Cara Menentukan Faktor dari Suatu Bilangan Terlengkap

Cara Menentukan Faktor dari Suatu Bilangan Terlengkap - Materi faktor bilangan atau bilangan faktor merupakan salah satu materi yang harus dikuasai sebelum mempelajari tentang Faktor Persekutuan Terbesar atau FPB. Bagaimana cara menentukan faktor bilangan itu? Adapula pertanyaan yang serupa mengenai bagaimana cara menentukan bilangan faktor? Pertanyaan seperti ini sering kali kita dengar bagi sebagian orang yang belum mengetahui cara menentukan faktor suatu bilangan dengan cepat. Sebelum membahas cara menentukannya, akan lebih baik jika anda mengetahui apa pengertian faktor  dari suatu bilangan tersebut.
Cara menentukan faktor dan cara menenukan satuan bilangan
Pengertian faktor bilangan (bilangan faktor) adalah sebuah bilangan bulat yang dapat membagi habis dari bilangan tersebut. Untuk itu cara menentukan faktor bilangan atau cara menentukan bilangan faktor berkaitan dengan bilangan bulat. Bilangan bulat sendiri dapat dibagi menjadi bilangan negatif (-1, -2, -3, -4, . . .) dan bilangan cacah (0, 1, 2, 3, 4, . . .). Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam bilangan negatif tidak memiliki angka -0. Bagaimana demikian? Hal ini dikarenakan negatif nol (-0) nilainya sama dengan positif nol (+0). Dengan begitu angka nol ini dimasukkan satu kali sehingga tidak terpisah dua kali.

Cara menentukan faktor bilangan tersebut tentunya berkaitan dengan bilangan bulat seperti bilangan cacah dan bilangan negatif di atas. Maka dari itu pemahaman tentang macam macam bilangan Matematika memang cukup penting dalam mempelajari cara menentukan faktor suatu bilangan ini. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menentukan faktor dari suatu bilangan terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menentukan Faktor dari Suatu Bilangan Terlengkap

Penulisan bilangan bulat dalam cara menentukan faktor bilangan bulat ialah tanpa menggunakan komponen pecahan atau desimal. Contohnya angka 1 maka tidak perlu ditulis 1,0 atau angka -2 tidak perlu ditulis -2,0. Agar anda lebih memahami cara menentukan faktor suatu bilangan bulat Matematika, maka dapat anda perhatikan cerita di bawah ini:

Riko mempunyai 12 buah apel dan 24 buah pir. Ia ingin memberikan buah apel dan buah pir tersebut kepada teman temannya dengan rata. Dengan begitu teman temannya dapat memperoleh buah apel sekaligus buah pir dengan jumlah yang sama.

Lantas berapakah jumlah buah buahan yang diterima oleh teman temannya? Berapakah jumlah maksimal teman Riko yang akan menerima buah buahan tersebut? Pertanyaan ini dapat diselesaikan menggunakan cara menentukan faktor bilangan bulat. Dengan cara menentukan faktor suatu bilangan bulat tersebut, Riko dapat memberikan teman temannya buah dengan merata. Kemungkinan pertama, semua buah buahan diberikan kepada satu orang teman Riko. Dengan begitu teman Riko tersebut dapat menerima 12 buah apel sekaligus 24 buah pir.
Baca juga: Sistem Ekskresi Pada Hewan Vertebrata (Amfibi, Pisces dan Reptil)
Kemungkinan pertama ini sama seperti cara menentukan faktor bilangan yang sederhana. Kemudian ada kemungkinan kedua, buah buahan milik Riko diberikan kepada dua temannya. Dengan begitu masing masing teman Riko akan menerima 12 : 2 = 6 buah apel dan 24 : 2 = 12 buah pir. Kemungkinan selanjutnya, buah buahan milik Riko akan diberikan kepada tiga orang temannya. Dengan begitu, masing masing teman Riko akan menerima 12 : 3 = 4 buah apel dan 24 : 3 = 8 buah pir.

Dari pengerjaan cerita di atas, kita telah menggunakan konsep cara menentukan faktor bilangan tertentu. Maka dari itu kita dapat memperoleh kesimpulan cara menentukan faktor suatu bilangan dari cerita pembagian buah buahan Riko tersebut ialah:

Buah Apel
Buah apel sebanyak 12 buah memiliki beberapa bilangan faktor. Adapun jumlah bilangan yang dapat membagi habis angka 12 yaitu 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.

Buah Pir
Buah pir sebanyak 24 buah memiliki beberapa bilangan faktor. Adapun jumlah bilangan yang dapat membagi habis angka 24 yaitu 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, dan 24.

Jadi faktor bilangan dari buah apel dan buah jeruk ialah 12 buah apel = 1, 2, 3, 4, 6, dan 12 serta 24 buah pir = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, dan 24.

Contoh cerita bilangan faktor di atas merupakan salah satu penerapan konsep cara menentukan faktor bilangan bulat. Agar anda lebih paham lagi mengenai cara menentukan faktor suatu bilangan, maka perhatikan perkalian dua bilangan di bawah ini:

  • 1 x 9 = 9
  • 3 x 3 = 9

Berdasarkan perkalian dua bilangan di atas dapat diperoleh bilangan 1, 3 dan 9 yang disebut dengan faktor bilangan dari 9.

Agar lebih paham lagi, selanjutnya perhatikan konsep cara menentukan faktor bilangan melalui perkalian dua bilangan di bawah ini:

  • 1 x 2
  • 1 x 5
  • 1 x 7
  • 1 x 13

Dari perkalian di atas dapat kita peroleh bilangan 2, 5, 7 dan 13 yang mempunyai 2 faktor saja yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Bilangan yang terdiri dari angka 1 dan bilangan itu sendiri dapat dinamakan dengan bilangan prima. Dengan begitu kita dapat memperoleh kesimpulan cara menentukan bilangan faktor dengan konsep di bawah ini:
Baca juga: 1 Kwintal Berapa Kg? Berikut Jawaban Selengkapnya
“Faktor suatu bilangan asli m ialah hasil kali dari suatu bilangan asli dengan bilangan asli lainnya sehingga memiliki persamaan hasil dengan m.”

Agar anda lebih memahami tentang cara menentukan faktor bilangan bulat, maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait cara menentukan faktor suatu bilangan tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Hitunglah faktor bilangan dari 42?
Jawab:
1 x 42 = 42
2 x 21 = 42
3 x 14 = 42
6 x 7 = 42
Jadi faktor bilangan dari 42 adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

Tentukan faktor bilangan dari 18?
Jawab:
1 x 18 = 18
2 x 9 = 18
3 x 6 = 18
Jadi faktor bilangan dari 18 adalah 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.

Tentukan faktor bilangan dari 54 dan carilah faktor yang termasuk bilangan prima?
Jawab:
1 x 54 = 54
2 x 27 = 54
3 x 18 = 54
6 x 9 = 54
Jadi faktor bilangan dari 54 adalah 1, 2, 3, 6, 9, 18, 27, dan 54 serta yang merupakan bilangan prima adalah 2 dan 3.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menentukan faktor bilangan terlengkap. Cara menentukan faktor suatu bilangan tersebut ialah dengan mencari angka angka bilangan asli dan dikalikan dengan bilangan asli lainnya sehingga memiliki hasil yang sama dengan bilangan yang dicari faktornya. Seperti halnya tertulis dalam pengertian bilangan faktor yaitu sebuah bilangan bulat yang dapat membagi habis bilangan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi faktor bilangan Matematika di atas.

0 Response to "Cara Menentukan Faktor dari Suatu Bilangan Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel