Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap

Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap - Sistem pemerintahan secara istilah dapat dibagi menjadi dua kata yakni sistem dan pemerintahan. Sistem dapat diartikan sebagai tatanan, cara, susunan, atau jaringan. Sedangkan pemerintahan dapat diartikan sebagai cara, urusan, dan hal dalam memerintah. Namun secara luas, pemerintahan dapat didefnisikan sebagai perbuatan yang dilakukan di sebuah Negara untuk memerintah melalui badan badan legislatif, yudikatif dan eksekutif dalam rangka menggapai tujuan penyelenggaraan negara.
Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat dan di Inggris
Jika mempelajari sistem pemerintahan luar negeri tentu sangat kompleks. Namun, pengertian pemerintah dalam arti sempit ialah perbuatan badan eksekutif beserta jajarannya yang memerintah untuk menggapai tujuan penyelenggaraan negara. Seperti halnya sistem pemerintahan Amerika Serikat dan sistem pemerintahan Inggris.

Pengertian sistem pemerintahan secara umum ialah sebuah tatanan yang tersusun secara utuh oleh berbagai komponen pemerintahan agar saling mempengaruhi dan bergantung sehingga fungsi dan tujuan pemerintahannya dapat tercapai. Berdasarkan Montesquieu, sebuah Negara memiliki kekuasaan yang dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti kekuasan eksekutif, kekuasaan legislatif, dan kekuasaan yudikatif. Eksekutif merupakan kekuasaan dalam menjalankan pemerintahan atau Undang Undang. Legislatif merupakan kekuasaan dalam membentuk Undang Undang. Sedangkan Yudikatif merupakan kekuasaan dalam mengadili Undang Undang atau suatu pelanggaran. Lantas apa sistem pemerintahan Inggris itu? Kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang berhasil dalam menggunakan sistem pemerintahan Presidensial. Sedangkan Inggris merupakan salah satu negara yang berhasil dalam menggunakan sistem pemerintahan Parlementer. Namun pada kenyataannya terdapat perbedaan dalam menerapkan sistem pemerintahan parlementer dan presidensial menurut teori di masing masing negara. Perbedaan dalam penerapan sistem pemerintahan yang ada dikarenakan pengaruh sosial budaya dan letak geografis di setiap negarayang berbeda beda. Hal ini juga menunjukkan bahwa sistem pemerintahan Amerika Serikat juga berbeda dengan sistem pemerintahan Inggris sehingga di setiap negara juga memiliki perbedaan dalam hal stabilitas di semua bidang negaranya.
Baca juga : Perbedaan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap

Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat

Sistem pemerintahan yang digunakan oleh Amerika Serikat bersifat Presidensial. Untuk kekuasaan tertingi dipegang oleh badan badan negara yang dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti:

Kekuasaan Eksekutif
Sistem pemerintahan Amerika Serikat mengandung badan kekuasaan eksekutif dalam sistemnya. Presiden ialah pemegang kekuasaan tertinggi sebagai kepala eksekutif atau chief executive. Presiden memperoleh bantuan dari para menteri dalam menjalankan tugasnya. Selain itu Presiden juga memiliki hak dalam mengangkat beberapa orang untuk dijadikan sebagai para menteri tanpa ada campur tangan dari senat ataupun kongres. Presiden dapat kembali dipilih pada masa satu periode berikutnya. Maka dari itu Presiden memiliki masa jabatan periode pertama selama 4 tahun dan maksimal 8 tahun untuk dua periode pemilihan.

Kekuasaan Legislatif
Sistem pemerintahan di Amerika Serikat selanjutnya mengandung badan kekuasaan legislatif dalam sistemnya. Kongres merupakan pemegang kekuasaan legislatif yang terdapat di Amerika serikat. Kekuasaan ini disusun oleh:
  • Senat atau Majelis Tinggi merupakan perwakilan yang berasal dari negara bagian. Senat memiliki jumah anggota sekitar 100 orang, dikarenakan terdapat 2 orang perwakilan di setiap negara bagian. Senat dapat dipilih melalui pemilu dan mempunyai masa jabatan selama 6 tahun.
  • Majelis Rendah atau House of Representative merupakan perwakilan DPR atau rakyat. House of representative memiliki jumlah anggota sekitar 435 orang. Majelis rendah dapat dipilih melalui pemilu dan mempunyai masa jabatan sekitar 2 tahun.

Kekuasaan Yudikatif
Sistem pemerintahan Amerika Serikat selanjutnya mengandung badan kekuasaan yudikatif dalam sistemnya. Tugas kekuasaan yudikatif ialah untuk menegakkan Undang Undang yang terdapat di Amerika Serikat. Mahkamah Agung (Supreme Court) merupakan pemegang kekuasaan yudikatif di Amerika Serikat. Kongres bersama pemerintahan di Amerika Serikat bekerja sama untuk membuat Undang Undang di negara tersebut. 

Sistem Pemerintahan di Inggris

Setelah membahas tentang sistem pemerintahan Amerika Serikat. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang sistem pemerintahan Inggris. Sistem pemerintahan di Inggris bersifat Parlementer. Raja dan perdana menteri memegang kekuasaan eksekutif di Inggris. Kemudian kedudukan raja di negara tersebut ialah sebagai kepala negara.

Raja mempunyai kekuasaan yang sifatnya simbolis serta keputusannya tidak dapat diganggu gugat. Sedangkat kedudukan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Anggota kabinet di Inggris terdiri dari perdana menteri dan para menteri untuk bertanggung jawab terhadap parlemen, baik secara bersama sama ataupun perorangan.
Baca juga : Pengertian dan Asas Asas Hukum Internasional Terlengkap
Dalam sistem pemerintahan Inggris terdapat dua partai politik seperti partai buruh dan partai konservatif. Partai yang memenangkan pemilu biasanya terdapat perdana menteri kaena parlemen selalu akan dikuasai oleh kabinet dan perdana menteri melalui partai politiknya. Perdana menteri memiliki kewenangan yang cukup istimewa seperti pemilu baru dapat diadakan sewaktu waktu untuk melakukan pemilihan parlemen baru dengan masa jabatan sekitar 5 tahun.

Selain itu kewenangan perdana menteri juga dapat membubarkan parlemen. Kejadian ini dapat terjadi jika rakyat menyenangi partai politiknya sehingga pemilu dapat diselenggarakan secara tepat dengan maksud agar suara mayoritas parlemen dimenangkan oleh partai politiknya.

Sistem pemerintahan Inggris memang dipegang oleh seorang raja dan perdana menteri. Mayoritas kekuasaan partai politik perdana menteri terdapat di parlemen. Maka dari itu mandat dapat diperoleh sesuai dengan harapan kabinet yang berasal dari jabatan baru di parlemen. Pada dasarnya di Inggris terdapat parlemen yang dapat di bagi menjadi dua macas seperti:
  • House of Lords ialah perwakilan yang berasal dari bangsawan. Anggota House of Lords berjumlah 1.200 orang yang tersusun oleh life peers (diangkat sesuai dengan jasa dan prestasinya kepada negara), archbishop (para uskup agung di gereja Inggris), dan hereditary peers (dari keluarga bangsawan). Anggota anggota tersebt dipiih oleh raja ataupun ratu Inggris.
  • House of Commons tersusun oleh perwakilan dari rakyat biasa. Anggota House of Commons jumlahnya sekitar 659 orang. Pemilihan anggota tersebut memiliki porsi yang sama melalui sistem distrik (equal size districts) oleh pemilik yang setidaknya memiliki usai 18 tahun. Parlemen maksimum memiliki masa tugas selama 5 tahun. Perdana menteri menetapkan pemilihannya sesuai dengan dasar keputuhan politiknya.
Sistem pemerintahan Inggris juga memiliki beberapa hubungan antara parlemen dengan kabinet yang serasi. Namun didalamya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hubungan parlemen dan kebinet di Inggris seperti pengambilan menteri dari para anggota legislatif sesuai dengan konvensi yang berlaku. Hal ini dikarenakan pemilihan menteri dilakukan melalui pemilu serta orang yang memegang jabatan menteri harus sesorang yang dipercayai oleh rakyat.

Seseorang yang menduduki jabatan sebagai anggota parlemen dapat memiliki jabatan rangkap jika sekaligus dipilih menjadi menteri. Kedudukan ini diperkuat oleh faktor kabinet kepada parlemen. Untuk itu parlemen akan memperoleh dukungan dari kabinet dengan kuat sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan stabil dan langgeng. Tetapi jika diantara parlemen dengan kabinet terjadi suatu konflik maka rakyat bertugas untuk memutuskannya melalui pengadakan pemilu sewaktu waktu.

Sekian penjelasan mengenai sistem pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris terlengkap. Sistem pemerintahan di Amerika Serikat bersifat Presidensial. Sedangkan sistem pemerintahan Inggris bersifat Parlementer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Mengenal Sistem Pemerintahan Amerika Serikat dan Inggris Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel