Musik Non Tradisional Nusantara (Makna, Macam dan Peranan) Lengkap

Musik Non Tradisional Nusantara (Makna, Macam dan Peranan) Lengkap - Berdasarkan The New Encyclopedia of Music and Musicians, pengertian musik ialah nada indah yang menciptakan kepuasan estetis melalui indera pendengara. Musik dapat dijadikan sebagai media atau perantara dalam mencurahkan isi hati melalui bunyi. Sebuh karya seni tidak dapat dilepaskan dari unsur keindahan. Namun terkadang keindahan musik menurut masyarakat dinilai hanya bersifat kontemporer dan relatif. Hal ini dikarenakan zaman yang selalu berkembang dan berubah serta kepuasan seseorang juga selalu meningkat. Untuk itu peranan musik non tradisional Nusantara mulai terbentuk.
Alat Musik Non Tradisional di Indonesia
Upacara pemujaan Dewa yang dilakukan oleh bangsa Yunani kuno dan Mesir kuno berdasarkan sejarah musik dilakukan dengan mempersembahkan nyanyian atau bunyi. Musik daerah sekarang ini telah memperoleh pengaruh dari budaya asing sehingga perkembangannya termasuk dalam jenis musik yang konvensional. Setiap jenis musik memiliki peranan dan makna tersendiri untuk pemiliknya, baik melalui proses mobilisasi ataupun komunikasi. Maka dari itulah peranan dan makna dari musik nontradisional sangat penting. Kali ini saya akan menjelaskan tentang makna musik non tradisional Nusantara, macam macam dan peranan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Musik Non Tradisional Nusantara (Makna, Macam dan Peranan) Lengkap

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang makna musik non tradisional Nusantara, macam macam, dan peranannya. Ciri khas atau karakter musik nontradisional Nusantara ialah memiliki kepribadian yang Nasional. Bahasa Nasional yang digunakan dalam syair atau kalimat lagunya berupa Bahasa Indonesia. Jenis musik ini secara umum memiliki penilaian yang baik. Sebuah karya musik bernilai baik, jika penggunaan musik tersebut tidak cepat hilang dan bertahan lama, dapat mempengaruhi perasaan manusia, iramanya menarik serta mempunyai pola nada.
Baca juga: Unsur Unsur Estetis Teater Nontradisional Beserta Penjelasan
Makna musik non tradisional Nusantara ialah jenis musik yang menggunakan peralatan dan disajikan dengan pengaruh mancanegara (luar negeri). Jenis musik ini dapat dinamakan dengan musik modern. Adapun beberapa jenia alat musik nontradisional yang digunakan seperti gitar elektrik, keyboard, terompet, obo, drum dan sebagainya. Contoh penyajian musik nontradisional dapat berbentuk konser.

Macam Macam Musik Non Tradisional Nusantara

Di bawah ini terdapat macam macam musik nontradisional Nusantara yang terdiri dari:
  • Musik pop atau musik band beserta lagu lagu populernya.
  • Musik dangdut yang asalnya dari Musik Melayu, namun memperoleh pengaruh dari musik rock dan musik India.
  • Musik Underground atau Rock.
  • Musik keroncong yang dipengaruhi oleh musik Portugal.

Peranan Musik Non Tradisional Nusantara

Di bawah ini terdapat beberapa peranan musik nontradisional yakni terdiri dari:
  • Sebagai identitas diri dalam suatu bangsa atau masyarakat.
  • Sebagai sarana pendidikan dalam masyarakat, baik formal ataupun nonformal.
  • Menciptakan perdamaian dan meningkatkan hubungan kerjasama antar bangsa di dunia.
  • Untuk menyehatkan rohani, membahagiakan, menghibur, dan menyenangkan banyak orang.
  • Untuk promosi perusahaan melalui pertunjukan terbuka atau show.
  • Digunakan untuk menanamkan rasa bangga dan nasionalisme terhadap budaya dan musik Nasional.
  • Untuk media ekspresi diri seperti olah vokal, menciptakan karya musik dan memainkan alat musik.
Sekian penjelasan mengenai makna, macam macam musik non tradisional Nusantara dan peranan lengkap. Pengertian musik nontradisional ialah jenis musik yang menggunakan peralatan dan disajikan dengan pengaruh mancanegara (luar negeri). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

0 Response to "Musik Non Tradisional Nusantara (Makna, Macam dan Peranan) Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel