Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya

Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya - Diskusi adalah sebuah hal yang sering terjadi dalam suatu komunitas, antar orang maupun dalam masyarakat. Dalam diskusi tersebut banyak hal yang dibicarakan atau dikomunikasikan bersama untuk memperoleh sebuah kesepakatan. Diskusi juga dapat dijadikan sebagai strategi yang baik dalam mendorong kebiasaan demokratis, ketangkasan intelektual dan meningkatkan motivasi. Untuk itu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai diskusi. Apa pengertian diskusi itu? Apa saja unsur unsur diskusi? Apa saja manfaat diskusi? Apa saja macam macam diskusi?
Makna Sebuah Diskusi
Pembelajaran diskusi untuk siswa dapat memberikan kesempatan mereka dalam mempertajam dan melatih keterampilan, kemampuan mempertahankan dan mengartikulasikan pendapat, mengevaluasi dan meminta buku, serta memberikan pertimbangan terkait sudut pandang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian diskusi, unsur unsur diskusi, manfaat diskusi, dan macam macam diskusi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya

Pengertian diskusi secara umum ialah interaksi yang terjadi diantara dua orang atau lebih berbentuk ilmu, musyawarah, atau pengetahuan tertentu yang tujuannya untuk memperolah kebenaran dalam pemahaman. Di dalamnya terdapat beberapa orang yang terlibat untuk membicarakan sebuah topik atau tema tertentu. Selain itu adapula manfaat diskusi untuk memperoleh kesepakatan bersama melalui pertukaran pikiran diantara satu sama lain. Pada dasarnya diskusi banyak dilakukan secara berkelompok. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai unsur unsur diskusi, manfaat diskusi, dan macam macam diskusi yaitu sebagai berikut:

Unsur Unsur Diskusi

Setelah membahas tentang pengertian diskusi, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang unsur unsur dalam diskusi. Adapun beberapa unsur diskusi yang cukup penting yaitu meliputi:
  • Unsur manusia yang terdiri dari pemimpin diskusi atau moderator.
  • Materi diskusi yang akan dibicarakan.
  • Unsur fasilitas atau tempat berdiskusi seperti ruangan yang dilengkapi dengan papan tulis, meja, kertas, maupun kursi.
  • Peserta diskusi.
Baca juga : Arti Tut Wuri Handayani Beserta Lambang dan Sejarahnya

Manfaat Diskusi

Setelah membahas tentang pengertian diskusi dan unsur unsur diskusi, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang beberapa manfaat diskusi. Diskusi memiliki beberapa manfaat yakni meliputi:
  • Melatih setiap peserta diskusi agar memiliki kemampuan berfikir yang tidak terbatas dan luas.
  • Menanamkan sikap demokrasi sehingga setiap peserta dapat mengemukakan pendapatnya saat berdiskusi.
  • Menanamkan sikap menghargai argumen atau pendapat orang lain.
  • Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan sehingga wawasan setiap peserta dapat bertambah.
  • Mengasah kemampuan berfikir menjadi lebih analitis dan kreatif.
  • Melatih kemampuan seseorang dalam berbicara di depan umum.
Selain manfaat diskusi di atas, adapula beberapa tujuan diskusi tersebut diadakan yaitu seperti:
  • Untuk tempat dalam menyelesaikan masalah sehingga masalah dapat dipecahkan dengan baik meski seberat apapun bentuknya.
  • Untuk tempat penambahan wawasan, ilmu, dan pengetahuan.
  • Untuk tempat belajar menghargai dan mengungkapkan pendapat dari setiap peserta yang berbeda.
  • Untuk tempat belajar beretika dalam berlangsungnya diskusi.
  • Melatih keberanian setiap anggota dalam mengungkapkan pendapat dan pikirannya.
  • Untuk meningkatkan tradisi intelektual yang mendukung.
  • Untuk tempat memperoleh keputusan dan kesimpulan.
  • Untuk wadah dalam menyamakan persepsi, visi, dan misi dari semua orang.
  • Sarana menciptakan kepekaan dan kepedulian dalam diri setiap peserta diskusi.

Macam Macam Diskusi

Selain pengertian diskusi, unsur unsur diskusi, dan manfaat diskusi di atas. Adapula jenis jenis diskusi secara formal maupun non formal atau tidak resmi. Berikut penjelasan selengkapnya:

Macam Macam Diskusi Formal
Jenis diskusi formal ialah jenis komunikasi verbal untuk melakukan pertukaran informasi melalui sebuah jalur yang telah ditentukan oleh aturan tertentu. Jenis diskusi ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam seperti di bawah ini:

Seminar
Macam diskusi yang pertama ialah seminar. Seminar banyak dilakukan oleh beberapa profesi pekerjaan sekarang ini. Seminar biasanya dilakukan untuk menjelaskan tentang sebuah masalah, produk atau suatu hal yang dianggap menarik perhatian masyarakat. Selain itu dalam seminar terdapat sebuah topik atau tema yang bidangnya diperkuat oleh beberapa ahli agar kesepatan dapat dicapai.

Sanggar Kerja atau Lokakarya
Jenis diskusi formal selanjutnya ialah lokakarya. Lokakarya merupakan kegiatan diskusi yang menjelaskan sebuah profesi atau pekerjaan tertentu. Selain itu lokakarya juga membahas tentang suatu karya seorang ahli.

Simposium
Macam diskusi selanjutnya ialah simposium. Simposium ialah jenis diskusi yang dilakukan oleh seorang pemimpin di depan banyak pengunjung melalui pidato pendek. Simposium digunakan untuk memperoleh solusi dan kesepakatan bersama.

Diskusi Panel
Jenis diskusi formal selanjutnya ialah diskusi panel. Pengertian diskusi panel ialah diskusi yang membahas tentang masalah yang sedang menjadi perbincangan hangat banyak orang beserta para ahli untuk memperluas wawasan. Dalam diskusi ini terdapat pembicara dan penulis di dalamnya.

Konferensi
Macam diskusi formal selanjutnya ialah konferensi. Konferensi ialah pertemuan untuk membahas tentang masalah yang dihadapi bersama demi bertukar pendapat dan berunding satu sama lain. Diskusi ini bertujuan untuk memperoleh solusi semua pihak.

Selain jenis jenis diskusi formal di atas, adapula beberapa macam diskusi formal lainnya. Berikut beberapa macam diskusi lain secara formal yaitu meliputi:
  • Diskusi pleno
  • Debat
  • Kongres
  • Forum diskusi
  • Diskusi kasualis

Macam Macam Diskusi Non Formal
Jenis diskusi non formal ialah jenis komunikasi verbal untuk melakukan pertukaran informasi melalui sebuah jalur yang tidak ditentukan oleh aturan tertentu. Jenis diskusi ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam seperti di bawah ini:
  • Kelompok studi
  • Kelompok pembangun kebijaksanaan
  • Pertemuan atau komite kelompok orang tua murid
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian diskusi, unsur unsur diskusi, manfaat diskusi, dan macam macam diskusi. Definisi diskusi secara umum ialah interaksi yang terjadi diantara dua orang atau lebih berbentuk ilmu, musyawarah, atau pengetahuan tertentu yang tujuannya untuk memperolah kebenaran dalam pemahaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel