ketika pelanggan datang untuk belanja, menarik perhatian pelanggan dengan memberikan diskon dan pemberian perhatian dari karyawan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Sekian penjelasan mengenai  pengertian pelayanan prima, tujuan pelayanan prima, konsep pelayanan prima, jenis jenis pelayanan prima, contoh pelayanan prima dan pentingnya pelayanan prima. Pelayanan prima dapat didefinisikan sebagai kegiatan melayani konsumen sebaik mungkin untuk menciptakan rasa kepuasan dalam diri pelanggan tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Pelayanan Prima, Tujuan, Konsep, Jenis, Contoh dan Pentingnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel