Macam Macam Volume Udara Pernapasan Dalam Paru Paru

Macam Macam Volume Udara Pernapasan Dalam Paru Paru - Proses pernapasan bertujuan untuk memasukkan oksigen secara terus menerus ke dalam alveoli (paru paru). Volume udara dalam paru paru yang masuk dan keluar memiliki jumlah yang berbeda beda. Lantas apa saja macam macam volume udara pernapasan dalam paru paru itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap saat manusia selalu melakukan proses pernapasan dengan jumlah udara yang berbeda beda. Meski begitu hanya sebagian orang saja yang mengetahui jumlah volume udara pernapasan paru parunya.
Grafik Volume Udara Paru Paru
Volume udara dalam paru paru yang masuk dan keluar saat sedang istirahat memang hanya sedikit. Namun volume udara pernapasan paru paru yang masuk dan keluar akan bertambah banyak ketika berolahraga sehingga disesuaikan dengan kebutuhan. Pada dasarnya volume udara pernapasan di dalam paru paru dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Kemudian alat untuk mengukur volume udara pernapasan tersebut dapat berupa Spirometer. Kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam volume udara pernapasan dalam paru paru. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Volume Udara Pernapasan Dalam Paru Paru

Sistem pernapasan memiliki fungsi ventilasi yang digambarkan dalam bentuk kapasitas dan volume paru parunya. Setiap orang memiliki kemampuan paru paru yang berbeda beda tergantung kekuatan bernapas, cara bernapas dan ukuran paru parunya. Volume udara pernapasan paru paru sekitar 5,5 liter melalui inspirasi maksimum dan sekitar 1 liter dikosongkan melalui ekspirasi maksimum. Untuk itulah volume udara pernapasan dalam paru paru pada setiap orang memiliki jumlah yang berbeda beda.
Baca  juga : Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut (Inspirasi dan Ekspirasi)
Pada dasarnya volume udara pernapasan di dalam paru paru manusia memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kekuatan bernapas, posisi badan ketika bernapas, cara bernapas dan besar kecilnya paru paru tersebut. Faktor inilah yang mempengaruhi setiap macam volume udara pernapasan dalam paru paru. Di bawah ini terdapat beberapa macam udara dalam pernapasan secara umum yaitu meliputi:

Udara Pernapasan (Udara Tidal)
Pengertian udara tidal atau udara pernapasan ialah udara paru paru yang masuk dan keluar karena proses pernapasan biasa. Volume udara pernapasan di dalam paru paru tersebut sekitar 500 mL.

Udara Komplementer
Pengertian udara komplementer ialah udara setelah pelaksanaan inspirasi normal yang masih dapat masuk lagi secara maksimal ke dalam paru paru. Volume udara pernapasan dalam paru paru tersebut sekitar 1500 mL.

Udara Suplementer
Pengertian udara  suplementer ialah udara setelah  ekspirasi normal yang masih dapat keluar secara maksimal dari paru paru. Volume udara pernapasan paru paru ini kurang lebih 1500 mL.
Baca juga : Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Macam Macamnya
Udara Residu
Pengertian udara residu ialah udara yang setelah melaksanakan ekspirasi maksimal namun di dalam paru paru masih tersisa. Volume udara pernapasan dalam paru paru ini sebanyak 1000 mL.

Kapasitas Vital Paru Paru
Pengertian kapasitas vital paru paru ialah udara setelah melakukan inspirasi maksimal yang masih dapat dihembuskan dengan maksimal. Kapasitas vital paru paru dapat diperoleh melalui penjumlahan antara udara suplementer, udara pernapasan dan udara komplementer. Untuk itu volume udara pernapasan di dalam paru parunya mencapai 3500 mL. Biasanya dalam mengukur kapasitas vital paru paru menggunakan alat Spirometer. Namun kapasitas vital paru paru dapat terjadi penurunan karena penyakit tertentu seperti pneumonia dan jantung.

Kapasitas Total
Pengertian kapasitas total ialah volume udara maksimal yang dapat ditampung. Kapasitas total dapat diperoleh melalui penjumlahan antara udara residu dengan kapasitas vital paru paru.

Sekian penjelasan mengenai macam macam volume udara pernapasan dalam paru paru. Volume udara pernapasan di dalam paru paru setiap orang memiliki jumlah yang berbeda beda tergantung kekuatan bernapas, posisi badan ketika bernapas, cara bernapas dan besar kecilnya paru paru. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Macam Macam Volume Udara Pernapasan Dalam Paru Paru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel