Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap

Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap - Rencana bisnis yang dideskripsikan atau dijabarkan merupakan contoh proposal usaha yang baik dan benar. Proposal dalam usaha dapat dijadikan sebagai alat dalam menjalankan usaha itu sendiri. Persiapan proposal usaha memang dilakukan sebaik mungkin karena berhubungan dengan calon calom pemberi bantuan modal maupun pinjaman. Para pemberi bantun modal maupun pinjaman kebanyakan lebih memperhatikan rencana usaha yang jelas dan singkat dalam bentuk sebuah lemparan proposal. Jika susunan proposal usaha dibuat detail dan lengkap, maka akan memperoleh bantuan modal yang layak sebagaimana yang tertulis dalam gambaran rencana usaha dalam bisnis tersebut.
Membuat Proposal Usaha dalam Bisnis
Para pengusaha atau wirausahawan pemula di Indonesia pada dasarnya banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat proposal usaha. Inilah langkah jitu dalam merintis usaha dengan untung, bekelanjutan, sukses dan memperolah bantuan modal yang sesuai. Proses pembuatan proposal usaha cukup penting untuk melakukan tindakan yang terukur, realistis dan obyektif karena sifatnya memaksa keseluruhan kegiatan dalam perusahaan bisnis tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh proposal usaha yang baik dan benar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap

Pembuatan proposal usaha memang cukup penting karena dapat memperjelas sebuah usaha yang menyeluruh dan menjadi satu kesatuan utuh. Sebelum membagikan beberapa contoh proposal usaha yang baik dan benar, saya akan menjelaskan sedikit mengenai hal hal yang berkaitan dengan proposal usaha terlebih dahulu. Apa itu proposal usaha? Pengertian proposal usaha ialah sebuah rencana usaha tertulis untuk memperoleh kebutuhan finansial nanti dalam bisnis dengan cara menyampaikannya kepada calon investor. Dengan kata lain isi proposal mencakup aktivitas atau gambaran usaha yang akan diajukan, baik mengenai rincian usaha maupun kebutuhan finansial itu sendiri.
Baca juga : Pengertian Diskusi, Unsur, Manfaat, dan Macam Macamnya

Tujuan Proposal Usaha

Sebelum membuat contoh proposal usaha, anda perlu mengetahui pengertian proposal usaha dan tujuan proposal usaha terlebih dahulu. Proposal usaha diterbitkan dengan beberapa tujuan seperti di bawah ini:
  • Untuk membuat para investor yakin agar modal usahanya diberikan kepada orang yang membuat proposal tersebut.
  • Untuk membuat rencana usaha agar terealisasikan.
  • Memberikan kegiatan atau gambaran bisnis yang sedang diajukan.
Proposal usaha tidak dapat disusun dengan cara yang sembarangan atau asal asalan. Hal ini dikarenakan nantinya hasil susunan proposal akan diberikan kepada kelompok atau orang yang dapat membantu usaha kita nantinya. Maka dari itu banyak sekali contoh contoh proposal usaha yang baik dan benar untuk dijadikan referensi.

Kerangka Proposal Usaha

Dalam membuat contoh proposal usaha yang baik dan benar harus memperhatikan kerangka kerangka didalamnya. Kerangka proposal dalam usaha pada dasarnya sama seperti kerangka proposal kegiatan. Adapun beberapa kerangka proposal usaha yaitu meliputi:
  1. Latar Belakang ialah bagian proposal usaha yang isinya penjelasan tentang usaha dan produk yang akan dibuat.
  2. Tujuan ialah kerangka proposal usaha yang berisi tujuan pembentukan produk atau usaha tersebut.
  3. Segmentasi Produk ialah bagian proposal yang menjelaskan tentang analisa produk, baik potensi pasar, sasaran atau target penjualan dan pemasaran.
  4. Keunggulan Produk ialah penjelasan atau gambaran tentang kelebihan usaha atau produk tersebut nantinya
  5. Analisa ialah bagian yang isinya gambaran produk secara detail, baik lokasi penjualan, harga dan sebagainya.
  6. Penutup ialah bagian kerangka proposal usaha untuk menarik perhatian investor dengan kalimat yang baik.

Contoh Proposal Usaha

Agar anda lebih paham bagaimana cara membuat proposal usaha yang baik dan benar. Maka saya akan membagikan contoh contoh dalam membuat proposal yaitu sebagai berikut:

Contoh Proposal Usaha Kuliner
Proposal Usaha
Martabak Manis Varian Rasa

Bab I : Latar Belakang
Di era sekarang ini bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Masyarakat banyak berburu makanan yang terlihat enak dan juga menarik. Terlebih lagi media digital sekarang ini terus berkembang seperti sosial media yang dapat digunakan untuk media penjualan bisnis kuliner tersebut.

Sekarang ini banyak orang yang menggunakan sosial media seperti Instagram untuk berjualan atau mempromosikan bisnis kuliner. Dengan begitu bisnis kuliner tersebut dapat dipasarkan dengan baik dan maksimal. Terlebih lagi Instagram juga menyediakan berbagai fitur untuk membuat foto foto kuliner kita dapat dipajang atau diperlihatkan. Apalagi belasan juta orang sekarang ini banyak yang menggunakan Instagram.

Sekarang ini masyarakat banyak yang mencari kuliner yang enak dipandang dan menarik. Untuk itu salah satu bisnis yang cukup menggiurkan ialah bisnis kuliner. Terlebih lagi masyarakat sekarang ini lebih tertarik kepada hal hal yang aneh, unik dan bervariasi. Salah satunya ialah martabak manis dengan varian rasa. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masing masing orang memiliki selera yang berbeda beda. Maka dari itu usaha bisnis kuliner martabak manis varian rasa dapat dijadikan salah satu ide bisnis. Martabak manis sendiri memiliki bentuk yang cukup besar sehingga dapat dikonsumsi bersama keluarga, teman dan sebagainya. Maka dari itu martabak manis varian rasa dapat dijadikan usaha kuliner sekarang ini. Usaha kuliner martabak manis memang sudah banyak yang membukanya. Tetapi kami menjual martabak manis yang berbeda dengan yang lainnya dan pastinya pas didompet masyarakat serta rasanya lebih enak.
Baca juga : Arti Tut Wuri Handayani Beserta Lambang dan Sejarahnya
Bab II : Tujuan
Adapun tujuan pembukaan bisnis kuliner martabak manis varian rasa yaitu meliputi:
  1. Memperoleh keuntungan
  2. Menyediakan lapangan pekerjaan
  3. Memperkenalkan martabak manis varian rasa kepada masyarakat luas
  4. Mencukupi target

Bab III : Segmentasi Produk
Dalam bagian ini diperoleh beberapa segmen bisnis kuliner seperti di bawah ini:
  • Analisis Potensi Pasar
Kita harus mengetahui potensi pasar terlebih dahulu sebelum menjalankan sebuah usaha tertentu. Maka dari itu para konsumen dapat menerima produk tersebut dengan baik. Setelah diadakannya tester gratis, produk martabak manis varian rasa telah dapat diterima oleh masyarakat luas.
  • Target Pemasaran
Kami memiliki target utama yang berupa anak muda sampai dewasa yang menyukai hal hal baru demi perkembangan usaha ini.

Bab IV : Keunggulan Produk
Adapun beberapa perkembangan produk yang memiliki beberapa keunggulan seperti di bawah ini:
  1. Martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya.
  2. Mempunyai banyak varian rasa sehingga masyarakat dapat memilih sesuai dengan kesukaannya.
  3. Harga martabak terjangkau meski bentuknya besar.

Bab V : Analisa
  1. Jenis Usaha    : Kuliner yang setiap hari dikonsumsi
  2. Harga             : Bandrol harga mulai dari Rp 12.000 per porsi
  3. Lokasi Usaha : Jalan Cemara No. 5 Bandung

Bab VI : Penutup
Kami berharap besar agar secepatnya dapat membuka usaha kuliner ini, karena sekarang ini memang banyak sekali yang mencari, khususnya masyarakat luas. Kami memiliki harapan besar agar Bapak/Ibu ikut berpartisipasi dalam membuat usaha kuliner kami dapat berkembang. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Pada dasarnya contoh proposal usaha yang baik dan benar tidak hanya memiliki format seperti di atas. Namun adapula contoh proposal bisnis lainnya yang formatnya berbeda seperti di bawah ini:

Format Contoh Proposal Usaha Lainnya
Proposal Usaha
(Nama Usaha Bisnis)

A. Ringkasan Eksekutif
  1. Konsep Bisnis
  2. Tim Manajemen
B. Gambaran Usaha
  1. Deskripsi Usaha Singkat
  2. Strategi Pemasaran
  3. Analisis Persaingan seperti pesaing dan kelebihan usaha sendiri daripada pesaing lainnya.
  4. Rencana Pengembangan dan Desain
  5. Rencama Manajemen dan Operasional seperti proses produksi, pengendalian persediaan dan kontrol keuangan.
C. Analisis Rencana Keuangan
  1. Perkiraan Pendapatan, mulai dari modal awal, laba, dan hasil penjualan
Demikianlah contoh proposal usaha baik dan benar yang dapat saya bagikan. Proposal usaha ialah sebuah rencana usaha tertulis untuk memperoleh kebutuhan finansial nanti dalam bisnis dengan cara menyampaikannya kepada calon investor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel